Cerita MPASI 9m+ Akas

Heuheu, begini nasib ibu suka menunda-nunda, jadi postingannya telat mulu, tapi tetap pengen ditulis, demi catatan untuk masa depan *halah*.

Usia 9 bulan, kalau berdasarkan panduan WHO, sudah saatnya tekstur MPASI-nya naik tingkat menjadi makanan yang dicincang. Alhamdulillah target ini tercapai dan makannya juga masih lancar. Saya berusaha teratur menaikkan tekstur makanan Akas biar di usia 1 tahun benar-benar sudah bisa makan menu keluarga.

Catatan MPASI 9m+

Berikut beberapa perkembangan dalam MPASI Akas di 9m+ ini:

  • Makanan utama tetap diberikan sehari 3x (pagi, siang, dan malam), dan makanan selingan tetap sehari 2x (siang dan sore).
  • Udah mulai agak rajin masaknya, jadi menu utamanya lebih sering dikreasiin cara masaknya. Makanan selingan pun udah ga cuma buah lagi, beberapa kali saya bikin puding atau pancake.
  • Porsi makanannya dinaikkan bertahap dari 125 mL hingga 170 mL. Minggu kedua di 9m+ porsinya saya naikkan jadi 140 mL, lalu berikutnya porsinya ditambah 10 mL tiap minggunya.
  • Tekstur makanannya sudah berupa nasi lembek dengan lauk dicincang. Cincangannya mulai dari dicincang halus lalu dinaikkan menjadi dicincang kasar. Masak MPASI pun terasa makin praktis.
  • Kalau bulan sebelumnya saya baru mencoba merutinkan untuk memberikan finger food ke Akas, maka mulai 9m+ ini selalu ada makanan dalam bentuk finger food untuk Akas. Saya juga mulai membiasakan Akas untuk mencoba memakan makanannya sendiri alias ala BLW. Berkaca dari pengalaman bulan sebelumnya, di mana Akas suka masukin potongan gede makanannya ke mulutnya, maka kali ini saya coba sajikan makanannya dengan potongan yang lebih kecil. Sekalian melatih motoriknya untuk mengambil benda berukuran kecil. Kalau menjimpit dengan 2 jari sih Akas belum bisa, tapi mengambil dengan genggamannya udah bisa. Makanannya pun biasanya saya taruh ke meja makannya sedikit-sedikit, kalau langsung saya taruh sepiringnya seringkali Akas ga kontrol masukin makanannya sebanyak-banyaknya ke mulutnya, heuu.
  • Minum air putih masih susah. Disuapin pake sedotan seperti biasa malah makin banyak yang tumpah gara-gara anaknya malah nyengir pas disuapin air putih.
  • Akas tampaknya ga suka alpukat. Beberapa kali ngasih alpukat selalu ditolak, padahal bahan makanan lain oke-oke aja. Entah faktor alpukatnya yang kurang enak (saya paling ga bisa milih alpukat yang bagus, heuu), atau karena rasanya (saya tetap no gulgar di bawah 1 tahun, jadi alpukatnya dikasih plain tanpa tambahan gula).
  • Bulan keempat MPASI ini ga tau berat Akas nambah berapa, soalnya kontrol rutin ke dokternya udah ga tiap bulan lagi. Saya juga ga ikutan Posyandu soalnya ga tau di mana, haha. Kontrol berikutnya di usia 1 tahun, jadi paling tunggu umur 1 tahun aja buat tau beratnya, hehe.

image

Menu 4★ MPASI 9m+ Akas

Sejak 9m+ ini, saya mulai rajin mengkreasikan makanan Akas jadi suatu menu baru, ga melulu kukus/rebus seperti di awal-awal MPASI. Kalau makan nasi, sekarang nasinya udah mulai pakai nasi lembek. Lauknya dicincang, dipotong kecil, atau dalam bentuk finger food.

