Melihat Gerhana Matahari Total di Balikpapan

Rabu, 9 Maret 2016

Sejak dapat info bakal ada gerhana matahari hari ini, saya semangat banget pengen lihat. Dulu-dulu kalo gerhana bulan saya kurang minat keluar untuk melihat, hehe. Tapi ini gerhana matahari dan momen yang baru akan terulang lagi 300 tahun lebih kemudian di Indonesia.

Alhamdulillah juga sedang berdomisili di Balikpapan, salah satu daerah yang bakal dilewati gerhana matahari total. Saya berharap banget cuaca cerah. Dibanding lihat perubahan bentuk mataharinya, saya entah kenapa lebih berminat merasakan seperti apa gelapnya saat gerhana matahari total.

Kami keluar rumah sekitar jam 08.00 WITA. Saat itu matahari tertutup awan, tapi bisa kelihatan dikit bahwa sebagian sudah tertutup bulan. Kami berkendara ke arah Manggar, kata suami di sana ada semacam pesta rakyat di Pantai Manggar. Baru masuk daerah Manggar, jalanan macet. Kami memutuskan untuk balik kanan saja, buru-buru balik ke komplek.

Dari luar rumah aja sebenarnya udah bisa kelihatan, tapi pas dekat gerbang komplek kami pilih berhenti di situ saja. Suasana udah seperti mendung di sore hari. Ga lama menunggu, gerhana matahari total itu pun terjadi. Masyaallah, keren banget. Saya yang ga bawa alat pelindung apapun akhirnya bisa lihat secara langsung, soalnya cuma di saat total itu yang aman untuk dilihat.

Suasana saat gerhana matahari total, cukup gelap, kira-kira seperti saat kita berada di basement atau dalam mobil yang kacanya gelap. Padahal cuaca cerah banget. Gerhana totalnya cuma berlangsung sebentar, 1 menitan saja. Setelah itu matahari muncul kembali dan suasana perlahan kembali terang.

Setelah itu kami langsung pulang dan melakukan shalat gerhana. Alhamdulillah dapat kesempatan menyaksikan langsung gerhana matahari total ini. Sayang Akas masih bayi jadi belum ngerti, hehe.

Salam,

signature

Leave your comment