Bulan Ke-5 Akas

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dear Akas,

Alhamdulillah 2 minggu yang lalu Akas udah 5 bulan. Bulan kelima ini buat ibu menakjubkan karena perkembangan Akas bagus, dari mulai bisa tengkurap sendiri hingga bisa guling-guling :D.

Ibu pertama kali menemukan Akas tengkurap sendiri tanggal 23 Oktober 2015 (usia 4 bulan 4 hari). Yup, menemukan, karena ibu ga lihat langsung prosesnya seperti apa. Saat itu ibu mau jemur cucian, jadi Akas ibu tinggal di box bayi. Saat ditinggal, kalo ga salah posisi Akas lagi miring, dan begitu ibu balik, Akas udah tengkurap!

Lalu seharian ibu amati gimana Akas berjuang berulang kali mencoba untuk tengkurap sendiri. Kadang masih gagal dan diiringi tangisan, sampai akhirnya mulai lancar. Luar biasa.

Dari hari ke hari tengkurapnya makin lancar. Bahkan kalo Akas kebangun tengah malam, bukannya nangis duluan, Akas malah tengkurap dulu baru nangis, haha.

Dari bisa tengkurap sendiri, ibu ga membayangkan kalo Akas bisa berbalik sendiri dari tengkurap ke telentang dalam waktu singkat. Ibu paham semua proses butuh waktu. Awal-awal ibu selalu bantu Akas untuk berbalik, tapi perlahan-lahan Akas bisa menemukan sendiri cara berbalik yang sebelumnya ga kebayang sama ibu. Dan akhirnya Akas pun bisa berbalik sendiri sebelum usia 5 bulan.

Dari bisa tengkurap, lalu berbalik, selanjutnya Akas mulai bisa perlahan berputar arah sambil tengkurap. Kadang Akas ngangkat pantat sambil tengkurap, tapi itu kayaknya karena tangannya terhimpit dink :P. Lalu lama-lama Akas bisa dari tengkurap, telentang, lalu langsung tengkurap, kayak guling-guling.

Akas udah mulai ngerti mainan, keliatan tertarik pada mainan tertentu. Kadang Akas juga udah mencoba meraih benda yang berada di jangkauan Akas.

Akas sering ngunyah-ngunyah lidah dan tangan makin sering masuk ke mulut. Kadang Akas narik baju lalu dimasukin ke mulut. Dan saat Akas mulai pegang-pegang kaki, kakinya juga mau dimasukin ke mulut, tapi selalu lepas lagi :)). Udah mau makan ya nak? Sabar ya, tunggu pas 6 bulan aja.

Akas sepertinya suka lihat bayangan Akas di cermin. Kalau ibu pangku duduk di depan cermin, Akas suka ketawa melihat bayangan di cermin :).

Di usia 5 bulan ini, Akas imunisasi Rotavirus1 dan PCV1 tanggal 17 November 2015. Berat Akas saat itu 6.5 kg, cuma naik dikit dari bulan sebelumnya. Saat imunisasi Rotavirus lucu deh. Vaksinnya dimasukin bu dokter ke mulut Akas, Akas emut, trus pas vaksinnya habis Akas malah nangis, haha.

Segitu dulu ya Akas cerita kali ini. Sehat dan aktif terus ya anak shaleh. Bentar lagi siap-siap MPASI, moga lahap ya nanti makannya :).

Balikpapan, 4 Desember 2015
With love,
Ibu

Salam,

signature

Leave your comment