Wedding Website Reyhan & Rahayu

Hallooo, udah lama euy ga nulis topik wedding. Kali ini kembali bercerita tentang wedding website yang saya buat. Tahun lalu adik ipar saya menikah, tepatnya pada tanggal 22 April 2017. Dari lama saya udah berencana untuk membuatkan wedding website buat adik-adik saya dan adik-adik suami saya saat mereka akan menikah. Dan yang pertama kali dibuatkan adalah Reyhan.

Development + Deployment

Komunikasi untuk pembuatan web ini kami lakukan via WhatsApp dan email. Ga jauh beda dengan wedding website Sre & Fadlil, saya masih memilih one page wedding website. Template saya yang pilih, tapi warna ikut pilihan Reyhan & Rahayu. Awalnya mereka bilang tema warnanya biru pastel dan coklat pastel. Tapi dari template yang saya pilih, tampak aneh kalau pakai 2 warna, akhirnya kami pilih satu warna aja, biru pastel.

Baca juga: Wedding Website Sre & Fadlil

Untuk content, dari teks, foto, hingga icon logo, semua disediakan oleh Reyhan & Rahayu. Jadinya saya tinggal masukin aja, ga ribet, hoho. Sempat beberapa kali revisi sampai akhirnya di-publish. Wedding website ini lagi-lagi saya taruh di Tumblr, biar tinggal beli domain aja. Kami beli domain reyhanrahayu.com pada tanggal 26 Maret 2017, dan alhamdulillah ga ada masalah dengan setting custom domain pada Tumblr kali ini.

Sungguh saya bingung mau ngemeng apa lagi, haha, karena emang ga banyak cerita di balik pembuatan webnya. Langsung lihat content webnya apa aja yuk!

Content

Content wedding website pada dasarnya gitu-gitu aja ya, yang membedakan adalah cerita cinta masing-masing pasangan #eaaa. Setelah beberapa revisi, hasil akhirnya seperti berikut.

1. Section Home

Ini adalah bagian yang pertama kali terlihat saat webnya dibuka. Ada menu di bagian atas, lalu nama pasangan dan info tanggal pernikahan. Tadinya gitu aja sampai mereka meminta kalau bisa ditambahkan countdown timer. Akhirnya ditambahin deh, hoho.

image

2. Section Tentang Kami

Begitu scroll ke bawah, langsung ditampilkan profil kedua mempelai. Kalau mouse hover pada foto profil, akan kelihatan icon yang berisi link ke akun media sosial mereka.

image

3. Section Separator 1

Di bawah profil diberi pembatas antar section yang berisi quote. Quote ini juga Reyhan & Rahayu yang pilih.

image

4. Section Loveline

Bagian ini berisi timeline kisah Reyhan & Rahayu dari awal kenal hingga memutuskan menikah. Untuk bagian ini untungnya saya udah kenal dengan HTML+CSS timeline yang responsive. Teringat wedding website saya dulu, timeline-nya saya bikin berupa gambar, kebetulan emang bikin juga sih buat undangan cetak. Tapi kalau gambar tentunya tak se-responsive teks saat dibuka di browser, hehe.

Baca juga: Undangan Versi Website

image

5. Section Separator 2

Di bawah loveline dibuat pembatas lagi, tapi ini jadi semacam penghubung kisah mereka tadi ke undangan pernikahannya.

image

6. Section Undangan Pernikahan

Bagian ini saya salin dari undangan cetaknya. Tapi berbeda dengan wedding website saya ataupun Sre, kali ini ga ada ticker Daisypath lagi karena di atas juga udah ada countdown timer, hehe.

image

7. Section Lokasi Acara

Info lokasi acara disediakan dalam 2 format: Google Maps dan denah. Kali ini saya buat dengan panel accordion, biar beda gitu dari denah webnya Sre yang pake tab, hehe.

image

8. Section Separator 3

Berikutnya pembatas antar section lagi, kali ini diisi dengan terjemahan Q. S. Ar-Ruum: 21.

image

9. Section Testimoni

Bagian ini berisi pendapat, komentar, kata hati, dan semacamnya tentang pasangan.

image

10. Section Galeri

Isinya foto prewedding Reyhan & Rahayu. Sebenarnya beberapa foto prewedding-nya sudah saya pakai untuk mengisi section home, profil, dan testimoni. Jadi di galeri ini diisi dengan foto yang belum dipakai di section lain. Saya ga tau apa mereka memang sengaja pakai nuansa biru dongker agar cocok dengan web, atau cuma kebetulan. Tapi saya suka hasilnya, cocok dengan tema warna webnya.

image

11. Section Separator 4

Berikutnya pembatas antar section lagi, kali ini diisi dengan terjemahan doa Nabi Muhammad SAW pada pernikahan putrinya Fatimah Azzahra dengan Ali bin Abi Thalib.

image

12. Section Buku Tamu

Seperti biasa, guestbook ini saya buat dengan Facebook Comment Plugin. Aturan dari Facebook untuk pemakaian comment plugin ini di-update lagi, sehingga kali ini saya harus punya App ID. Tapi enaknya, saya bisa menambahkan Reyhan & Rahayu sebagai moderator komentar yang masuk, sehingga mereka pun dapat notifikasi di akun Facebook-nya saat ada yang mengisi buku tamu ini. Di bawah buku tamu tinggal footer yang berisi credit ke nama saya, hihi.

image

Ternyata panjang juga ya content-nya. Overall saya suka wedding website ini, kyaaa. Birunya bagus, fotonya matching, template-nya kece.

Beberapa bulan lalu saya diminta memindahkan wedding website-nya karena webnya mau diubah jadi blog, seperti halnya wedding website saya dulu. Jadi undangannya saya pindahkan ke reyhanrahayu.com/invitation. Tapi sampai sekarang masih belum diisi-isi blognya, wkwk.

Sedikit bocoran, wedding website berikutnya adalah untuk pernikahan adik saya, hoho. Kalau ada yang mau bikin juga, boleh japri ke saya ya, hihi. Portfolio saya ada di sini #teteuppromosi ^^v

Salam,

signature

Leave your comment