Wisata Sumbar: 3 Spot Baru di Kota Padang

Selasa, 5 Juli 2016

Libur Lebaran tahun 2016 lalu, tepatnya di hari terakhir puasa, kami mengunjungi beberapa spot baru di Kota Padang. Tujuan utama sih buat foto-foto aja, biar kekinian, haha. Pertama ke Masjid Raya Sumbar, selanjutnya ke Pantai Padang. Spot di Pantai Padang ini biasanya ramai di sore hari, jadi kurang oke kayaknya kalau mau dapet foto yang bagus. Kalau mau pas sepi, pilihlah timing yang jarang orang pilih, seperti siang-siang tengah hari saat panas terik di bulan puasa, haha. Aduhai panasnya.

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Sebenarnya kami lihat masjid ini udah dari lama karena kalau ke Padang sering lewat sana, tapi baru hari itu kami menyempatkan diri untuk mampir ke sana.

Difoto dari taman di sudut jalan
Di jalan masuk menuju masjid

Masjid ini unik karena desain bangunannya yang mirip gonjong khas Minangkabau, beda banget dari desain masjid kebanyakan. Saat itu sih bangunannya masih belum rampung 100%, entah kalau sekarang, hehe.

Dihiasi ukiran dengan motif khas Minangkabau
Interior masjid

2. Monumen IORA

Dari Masjid Raya Sumbar kami beranjak ke pantai Padang yang lebih dikenal dengan istilah Taplau (tapi lauik = tepi laut). Area Taplau sekarang sudah dibenahi, beda banget dengan jaman dulu. Lebih rapi, lebih tertata.

Pantai Padang a.k.a Taplau

Di salah satu spot terdapat Monumen IORA (Indian Ocean Rim Association). Ciri khasnya adalah ada tulisan gede “PADANG”.

Monumen IORA

3. Monumen Merpati Perdamaian

Tak jauh dari Monumen IORA, ada lagi Monumen Merpati Perdamaian. Di sana ada tugu dengan patung merpati, yang katanya sempat menimbulkan pro kontra.

Selamat datang
Tugu patung merpati

Saat kami ke sana, area tugu relatif sepi. Mungkin karena kami ke sana siang hari, pas lagi puasa pula. Panas gila 😆 Kalau sore-sore katanya di sana rame banget penuh orang.

Wah ada langkah-langkah origami merpati
Berfoto dengan tugu merpati, sepi ya

Salam,

signature

Leave your comment