Wisata Kaltim: Keliling Tenggarong, Kutai Kartanegara

Saya pertama kali dengar nama Tenggarong dari serial Wiro Sableng yang musuhnya sepasang setan dari Tenggarong. Jadul banget tontonannya ya, haha. Dulu sih ga peduli Tenggarong itu di mana. Tapi akhirnya browsing setelah kebingungan mau jalan-jalan ke mana lagi saat trip ke Samarinda. Bingung cari tempat menarik apa lagi di Samarinda, coba cek Tenggarong, eh tampaknya lumayan banyak yang menarik, langsung deh dieksekusi.

Tenggarong adalah ibukota kabupaten Kutai Kartanegara. Dulu sempat heboh pas jembatannya runtuh, tapi pas kami ke sana alhamdulillah udah ada jembatan yang baru. Jembatan Kutai Kartanegara ini sungguh sangat mempersingkat waktu tempuh Samarinda-Tenggarong.

Taman Pedestrian Jembatan Kutai Kartanegara

Di Tenggarong terdapat sejumlah bangunan bersejarah, di antaranya Museum Mulawarman, Monumen Pancasila, Kedaton Koetai Kartanegara, dan Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin.

Museum Mulawarman dan Sekitarnya

Sebenarnya saya pengen masuk Museum Mulawarman, apa daya 2x ke sana pas museumnya tutup. Salah sendiri sih ga cari info dulu jadwal bukanya jam berapa aja.

Museum Mulawarman

Spot lain yang kami kunjungi adalah Creative Park yang terletak di tepi Sungai Mahakam. Ini taman baru sih sepertinya, lumayan instagramable lah buat foto-foto, eheu.

Creative Park Tenggarong


Pulau Kumala tampak menarik juga buat dikunjungi. Hanya saja saat kami ke sana, pulaunya masih tutup, jembatan ke pulau masih dibangun. Pulaunya terletak di tengah Sungai Mahakam. Dulu sih Pulau Kumala ini katanya semacam Ancol Jakarta, lalu mati suri, tapi sekarang sudah dihidupkan lagi.

Salam,

signature

Leave your comment