Persiapan Pernikahan E♡R: Imunisasi TT untuk Calon Pengantin Wanita

Seperti tertulis di SOP pelayanan KUA Kec. Baso, salah satu syarat pendaftaran pernikahan di sana adalah “Fotokopi imunisasi TT1 bagi calon pengantin wanita dari puskesmas/rumah sakit setempat.” Saya baru tau ada imunisasi ini segala. Tapi ngobrol sama temen-temen yang lain, banyak juga yang ga pake imunisasi ini sebelum nikah. Kayaknya tergantung KUA-nya ya, beda KUA beda persyaratan.

Ah iya, apa itu imunisasi TT? Pernah saya nulis “imunisasi TT”, ditanya balik, “imunisasi apa?”. Dikira emot nangis kali ya, haha. Yang dimaksud adalah imunisasi Tetanus – Toksoid, yang merupakan proses untuk membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap infeksi tetanus. Katanya sih imunisasi sebelum pernikahan ini agar ketika hamil lalu melahirkan nanti dapat terhindar dari penyakit tetanus.

Saya ambil imunisasi ini di Puskesmas Baso tanggal 27 Desember 2013. Di Puskesmasnya disebutnya suntik catin. Sebelum imunisasi, dokternya nanya dulu waktu saya SD udah pernah imunisasi TT atau belum, dan waktu kelas berapa. Haiyah, saya sih inget pernah disuntik, tapi ya ga tau juga itu imunisasi apa. Jaman SD mana peduli ya, taunya cuma disuntik, hehe. Ya udah, abis itu dokternya nyuntik saya di lengan dan memberikan kartu imunisasi yang nanti mesti difotokopi untuk diserahkan ke KUA.

image

Di bagian belakang kartu terdapat tabel pelaksanaan imunisasi TT1 hingga TT5. Weleh, baru tau saya, haha. Di persyaratan KUA kan tertulis “imunisasi TT1”, tapi dokter nandain imunisasi yang baru saya lakukan tsb sebagai TT5. Ga ngerti deh saya. Pas pulang saya nanya mama soal imunisasi saya waktu kecil, dan kata beliau sih imunisasi saya dulu lengkap.

image

Setelah browsing, baru tau penjelasan si TT1 hingga TT5 ini.

Untuk WUS (wanita usia subur) yang lahir pada tahun 1979 sampai dengan tahun 1993 dan ingat jika pada saat sekolah SD dilakukan imunisasi, maka status imunisasinya:

  1. TT I adalah waktu imunisasi di kelas I SD;
  2. TT II adalah waktu imunisasi di kelas II SD;
  3. TT III adalah waktu imunisasi calon pengantin (catin) ;
  4. TT IV adalah waktu imunisasi pertama pada saat hamil; dan
  5. TT V adalah waktu imunisasi kedua pada saat hamil.

WUS yang lahir pada tahun 1979 sampai dengan tahun 1993 namun tidak ingat pada waktu sekolah SD dilakukan imunisasi, maka status imunisasinya:

  1. TT I adalah waktu imunisasi catin pertama;
  2. TT II adalah satu bulan setelah TT I;
  3. TT III adalah waktu imunisasi pertama pada saat hamil; dan
  4. TT IV adalah waktu imunisasi kedua pada saat hamil.

Nah, tetep aja, kenapa di saya TT5? Haha. Temen ada juga yang cerita kalau dia ga pernah imunisasi TT pada saat hamil. Auh ah. Nanti kalo udah hamil aja baru nanya-nanya ke dokter, yang penting buat administrasi sebelum nikah kan si kartunya itu aja, hihihi.

Biaya yang saya keluarkan untuk imunisasi ini hanya Rp3.500 untuk registrasi dan Rp7.500 untuk imunisasinya. Jadi total hanya Rp11.000. Padahal tadinya saya kira biayanya bakal puluhan ribu rupiah. 😛

Salam,

signature

Leave your comment