Perjalanan ASI Akas (7): Akhirnya Berhasil Relaktasi, Bye Bye Sufor!

Dulu saya tidak begitu yakin apakah setelah berbulan-bulan berusaha, ikhtiar saya akan membuahkan hasil. Tapi alhamdulillah cerita relaktasi saya bisa berakhir dengan happy ending, yakni relaktasi berhasil, walau butuh waktu lama, hehe. Tanggal 6 April 2016 adalah hari terakhir Akas minum sufor. Saat itu umur Akas 9 bulan 18 hari.

Di tulisan sebelumnya, saya sudah menjabarkan seperti apa proses relaktasi yang saya jalani sejak Akas berumur 3 bulan 12 hari. Singkatnya, saya menyusui Akas menggunakan suplementasi dengan NGT. Isi suplementasi ini mayoritas sufor karena saya jarang bisa memompa ASI. Porsi sufor dalam suplementasi dikurangi secara bertahap, hanya saja sampai Akas berusia 6 bulan saya belum bisa mengurangi sufornya hingga nol, malah sempat naik lagi porsinya, huhu.

Baca: Perjalanan ASI Akas (5): Memulai Perjuangan Relaktasi

Setelah Akas berumur 6 bulan alias sudah mulai MPASI, bagaimana kelanjutannya? Okeh saya lanjutkan ceritanya.

Relaktasi di Masa Awal MPASI

Sebelum Akas mulai MPASI, saya ke dr. N lagi sekalian kontrol bulanan Akas. Terakhir di usia 5-6 bulan, Akas mengkonsumsi sufor rata-rata sekitar 300 mL/hari, padahal bulan sebelumnya sudah pernah kurang dari itu. Dan ternyata dari usia 4-6 bulan, berat badan Akas stuck di angka 6.4 kg.

Terkait progres relaktasi, saya nanya ke dr. N apakah jumlah sufor untuk Akas sudah bisa coba dikurangi lagi, karena Akas sudah akan MPASI. dr. N bilang jangan dulu sebulan ini, karena biasanya bayi ga langsung lancar MPASI-nya. Saya ga nyangka dr. N jawab begitu, kirain bakal disuruh kurangi lagi.

Tapi dipikir-pikir lagi, dengan kondisi Akas yang beratnya ga naik selama 2 bulan berturut-turut, apa gunanya saya paksakan lagi mengurangi sufornya. Kalau ternyata nanti di bulan ke-7 beratnya ga nambah lagi, trus saya galau, ujung-ujungnya bikin ASI tambah seret lagi, percuma ya rasanya. Ya sudahlah, biarlah saya mengalah dulu sama sufor.

Advertisement

Oia dr. N sempat bilang untuk coba kasih Akas sufor pake sendok, kalau merasa repot dengan suplementasi, sekalian latihan untuk makan. Tapi saya memilih untuk tetap menyusui Akas dengan suplementasi. Ga repot kok, udah mahir, udah bisa nyiapin sendirian sekalipun sambil gendong Akas.

Jadinya sebulan pertama MPASI itu bisa dibilang saya fokus di program penggemukan Akas *halah*. Sufornya saya tambah dikit, jadi rata-rata 330 mL/hari. MPASI-nya alhamdulillah lancar jaya. Sebulan berlalu, timbangan Akas menunjukkan angka 7.3 kg. Artinya naik 900 gr. Alhamdulillah, saya bahagiaaaa.

Baca: Persiapan dan Perjalanan MPASI Akas

Relaktasi Sambil MPASI

Berat badan naik banyak, Akas pun mulai nampak lebih berisi. Saya jadi lebih pede untuk coba mengurangi porsi sufornya lagi. Di umur 7 bulan, sehari total Akas makan 4x (3x menu utama + 1x camilan). Makin sering makan, otomatis makin berkurang sufornya karena frekuensi menyusunya juga berkurang. Kalau sebelumnya suplementasi itu bisa 5-6x sehari, sekarang bisa dikurangi hingga 2-3x sehari. Itu sufornya rata-rata 180 mL/hari. Sebulan ini, berat Akas naik 600 gr. Alhamdulillah.

Saya makin semangat untuk terus mengurangi sufornya, ditambah Akas makannya lahap terus. Namun saya sempat juga dilanda kegalauan. Teorinya kan asupan gizi bayi saat MPASI itu 70% dari ASI dan 30% dari MPASI. Bagaimana kalau persentase asupan Akas lebih banyak MPASI-nya? Untungnya kegalauan ini bisa segera saya tepis, karena buat apa sih itu dipikirin? Syukuri aja lah anak mau makan apa aja dan sufornya udah berhasil dikurangi.

