Bulan Ke-8 Akas

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dear Akas,

Maaf telat lagi ibu nulisnya, hehe. Udah bulan April, bulan ini Akas bakal 10 bulan umurnya. Sekarang ibu lanjutin dulu cerita tentang bulan ke-8 Akas ya.

Setelah demam menjelang ulang bulan ke-7 Akas, imunisasi Akas jadi ibu tunda 1 minggu. Umur 7 bulan jadwal Akas untuk imunisasi PCV2, baru kesampaian tanggal 25 Januari 2015. Saat itu berat Akas 7.3 kg, masih sama angkanya dengan berat Akas saat ibu periksa Akas ke dokter waktu demam, hehe. Panjang badan Akas 67 cm.

Highlight bulan ke-8 ini adalah perkembangan motorik Akas yang signifikan. Alhamdulillah. Setelah bulan lalu belajar untuk duduk sendiri, beberapa hari setelah Akas berumur 7 bulan Akas mulai bisa mengubah posisi dari tengkurap ke duduk. Tapi duduknya Akas masih belum stabil saat itu. Kalo ga dijagain Akas masih gampang jatuh bebas rebah ke belakang, hehe. Akas masih perlu numpu pake tangan.

Tanggal 28 Januari 2016 (7m8d), tiba-tiba Akas merangkak 1 langkah. Biasanya Akas tengkurap sambil onggong-onggong aja. Ibu langsung takjub, Akas aja duduknya belum kokoh, eh ujung-ujung belajar merangkak, hihi. Keesokan harinya Akas udah merangkak beberapa langkah, walau merangkaknya masih pelan dan baru mau merangkak kalau ada benda menarik yang mau dikejar, hehe.

Ga berhenti di situ, tanggal 1 Februari 2016 (7m12d) saat ibu taruh Akas di box bayi karena ibu lagi cuci piring, tiba-tiba aja Akas pegangan ke pinggiran box dan lalu berdiri! Ibu antara kaget dan takjub. Kaget karena kuatir kalo Akas jatuh. Takjub karena Akas duduk dan merangkak aja belum terlalu lancar, sekarang malah mau belajar berdiri segala, hihi. Awalnya ibu kira saat itu kebetulan aja. Tapi begitu kejadian berdiri sambil pegangan di box ini terulang beberapa kali, demi keamanan, akhirnya kasur di box ibu turunin ke level bawah.

Akas oh Akas, borongan ya belajar duduk, merangkak, dan berdirinya. Apa Akas mau pamer kebolehan sama nenek? Hihi. Tanggal 5 Februari 2016 kebetulan nekma berkunjung ke Balikpapan. Nekma kangen banget sama Akas, jadi bela-belain manfaatin long weekend datang jauh-jauh dari Baso untuk ketemu Akas. Nekma excited banget sampai nyoba menatah Akas.

Urusan makan, alhamdulillah Akas masih lahap makannya. Lahap terus ya naaak :-*. Nekma pun senang lihat Akas makan. Katanya Akas beda banget dengan ibu dulu, ibu dulu waktu bayi susah banget makannya, malah nangis-nangis kalau mau disuapi, hihi.

Tanggal 19 Februari 2016, pas ulang bulan ke-8 Akas, kita kontrol bulanan dan imunisasi Akas lagi di RS Siloam. Kali ini Akas imunisasi campak. Biasanya sih imunisasi campak ini dilakukan di usia 9 bulan, tapi berhubung di usia 9 bulan itu jadwal Akas untuk PCV3, bu dokter bilang campaknya dimajukan aja ke 8 bulan, biar nanti ga dobel disuntiknya. Ga apa-apa katanya. Ya sudah ibu nurut aja, hehe.

Timbangan berat Akas kali ini 7.9 kg. Alhamdulillah berarti naik 600 gr sebulan ini. Panjang badan Akas udah 69 cm. Alhamdulillah anak bayi ibu tambah gede, hehe.

Oia sebelum ke RS Siloam kita sempat mampir dulu ke Puskesmas Sepinggan untuk minta vitamin A. Kebetulan bulan Februari adalah bulan pemberian vitamin A. Karena umur Akas baru 8 bulan, Akas dapetnya vitamin A kapsul biru.

Segitu dulu ya nak cerita bulan ke-8 nya. Semoga cerita bulan ke-9 bisa ibu tulis sebelum Akas berumur 10 bulan, hehe. Sehat-sehat terus ya anak shaleh, lahap makannya, aktif mainnya. Semoga Allah selalu melimpahkan berkah-Nya kepada Akas.

Balikpapan, 4 April 2016

With love,

Ibu

Salam,

signature

Leave your comment