Wisata Kaltim: 5 Wisata Pantai di Balikpapan

Kalau browsing tentang tempat wisata di Balikpapan, mayoritas merekomendasikan beberapa pantai. Balikpapan memang terletak di pinggir pantai. Tapiii, ada baiknya ga berekspektasi terlalu tinggi dengan pantai-pantai di Balikpapan, apalagi kalau udah ke Bali atau Nusa Tenggara misalnya. Biar ga kecewa, hihi.

Selama tinggal di Balikpapan, kami tergolong jarang main ke pantai. Berkunjung sekali, trus udahan, ga balik lagi, haha. Berikut 5 pantai yang pernah kami kunjungi di Balikpapan, diurutkan berdasarkan timeline aja ya.

1. Batakan Beach

Kalau googling biasanya ga nemu pantai ini, karena pantai ini sepertinya memang bukan untuk umum. Kami ke sana setelah jalan-jalan ke Bukit Bangkirai tanggal 7 Maret 2015. Lokasinya di Le Total Batakan Club. Kata Dahnil namanya Batakan Beach, pantai milik Total. Dahnil kerja di Total dan mengajak kami ke sana, katanya nanti dari sana bisa naik boat untuk ke pulau.

Baca juga: Wisata Kaltim: Pesona Hutan Kalimantan di Bukit Bangkirai

Tempatnya ternyata dekat banget dari tempat tinggal saya, tapi selama ini saya ga ngeh. Balikpapan pada dasarnya kota pinggir pantai sih, tapi kebanyakan pantainya “dikuasai” bangunan yang ada di pinggir pantai itu, entah itu restoran, ruko, perusahaan, dll. Dari pantainya jangan harap ada pemandangan laut yang biru jernih kayak pantai-pantai eksotis di Indonesia, yang ada adalah air laut berwarna coklat, haha. Termasuk di Batakan Beach ini. Beberapa puluh meter dari pinggir pantai baru deh kelihatan biru warna lautnya.

Di pinggir pantai airnya coklat
Agak ke tengah baru kelihatan biru

Boat yang kata Dahnil bisa kami pakai itu ternyata udah duluan dipakai sama rombongan lain. Bye bye main ke pulau. Akhirnya kami jalan di jetty (jembatan) yang ada di situ saja. Dan dasar perusahaan minyak, yang selalu safety first, untuk jalan di jetty itu aja kami mesti pakai life jacket -_-”. Malesin banget sebenernya, haha. Tapi suami ga bisa dibujuk juga biar kami copot bentar life jacket-nya buat foto. Safety first! Yuk mari.

Siap-siap ke jetty
Harus pakai life jacket katanya, baiklah
Berfoto di hembusan angin yang lumayan kencang
Kalau jatuh di sini serem juga sih kayaknya

2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru terletak di desa Teritip. Kami ke sana setelah mengunjungi KWPLH tanggal 1 Oktober 2015. Pantainya luas dan tenang, banyak pohon pinus di sana. Waktu itu ada rombongan yang sedang camping. Enak sih tempatnya sepertinya, sayangnya saat itu angin kencang sekali. Kami pun sebentar saja di sana.

Baca juga: Wisata Kaltim: Melihat Beruang Madu di KWPLH Balikpapan

Pantai Lamaru
Anginnya kencang saat itu

3. Pantai Monpera

Kalau baca sekilas, sering ketuker Monpera dengan Menpora, haha. Di pantai ini terdapat Tugu Monpera alias Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan. Waktu ke sana tepatnya tanggal 8 November 2015, dari luar terlihat sepi, tapi ternyata di pantainya cukup ramai. Banyak yang bawa bayi dan anak-anak juga. Di pinggir pantai lumayan ada area pasirnya, banyak anak-anak yang main. Sayangnya di sana banyak sampah bertebaran, heuu.

Tugu Monpera
Berfoto dengan Tugu Monpera
Area Pantai Monpera

4. Pantai Melawai

Tak jauh dari Pantai Monpera ada Pantai Melawai. Bedanya tidak ada area pasir pantainya. Kami di sana cuma menunggu sunset setelah mengunjungi Pantai Monpera. Melihatnya dari trotoar di pinggir jalan aja. Pantai ini katanya terkenal sebagai tempat nongkrong muda-mudi Balikpapan. Di pinggir pantai banyak pedagang kaki lima yang jual makanan dan minuman. Kalo buat saya sih kurang berasa ke pantai jadinya, hehe. Mungkin mending sekalian terus ke dekat Pelabuhan Semayang, lumayan bisa lihat sunset dengan ada banyak kapal di lautnya.

Menunggu sunset di Pantai Melawai
Sunset di Balikpapan
Ada kapal besar nun jauh di sana

5. Pantai Manggar

Pantai Manggar Segara Sari atau biasa disebut dengan Pantai Manggar ini termasuk pantai yang ramai dikunjungi di Balikpapan. Pernah mencoba ke sana di hari Sabtu, parkirannya udah penuh sampai ke pinggir jalan raya, alhasil kami balik kanan pulang saja.

Pantai Manggar

Akhirnya kami memilih ke sana setelah melihat buaya di Teritip tanggal 13 Januari 2016. Saat ke sana, karena bukan hari libur, pantainya ternyata sepi banget. Ga ada permainan yang bisa dinikmati, heuheu. Setelah dilihat, sebenarnya pantainya biasa banget, hehe. Tapi, dibanding pantai lain di Balikpapan memang si Pantai Manggar ini lebih luas area pasirnya. Mungkin karena itu cocok banget untuk bawa anak-anak dan keluarga main di sana dibanding pantai lain.

Baca juga: Wisata Kaltim: Melihat Ratusan Buaya di Penangkaran Buaya Teritip

Pantai Manggar saat sepi

Sekian infonya tentang pantai di Balikpapan. Sekali lagi, jangan berharap menemukan pantai yang luar biasa indah dan eksotis, kecuali kalau belum pernah ke pantai, heuheu.

Salam,

signature

Leave your comment