Advertisement

Oia dalam sehari, suplementasi ini saya berikan dari pagi hingga sebelum Akas tidur malam, sekitar jam 9 malam. Kalau Akas kebangun tengah malam, saya cukup susui langsung aja. Jadinya dia nyusu lama sih di tengah malam itu, entah beneran nyusu atau cuma ngempeng. Tapi buat saya ga apa-apa, daripada saya mesti bikin sufor.

Di umur 8 bulan, sehari total Akas makan sudah 5x (4x menu utama + 1x camilan). Kali ini suplementasinya berhasil saya kurangi hingga cuma 1x aja sehari, yakni 90 mL saat menyusui Akas sebelum tidur malam.

Cukup lama saya bertahan di angka 90 mL ini, yakni hingga Akas berumur 9 bulan 10 hari. Saya belum berani lagi untuk menurunkan jumlah sufornya karena khawatir tidur malam Akas ga senyenyak biasanya. Saya butuh Akas tidur nyenyak di malam hari agar saya juga ada waktu untuk diri saya sendiri.

Bagaimana Kalau Belum Bisa Full ASI Setelah Akas 1 Tahun?

Selama relaktasi, beberapa hal masih mengganggu pikiran saya. Sudah 6 bulan saya berikhtiar untuk relaktasi, tapi masih belum berhasil juga. Padahal kalau baca-baca artikel lain, ada yang berhasil dalam 2 bulan saja, atau bahkan kurang dari 1 bulan. Apa yang salah pada saya? Apakah relaktasi saya akan berhasil? Apa ASI saya memang ga mungkin bakal cukup buat Akas?

Lalu saya baca thread di grup FB AIMI yang membahas susu UHT. Di bawah 1 tahun, bayi cuma bisa minum susu lain berupa sufor yang memang didesain untuk usia kurang dari 1 tahun. Setelah 1 tahun, ada opsi lain, yakni susu pasteurisasi atau susu UHT, yang mana sepemahaman saya lebih baik daripada sufor. Saya pun mulai bertanya-tanya, kalau setelah 1 tahun Akas masih butuh susu tambahan, sebaiknya saya kasih susu pasteurisasi atau susu UHT?

Saya ikut komentar menanyakan perihal susu pasteurisasi vs. UHT ini di thread itu. Seperti biasa, admin ga bakal jawab langsung, pasti bakal nanya soal ASI si ibu sendiri. Katanya, jika produksi ASI berkurang, dievaluasi dulu penyebabnya. Saya sampai ceritain lagi kondisi saya saat itu, tapi setelah itu ga dibalas lagi, haha.

Baca: Perjalanan ASI Akas (6): Diskusi Relaktasi Saya di Grup Facebook AIMI

Besoknya saya lihat thread lain di grup AIMI, kalimat admin ini menarik perhatian saya:

Caranya sementara untuk meningkatkan produksi asi selama di kantor bisa ibu perah sejam sekali 5-10 menit pun tidak apa2 tidak usah melihat hasil perahannya.

Advertisement

Lalu saya nimbrung nanya-nanya soal memompa ASI. Setelah beberapa kali berbalas komentar, adminnya sepertinya ingat cerita kondisi saya yang saya tulis kemarin. Akhirnya keluar pertanyaan begini:

Oiya, apa yg menjadi kendala ibu sehingga relaktasinya belum berhasil? Apa yg membuat ibu masih tidak pede memberikan ASI saja padahal formula yg diberikan paling cuma 60 mL kan?

Bu admin sebenarnya salah ingat angka. Saat itu saya cerita sufornya 90 mL. Tapi saya tertohok sekali dengan pertanyaan itu. Kenapa masih ga pede? Kenapa? Malamnya saya coba kasih Akas sufor cuma 60 mL, dan rupanya ketakutan saya tidak terbukti. Tidur malam Akas tetap seperti biasa.

Kumpulkan ASIP Sedikit Demi Sedikit, Bye Bye Sufor!

Setelah 3 hari mencoba porsi sufor 60 mL sebelum tidur dan tidak ada perubahan dengan tidur Akas, saya yakin bahwa sudah saatnya Akas berhenti minum sufor. Sebagai gantinya, saya mesti menyediakan ASIP 60 mL/hari. Saya yakin bisa mendapatkan ASIP segitu.

