Bulan Ke-4 Akas

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dear Akas,

Telat banget ini ibu nulisnya :P. Alhamdulillah tanggal 19 Oktober lalu Akas udah 4 bulan. Banyak hal besar yang terjadi di bulan ke-4 ini dan hampir semua menyenangkan, hoho. Yah walaupun sampai di usia 4 bulan teng Akas masih belum bisa tengkurap sendiri, tapi banyak hal lain yang menurut ibu adalah kemajuan yang berarti buat kita.

Memasuki bulan ke-4 ini kita ke dokter anak tanggal 22 September untuk mengecek kondisi Akas, karena nanti untuk pertama kalinya Akas ibu bawa dalam perjalanan jauh, yakni ke Balikpapan. Saat itu berat Akas 5.7 kg. Berarti saat umur Akas 3 bulan anggap aja berat Akas 5.7 kg ya, hehe. Oia kondisi Akas kata dokternya bagus.

Tanggal 23 September Akas ibu bawa ke Puskesmas untuk imunisasi umur 3 bulan yang sempat tertunda. Kali ini di Puskesmas aja berhubung di rumah sakit adanya cuma hari Sabtu sementara Sabtu berikutnya terlalu mepet dengan hari keberangkatan kita ke Balikpapan. Kali ini Akas imunisasi DPT2 + HB2 dan Polio3. Setelah imunisasi ini alhamdulillah Akas ga demam, tapi area bekas suntikan di paha Akas sempat memerah dan bikin Akas rewel. Nangisnya nangis sedih menahan sakit, hiks.

Tanggal 28 September akhirnya kita berangkat ke Balikpapan, yay. Kita ditemani nenek, kakek, dan bunda. Ini perjalanan panjang pertama buat Akas. 3 jam perjalanan darat Baso-bandara PDG, 1.5 jam penerbangan PDG-CGK, plus 2 jam penerbangan CGK-BPN. Selama perjalanan darat alhamdulillah lancar. Cuma pas di pesawat, Akas rewel tiap mau landing.

Sesampainya di Balikpapan, Akas mesti adaptasi dari Baso yang dingin ke Balikpapan yang panas. Alhasil, di awal-awal, Akas nangis teriak-teriak kalo kepanasan. Tapi lama-lama Akas bisa beradaptasi, dari yang awalnya kudu pake AC di siang hari, sekarang udah ga masalah kalo cuma pake kipas angin, hehe. Tapi kepala Akas sering keringetan mpe basah jadinya :D.

Beberapa hari pertama di Balikpapan kita lebih banyak jalan-jalan ke luar rumah. Kita sempat jalan-jalan melihat beruang madu trus mampir di Pantai Lamaru. Lalu selanjutnya ibu rutinkan untuk bawa Akas jalan-jalan sore keliling komplek.

Dan pelan-pelan jam tidur malam Akas mulai teratur, jam 9 malam Akas udah tidur, lalu kebangun tengah malam sekitar 1-2x. Itu pun dengan disusuin atau ditimang-timang, ga lama kemudian Akas lanjut tidur lagi. Huaa, alhamdulillah ini kemajuan yang luar biasa setelah 3 bulan ibu kudu begadang terus dan ga pernah tau Akas itu bakal tidur jam berapa.

Perkembangan Akas yang lain: Akas udah sering miringin badan, artinya dikit lagi bisa tengkurap sendiri. Akas kalo ketawa udah bersuara, lucu banget. Trus kalo diajak ngobrol Akas udah fokus menatap mata lawan bicara. Akas juga uda mulai ngerti megang benda, kadang malah narik-narik baju ibu. Trus Akas mulai suka eksperimen ngeluarin suara-suara berbeda, ckckck.

Setelah kakek, nenek, dan bunda kembali ke Baso, artinya Akas tinggal sama ibu dan ayah aja. Dan kalau ayah lagi job, kita berdua aja di rumah, fufufu. Kadang ibu kerepotan, tapi ga apa-apa karena ibu yakin jam 9 malam Akas bakal udah tidur, hihihi.

Oia tanggal 15 Oktober ibu dan ayah bawa Akas baby spa untuk pertama kali. Kita ambil paket berenang dan pijat. Awal-awal masuk air, Akas masih tenang, tapi lama-lama nangis, haha. Abis berenang Akas dipijat dan selama dipijat Akas nangis teriak-teriak, wkwk. Duh jahat ya ibu malah ketawa ^^v. Mungkin Akas kaget ya karena baru pertama kali dan timing-nya ga pas, hehe.

Soal ASI, ibu akhirnya bisa konsultasi dengan konselor laktasi di Balikpapan ini. Lumayan ada kemajuan. Akas masih konsumsi sufor sih tapi insya Allah berkurang terus ya porsi sufornya hingga akhirnya nanti bisa full ASI.

Oia imunisasi Akas di usia 4 bulan ini baru dilaksanakan tanggal 21 Oktober. Kali ini Akas imunisasi DPT3 + HB3 dan Polio4. Berat Akas saat itu 6.4 kg, panjang 60 cm, dan lingkar kepala 42 cm. Alhamdulillah ga ada efek apa-apa pasca imunisasi kali ini, yay.

Segitu dulu ya cerita Akas menuju usia 4 bulan. Sehat-sehat ya Akas, dan teruslah jadi anak yang menyenangkan dan menentramkan hati ibu dan ayah. Sampai jumpa di cerita bulan berikutnya :-*.

Selamat Hari Pahlawan.

Balikpapan, 10 November 2015
With love,
Ibu

Salam,

signature

Leave your comment