Diari Kehamilan Pertama: Bacaan Seputar Kehamilan dan Persalinan

Ada yang bilang, jadi ibu hamil itu mesti pintar dan banyak tau, tapi bukan berarti sok tau. Karenanya ada baiknya ibu hamil membekali diri dengan berbagai pengetahuan seputar kehamilan dan persalinan. Apalagi di Indonesia ini masih banyak mitos yang dianggap fakta. Mending percaya fakta donk ya dibanding mitos, hehe.

Pengetahuan-pengetahuan tsb bisa didapat dengan membaca, ikut seminar, atau bertanya langsung ke dokter/bidan. Berikut saya share beberapa bacaan saya terkait kehamilan dan persalinan.

Buku

Saya beli beberapa buku dari awal kehamilan dulu. Ga banyak juga sih, tapi lumayan lah, hehe.

  • “9 Bulan yang Menakjubkan”, by Tim Ayahbunda
  • “Panduan Super Lengkap Kehamilan Kelahiran dan Tumbuh Kembang Anak bagi Muslimah”, by Nurul Chomaria, S. Psi.
  • “Mencerdaskan Anak Sejak dalam Kandungan”, by Evariny Andriana
  • “Panduan Praktis Persalinan Mudah & Nyaman”, by Dr. Taufik Jamaan, Sp. OG
  • “Melahirkan Tanpa Rasa Sakit”, by Evariny Andriana
  • “The Baby Books: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bayi Anda Sejak lahir Hingga Usia Dua Tahun”, by William Sears, M.D. dan Martha Sears, R.N.

image

Favorit saya buku “9 Bulan yang Menakjubkan”, karena isinya lengkap dan padat tapi ringkas. Trus karena full color, jadi ga bosen bacanya. Buku “The Baby Books” sebenarnya lebih banyak membahas tentang bayi, cuma ada sedikit penjelasan tentang persalinan, tapi ga apa-apa lah ya dimasukin ke sini :P. Tapi sejujurnya saya belum khatam baca semua isi bukunya, hihi.

Website

Saya ga rutin sih baca-baca artikel di website, paling kalo browsing topik tertentu aja. Tapi kalo browsing, saya selalu baca dari beberapa sumber. Kalo cuma ngandalin satu sumber, kali aja sumber lain menyebutkan hal yang berbeda banget. Setelah googling keywords-nya, biasanya artikel yang saya buka itu berasal dari:

Blog

Seperti halnya dulu blogwalking seputar persiapan pernikahan, saya juga sering blogwalking lagi tentang pengalaman kehamilan dan persalinan orang lain. Kalau ini sih murni buat tau pengalaman orang lain seperti apa aja, soalnya setiap kehamilan dan persalinan itu unik, dan kadang ga sama persis dengan apa yang dituliskan di berbagai text book. Dan kalau misalkan ada masalah terkait kehamilan, saya tetap ingat kalo penjelasan di blog orang itu belum tentu bisa jadi acuan, tetaplah jadikan konsultasi ke dokter/bidan sebagai rujukan.

Saya ga bisa list link blognya apa aja, karena saya bacanya random banget. Kebanyakan sih dari blog-blog yang ada di blogroll-nya blog Mbak Cita ini. Biasanya saya buka satu per satu trus saya cari yang ada postingan tentang kehamilan atau persalinannya.

Salam,

signature

Leave your comment