Saya terinspirasi kata-kata “perah sejam sekali 5-10 menit” di atas, tapi karena perah tiap jam itu tidak memungkinkan buat saya, saya pilih waktu yang lebih feasible, yakni saat Akas makan. Akas makan 5x sehari, saat makan dia selalu duduk di kursi makannya dengan tenang. Saya pompa kedua payudara masing-masing 5-10 menit.

Dapat berapa tiap kali pumping? Rata-rata 10 mL aja. Sedikit ya. Tapiii saya udah ga sedih lagi lihat hasil cuma segitu, malah bersyukur. Toh target saya cuma 60 mL kan. Tiap Akas makan dapat 10 mL, 5x makan udah dapat 50 mL. Saya tambah pumping tengah malam, cuma butuh 10 mL lagi biar pas. Hasil pumping seharian ini saya gabung, untuk digunakan sebagai suplementasi keesokan harinya. Terkadang saya kelewat sesi pumping ini karena pergi ke luar, lalu saat pumping di rumah dapat lebih banyak dari biasanya, itu rasanya bahagia sekaliii.

Advertisement

Begitulah rutinitas saya sejak 6 April 2016. Tiap jam makan: nyiapin makanan Akas, nyiapin pompa ASI, pumping, nyuapin, beresin peralatan makan, beresin pompa ASI, simpan ASIP di kulkas. Malam hari: gabungin ASIP, sebelum jam tidur angetin ASIP-nya, nyusuin dengan suplementasi hingga Akas tidur, pumping, cuci-steril botol-pompa-NGT. Repot memang tapi tidak apa-apa. Pada tahap ini saya merasa relaktasi saya sudah berhasil.

Sufor Akas masih sisa 1 kotak (saya tidak pernah beli yang ukuran kaleng), plus 1 kotak yang sudah terpakai sebagian. Sufor tersebut tidak pernah terpakai lagi. Terlupakan, ternyata sudah expired, berakhir di tong sampah.

Suplementasi ini saya teruskan hingga Akas berumur 1 tahun. Kenapa tidak coba saya stop? Alasannya masih sama, khawatir tidur malamnya ga nyenyak. Toh pake ASI saya sendiri juga kan, dan Akas ga ada masalah nyusu dengan suplementasi.

Bye Bye Suplementasi!

Setelah Akas berumur 1 tahun, saya beranikan diri untuk menghentikan suplementasinya. Saya sudah lelah pumping tiap hari, hehe. Rencana saya kalaupun Akas butuh susu tambahan, saya kasih susu UHT aja lah. Kenapa UHT? Karena lebih praktis aja sih dibanding susu pasteurisasi, heuheu.

Pertama coba tanpa suplementasi, rupanya tidak ada masalah juga malamnya. Alhamdulillah. Sejak itu akhirnya saya merasakan lagi menyusui tanpa bantuan alat apapun, seperti ibu-ibu lainnya. Nikmatnya. Hidup juga jadi terasa lebih ringan tanpa pumping 6x sehari, hihi.

Setelah berhenti pumping dan pakai NGT, bukan berarti produksi ASI saya sudah banyak. Saya ga pernah merasakan payudara saya padat. Saya ga tau rasanya let-down reflex (LDR) saat menyusui. Tapi saya udah ga mikirin lagi. Saya tetap berusaha untuk menyusui Akas hingga 2 tahun. Berapapun ASI yang bisa saya berikan ga masalah. Memberikan ASI walau cuma sedikit tetap lebih baik daripada tidak sama sekali.

Banyak sekali hal yang saya pelajari dari pengalaman relaktasi ini. Tapi kalau ditulis semua sekarang sepertinya bakal panjang. Nanti saya pisah aja ke tulisan sendiri membahas serba-serbi relaktasi.

Kalau ditanya tips/saran agar relaktasi berhasil, saya bakal selalu mengulang kalimat ini: semangat, yakin bahwa bisa berhasil, jangan pernah menyerah.

Kalau mengingat perjalanan dari awal Akas lahir hingga umur 1 tahun ini, saya ga nyangka kalau saya bisa selama itu bertahan memperjuangkan ASI. Padahal saya tipenya kalau udah mencoba trus ga berhasil, seringnya ya udahlah nyerah aja. Mungkin karena rasa sayang ke anak memang beda yaa, hehe. Kalau saja saya apply beasiswa LPDP, di esai “Sukses Terbesar dalam Hidupku” saya bakal tulis kisah menyusui Akas hingga berhasil relaktasi ini, hihihi.

