City Park: Taman Tongkeng, Bandung

Jumat, 3 Maret 2017

Setelah mengunjungi Taman Pramuka, Taman Foto, dan Taman Super Hero yang lokasinya berdekatan, belakangan saya baru mengetahui bahwa ada satu lagi taman di sekitar situ, yakni Taman Tongkeng. Sebelumnya saya ga pernah nemu nama taman ini saat browsing info tentang taman tematik di Kota Bandung.

Baca juga: City Park: Taman Super Hero, Bandung

Hari itu saya pergi ke Graha Manggala Siliwangi bareng temen karena ada expo perlengkapan bayi di sana, barangkali ada yang menarik untuk dibeli, hehe. Beres dari expo, kami naik angkot lalu makan siang di Marugame Udon yang lokasinya ga gitu jauh dari sana. Nah mumpung udah berada di dekat situ juga, setelah makan saya putuskan untuk mampir ke Taman Tongkeng, kata Google Maps cuma 6 menit jalan kaki dari Marugame Udon. Kapan lagi. Kalau sengaja keluar buat pergi ke sana doank rada males sayanya, hehe.

Suasana jalan rada sepi. Begitu sampai di sana, yang saya temukan pertama kali adalah patung 2 prajurit. Di bawahnya tertera tulisan Brigif Linud 17 Kujang I Kostrad, Berasal dari Kodam III/Siliwangi, Berjuang Selalu Bersama Rakyat.

Setelah itu barulah terlihat nama Taman Tongkeng. Nama taman ini terlihat menarik dengan cat bersuasana merah putih.

Masuk ke taman, kita langsung menemukan lapangan futsal. Saat itu sejumlah anak SD sedang asik main futsal di sana. Wah lumayan juga nih buat anak-anak yang suka main bola.

Di samping lapangan futsal terdapat playground dengan nuansa kuning hijau. Tapi lagi-lagi Akas ga minat main. Kenapa ya ini udah ngunjungi belasan taman tapi anaknya ga minat main, haha.

Di dekat playground tersebut, terdapat perpustakaan kecil. Di plangnya tertulis Taman Bacaan Masyarakat, GSSI (Generasi Semangat Selalu Ikhlas), @ Taman Tongkeng. Tapi saat itu perpustakaannya tutup. Katanya perpustakaan ini dibangun untuk meningkatkan minat baca warga.

Saya terus berjalan ke arah dalam, dan ternyata masih cukup luas areanya. Masih ada beberapa mainan untuk anak-anak di sana. Ada toilet juga.

Bagian paling ujung diisi dengan tempat main menggunakan ban bekas. Tapi bagian belakang taman ini lebih sepi dibanding bagian depannya.

Beres muter-muter taman, saya segera siap-siap pulang. Langit sudah mulai mendung juga soalnya. Overall tamannya nyaman dan cukup luas. Ada lapangan futsal dan playground pasti bermanfaat banget deh buat anak-anak sekitar situ, plus perpustakaannya.

Salam,

signature

Leave your comment