Wisata Sumbar: Pesona Padang Mangateh

Nama Padang Mangateh baru saya dengar belakangan, walau ternyata sudah ada sejak lama. Berkat Pak Jokowi berkunjung ke sini, namanya jadi dikenal. Orang-orang pun ramai berdatangan ke sana.

Saat Padang Mangateh ini baru ngehits, saya cuma bisa melihat dari foto-foto di internet, karena belum mudik. Beneran mupeng banget melihat padang rumput yang luas dan hijau terhampar di kaki gunung. Apalagi yang memang berfoto dengan fotografer beneran, semisal untuk foto prewedding, fotonya bagus-bagus.

Lalu tak lama kemudian muncul berita bahwa Padang Mangateh ditutup untuk umum. Alasannya: Padang Mangateh jadi kotor karena sampah berserakan di mana-mana. Lihat fotonya jadi kesel banget. Ya ampun kok orang-orang tega banget sih ninggalin sampah seenaknya. Kalau kayak gitu mah saya sepakat banget Padang Mangateh ditutup biar ga dikotori lagi. Tapi dalam hati agak sedih juga karena saya belum pernah ke sana, heuheu.

Tapi, walau berita bilang ditutup, nyatanya masih ada yang bisa masuk dan foto-foto di sana. Hmm. Baiklah, tampak ada faktor keberuntungan, lobi-lobi penjaga gerbang masuk, koneksi orang dalam, dsb. bisa membantu.

Hari itu kami coba ke sana. Kami tidak punya koneksi dengan orang dalam. Tapi di gerbang masuk, papa saya turun lalu ngobrol-ngobrol dengan yang jagain gerbang masuk, lalu dibolehin masuk. Ga tau deh apa yang diobrolin, heuheu. Alhamdulillah bisa masuk juga.

Padang Mangateh ternyata luas banget. Kalau jalan kaki pasti gempor deh, sementara kendaraan mesti ditinggal di tempat parkir. Rupanya disediakan kendaraan seperti traktor besar yang digunakan untuk mengangkut pengunjung.

Saat itu, kebanyakan padang rumputnya dipagari, dulu katanya ga gitu. Sepertinya diberi pagar biar orang-orang ga masuk ke sana. Dulu banyak banget yang berfoto di Padang Rumputnya, pasti ada yang rusak deh rumputnya diinjak orang-orang, padahal kan rumput-rumput itu buat makanan sapi-sapi di sana. Sip ga apa-apa, keindahannya tetap masih bisa dinikmati kok.

Beneran deh, pemandangan di Padang Mangateh ini sungguh mempesona. Aaaaa.

Padang Mangateh

Salam,

signature

Leave your comment