Wisata NTT: Meet the Komodo Dragons

Udah ke wilayah Taman Nasional Komodo, kurang lengkap rasanya kalau tidak lihat langsung komodonya. Kalau sering nonton Natgeo Wild, komodo ini salah satu hewan yang sering muncul, sebagai reptil terbesar dan terberat di muka bumi, predator yang terkenal dengan ludahnya yang mematikan, dan tentunya cuma ada di negara kita tercinta Indonesia.

Satu hari dari trip kami alokasikan untuk tour melihat komodo. Komodo bisa ditemukan di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, tapi kami memilih ke Pulau Komodo saja karena satu alasan: nama pulaunya, haha. Tour yang kami ambil tidak murni untuk melihat komodo saja, tapi juga mampir di beberapa tempat untuk snorkeling. Perhentian pertama kami adalah di Batu Bolong.

Batu Bolong

Perjalanan ke Pulau Komodo ternyata cukup jauh, padahal itu udah start dari Pulau Kanawa. Kalau saja memilih menginap di Labuan Bajo, perjalanannya tentu jadi lebih panjang.

Boat ke Pulau Komodo

Sampai di Pulau Komodo, kirain bakal langsung menemukan komodo bertebaran #halah. Ternyata mesti trekking dan ada kemungkinan ga ketemu komodo sama sekali.

Trekking di Pulau Komodo

Tapi alhamdulillah hari itu lumayan bisa ketemu beberapa komodo.

Bertemu Komodo

Selesai di Pulau Komodo, kami melanjutkan perjalanan. Kami mampir di Manta Point, salah satu spot snorkeling/diving untuk melihat ikan pari manta, tapi manta-nya lagi ga ada. Selanjutnya kami ke Pantai Pink, bisa snorkeling lagi atau sekedar main di pantainya.

Pantai Pink



Dari obrolan sama teman, sepertinya lebih mudah untuk menemukan komodo di Pulau Rinca daripada di Pulau Komodo. Silakan survey lagi mending mana, hehe. Kalau kami dulu memang tidak ada cari info sama sekali sebelum memutuskan, ditambah lagi sinyal hp susah banget di Pulau Kanawa.

Salam,

signature

Leave your comment