Untuk finger food, masih saya teruskan supaya Akas belajar makan sendiri. Untuk yang dipotong kecil atau yang mungkin bisa digenggam oleh Akas, saya latih juga Akas supaya bisa makan sendiri. Makanannya saya taruh sedikit demi sedikit di tray kursi makannya. Pernah nyoba naruh sepiringnya di tray tapi Akas nyuapnya kayak orang berhari-hari ga dikasih makan. Dimasukin mulut terus hampir tanpa jeda, ga diberesin dulu ngunyah dan nelan yang ada di dalam mulut, fyuh. Ya udah lah ya, pelan-pelan aja belajar makan sendirinya, hehe.

Berikut menu 4★ yang saya berikan kepada Akas (19 Maret-18 April 2016). Saya list lagi bahan 4★-nya, untuk cara mengolahnya bisa klik masing-masing link. Berturut-turut: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur → kreasi makanan (kalau ada).

  1. Beras putih, ayam, kacang tolo, labu siam
  2. Wholemeal bread, daging sapi + telur, jamur enoki, wortel  → galantin daging sapi
  3. Beras putih, daging sapi, tahu sutra, tomattumis daging tahu sutra
  4. Beras putih, udang, buncis, timun
  5. Beras putih, ikan patin, kacang polong, wortel
  6. Jagung + oat, telur, tahu sutra, labu siamjagung telur kukus
  7. Beras putih, ikan nila, tahu sutra, kembang kol + wortel
  8. Beras putih, ayam, tempe, labu siam
  9. Beras putih, ayam + telur, kacang panjang, wortelnugget lunak ayam wortel 
  10. Spaghetti, daging sapi, jamur tiram, tomat + wortelspaghetti ala-ala bolognese
  11. Beras putih, daging sapi, tempe, sawi putih
  12. Beras putih, ikan tenggiri, jamur tiram, labu siam
  13. Beras putih, ayam + telur, kacang hijau, wortelnugget ayam wortel
  14. Oat, telur, jamur enoki, brokoli → oat kribo kukus
  15. Beras putih, ayam, kacang panjang, labu siam
  16. Beras putih + beras merah, ayam + telur, tahu sutra, wortel + brokoli  → nugget ayam wortel
  17. Beras putih + beras merah, udang, kacang hijau, labu siam
  18. Beras putih, udang, tahu sutra, brokoli
  19. Beras putih, telur puyuh, tahu sutra, wortel
  20. Beras putih, ikan patin, buncis, terungpatin bumbu gulai
  21. Beras putih, ikan nila, kacang hijau, brokoli + tomat
  22. Beras putih, telur puyuh, tahu, terung
  23. Beras putih, hati ayam, kacang polong, wortel
  24. Beras putih, ikan lele, tahu, bayamtim lele tahu
  25. Beras putih, ikan patin, buncis, tomat + wortelpatin saos tomat
  26. Beras putih, telur, tahu, bayamgreen tamagoyaki
  27. Misoa, daging sapi, kacang polong, worteltim misoa daging
  28. Beras putih + beras merah, daging sapi, buncis, terong + tomattumis buncis daging
  29. Beras putih + beras merah, daging sapi, tahu, brokoli
  30. Beras putih, ikan lele, kacang polong, terungsop lele terung
  31. Beras putih, ikan lele, kacang hijau, bayamtim lele bayam

Camilan 9m+ Akas

Selain mulai rajin berkreasi di menu 4★, saya juga mulai rajin bikin camilan atau makanan selingan untuk Akas. Mayoritas masih berupa puding atau pancake sih, hehe. Berikut beberapa camilan yang pernah saya buat untuk Akas, saya list yang ada resepnya aja ya.

  1. Pancake pisang
  2. Puding hunkwe buah naga
  3. Puding hunkwe jeruk
  4. Puding jambu biji
  5. Puding melon + puding buah naga
  6. Puding pepaya

Salam,

signature

Leave your comment