Mengikuti Seminar Interaktif Prenagen di RSPB (1)

Tanggal 14 Maret 2015 lalu saya berkesempatan mengikuti seminar interaktif berjudul “Prenagen Pregnancy Educational Journey Obstetri (PPEJO)” yang diadakan oleh Prenagen di RS Pertamina Balikpapan. Saya dapat info seminar ini dari teman di sini, dan dia sudah pernah ikut seminar sebelumnya (November 2014). Saya sempat browsing dulu tentang seminar ini, tapi ga nemu info tentang seminar yang di Balikpapan. Adanya info seminar di kota lain, tapi judulnya PPEJ aja, tanpa embel-embel “Obstetri”. Harga tiketnya lebih mahal dibanding PPEJO yang saya ikuti, dan tampaknya acaranya juga lebih gede.

Begitu dapat info seminar ini, langsung deh saya daftar, mumpung nanti bisa dapat ilmu seputar kehamilan. Tiketnya juga ga mahal. Saya  SMS contact person-nya, lalu ga lama kemudian saya ditelepon, ditanyai alamat. Sorenya tiket seminar saya langsung diantar ke rumah, langsung bayar saat itu, dan dibilang agar nanti datang ke seminarnya pake baju warna ungu.

image

Pada tiket tertulis acara dimulai jam 08.00 WITA. Tadinya saya bertekad sampai di sana sebelum jam 8, tapi akhirnya baru sampai jam 08.15. Dan acara belum dimulai sama sekali. Ah iya kadang saya lupa, kalau di Indonesia ngaret itu biasa -_-.

Saya langsung ke meja registrasi dan menunjukkan tiket. Saya pun dikasih snack (selalu hepi kalo dapet makanan, haha) serta goodie bag berisi seminar kit (pulpen dan buku notes), beberapa brosur, kupon doorprize, dan Prenagen juice. Saya baru tau kalo Prenagen juga punya produk jus, kirain susu aja. Sambil menunggu, stand produk Prenagen udah mulai jualan, dan ada yang nawarin nyicip susu Prenagen rasa stroberi dan kacang hijau.

Ditunggu-tunggu, acara masih belum mulai. Akhirnya saya coba ke stand jualannya deh. Saya udah nyicip jus dan susu rasa kacang hijau. Rasa susunya kayak Energen kacang hijau dan saya suka. Akhirnya saya beli aja deh susunya 2 kotak sama jus 2 botol, dapat bonus tumbler :P. Daaan, acara pun baru dimulai jam 09.30. Ckckck -_-.

Prenagen Belly Dance

Acara dimulai dengan Prenagen Belly Dance. Sesuai namanya, Prenagen Belly Dance ini berupa modifikasi tari perut yang berasal dari Timur Tengah. Katanya sih bermanfaat untuk kebugaran ibu saat hamil dan memperlancar proses persalinan. Instrukturnya ada 2 orang, dan dari awal dibilang bahwa gerakannya ga menghentak-hentak seperti tari perut yang asli. Yang kandungannya masih di trimester 1 ga boleh ikut.

Awalnya saya semangat, tapi lama-lama ga serius ngikutinnya, hihi. Pesertanya kebanyakan menurut saya untuk ukuran ruangan yang tersedia, jadinya berdirinya agak rapat, akibatnya tangan ga gitu bebas bergerak. Trus karena saya agak di belakang, rada susah lihat instrukturnya dan ga tau gerakan yang benar kayak apa, hehe.

Eniwei setelah saya browsing ternyata di Youtube ada videonya, bisa lihat di: part 1, part 2, dan part 3. Ga sama persis sih, tapi mirip-mirip lah. Boleh lah kapan-kapan dicoba lagi di rumah, hehe.

Setelah belly dance, peserta pun rehat sebentar, sambil menunggu panitia mengatur kursi untuk tempat duduk peserta. Dari awal memang kursinya belum ditata di dalam demi space untuk belly dance. Acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan, lalu materi inti. Materi ini nih yang sebenarnya paling saya tunggu.

Acara Inti

Materi seminar hari itu disampaikan oleh dr. Ida Pramayanti, Sp. OG. Temanya “Kebugaran Ibu Hamil”. Saya tebak sih ini isinya ga jauh-jauh dari olahraga pada ibu hamil :P. Kenyataannya memang gitu sih, hehe. Saya udah coba rangkum semua materinya plus catatan dari sesi tanya jawab, tapi ternyata panjang juga kalau diposting di tulisan ini. Jadi nanti saya pisah aja ya ke part 2 supaya lebih fokus ^^v.

image

Doorprize dan Penutup

Setelah sesi tanya jawab selesai, peserta diberi waktu istirahat sejenak. Dan tiap sesi istirahat atau menunggu, mbak-mbak dari Prenagen-nya rajin nawarin untuk nyicip susu Prenagen. Susunya ditaruh dalam wadah kecil aja sih, kayak yang ditawari SPG di supermarket. Tapi kalo sering-sering bisa minum satu gelas penuh itu, hihi.

Sesi berikutnya adalah pembagian doorprize. Ada 3 kelompok doorprize yang dibagikan, yaitu: dari kupon kehadiran (didapat saat registrasi ulang), dari kupon belanja (dapat 1 kupon untuk pembelian produk Prenagen minimal Rp100.000, dan berlaku untuk kelipatannya), dan dari dresscode (makanya disuruh datang pake baju warna ungu). Khusus dresscode, panitia milih 4 ibu-ibu yang pake baju warna ungu, trus setelah dipanggil mereka disuruh jalan ala peragawati, eaaa. Untung deh ga kepilih, males banget, haha.

Hadiahnya macam-macam, sebagian besar produk Prenagen dan peralatan masak. Hadiah utamanya stroller bayi. Saya sih ga tertarik dengan stroller-nya, lebih pengen alat masak, haha. Tapi ga dapet apa-apa juga sih akhirnya. Kita belum beruntung ya nak dapat hadiah-hadiahan, hihi.

Acara pun berakhir. Di luar, peserta bisa mengambil makan siang yang disediakan. Berhubung malas bawa banyak tentengan, akhirnya saya makan dulu aja di sana, baru kemudian pulang. Di jalan pulang, saya ngantuk berat. Hoahm.

Overall, dengan harga tiket segitu, udah cukup puas sih dengan seminarnya. Walaupun kalau boleh jujur, jelas saya berharap bisa dapat ilmu lebih banyak dari dokter kandungan lewat seminar seperti ini, hehe. Dan kalau bisa sih ngaretnya jangan terlalu lama. Saya kira ngaret 1 jam itu udah maksimal banget, ini malah baru mulai 1.5 jam setelah jadwal yang seharusnya. Belanja-belanji kan bisa menyusul, paling tidak dibuka dulu acaranya untuk menandai bahwa acara sudah dimulai.

Salam,

signature

Leave your comment