Wisata Kaltim: 5 Wisata Pantai di Balikpapan

Kalau browsing tentang tempat wisata di Balikpapan, mayoritas merekomendasikan beberapa pantai. Balikpapan memang terletak di pinggir pantai. Tapiii, ada baiknya ga berekspektasi terlalu tinggi dengan pantai-pantai di Balikpapan, apalagi kalau udah ke Bali atau Nusa Tenggara misalnya. Biar ga kecewa, hihi.

Selama tinggal di Balikpapan, kami tergolong jarang main ke pantai. Berkunjung sekali, trus udahan, ga balik lagi, haha. Berikut 5 pantai yang pernah kami kunjungi di Balikpapan, diurutkan berdasarkan timeline aja ya.

1. Batakan Beach

Kalau googling biasanya ga nemu pantai ini, karena pantai ini sepertinya memang bukan untuk umum. Kami ke sana karena bareng temen yang kerja di Total. Lokasinya di Le Total Batakan Club.

Batakan Beach

2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru terletak di desa Teritip. Pantainya luas dan tenang, banyak pepohonan di sana. Waktu kami ke sana, ada rombongan yang sedang camping.

Pantai Lamaru

3. Pantai Monpera

Pantai ini terkenal dengan Tugu Monpera-nya. Waktu ke sana, dari luar terlihat sepi, tapi ternyata di pantainya cukup ramai dan banyak anak-anak main pasir di sana.

Pantai Monpera

4. Pantai Melawai

Pantai ini katanya terkenal sebagai tempat nongkrong muda-mudi Balikpapan. Di sana memang banyak banget yang jual makanan, jadi lumayan lah kalau mau nongkrong lihat pantai sambil nungguin sunset.

Pantai Melawai

5. Pantai Manggar

Pantai Manggar Segara Sari atau biasa disebut dengan Pantai Manggar ini termasuk pantai yang ramai dikunjungi di Balikpapan. Pernah mencoba ke sana di hari Sabtu, parkirannya udah penuh sampai ke pinggir jalan raya. Akhirnya kami memilih ke sana di hari kerja saja, relatif sepi. Tapi jadinya ga ada permainan yang bisa dinikmati, heuheu.

Pantai Manggar


Sekian infonya tentang pantai di Balikpapan. Sekali lagi, jangan berharap menemukan pantai yang luar biasa indah dan eksotis, kecuali kalau belum pernah ke pantai, heuheu.

Salam,

signature

Leave your comment