Ada yang pernah relaktasi juga? Share yuk pengalamannya. 🙂

Salam,

Reisha Humaira

34 komentar pada “Perjalanan ASI Akas (7): Akhirnya Berhasil Relaktasi, Bye Bye Sufor!

    • 22 Mei 2018 pada 10:29
      Permalink

      Sekilas memang terlihat rumit teh, hehe. Dulu saya juga butuh beberapa hari untuk penyesuaian.

      Balas
    • 24 Juni 2019 pada 15:50
      Permalink

      Mba saya boleh minta nmr kontak mba ga…saya merasakan hal yang demikian…berat badan anak saya ga naik…ini mau cob relaktasi

      Balas
    • 16 September 2019 pada 21:32
      Permalink

      Mba saya lagi rilektasi . Sedih bget anak ngak mau menyusui langsung. Sudah pompa tapi asi kluar cuma 1 tetes. Gmna caranya agar asi deres kembali. Anak saya usia 3bulan . Salam kenal . Trimakasi

      Balas
  • 4 Mei 2018 pada 11:43
    Permalink

    Wah saya baru tau nih ada istilah relaktasi. thank for share teteh

    Balas
    • 22 Mei 2018 pada 10:30
      Permalink

      Sama-sama teh. Memang ga semua ibu-ibu kenal istilah relaktasi, hehe.

      Balas
    • 22 Mei 2018 pada 10:31
      Permalink

      Sama-sama, semoga bermanfaat 🙂

      Balas
  • 5 Mei 2018 pada 00:31
    Permalink

    perjuangan ya teh buat relaktasi, aku sih 1 bulan ni direct next mau coba asip krn aku kerja teh jd mulai biasain pagi sampe sore asip sore sampe pagi direct semoga berhasil

    Balas
    • 22 Mei 2018 pada 10:32
      Permalink

      setiap perjalanan menyusui ada perjuangannya ya teh, bentuknya aja yang beda-beda. semangat working mom, moga lancar terus ASI-nya 🙂

      Balas
  • 5 Mei 2018 pada 06:48
    Permalink

    Alhamdulillah ya mbak bisa full lepas sufor di usia sebelum 1 tahun. Alhamdulillah saya dulu juga sempat beberapa hari setelah SC sufor tapi sedikit2 dikurangi dan akhirnya full memberi ASI pada bayi. Senang rasanya. Baru tau juga ada istilah relaktasi. Semoga ASI yang diberikan untuk anak kita bisa bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatannya di masa mendatang ya. Salam kenal ya mba reisha

    Balas
    • 22 Mei 2018 pada 10:33
      Permalink

      Aamiin. Salam kenal juga mba. Betul, senang banget ya ketika akhirnya anak bisa full ASI lagi 🙂

      Balas
  • 7 Mei 2018 pada 08:30
    Permalink

    Wah ilmu baru nih soal relaktasi. Makasih udah sharing soal ini ya, Reisha, Salam sayang buat Baby Akas 🙂

    Balas
    • 22 Mei 2018 pada 10:34
      Permalink

      Sama-sama teh efi, terima kasih sudah berkunjung 🙂

      Balas
  • 2 November 2018 pada 07:28
    Permalink

    Nangis bacanya .. segitu gigihnya perjuangan mbak mengASIhi anak..

    Maasya Allah tabarakallah

    Balas
    • 2 November 2018 pada 08:27
      Permalink

      🙂 terima kasih mbak 🙂

      Balas
  • 17 Januari 2019 pada 09:25
    Permalink

    mb Reisha , boleh saya tau kontak mb Reisha? wa atau messanger mb , saya butuh bantuan utk relaktasi mb,, tolong kirimkan ke email saya y mb, , email saya sarinoviasari@gmail.com

    Balas
  • 21 Januari 2019 pada 19:58
    Permalink

    Terima kasih share nya mba..
    Saya mau atau sedang relaktasi bayi saya usia 1 bulan. Dia full ASI selama 16 hari sampai akhirnya BB nya turun dr 3,2 menjadi 2,5 kg dan demam sampai 38,9. Setelah di review sama dsa nya ternyata ASI nya g cukup. Dia dehidrasi. Akhirnya disuruh tambah sufor. Demamnya langsung turun. Dengan tambahan sufor hari ke 32 BB nya sudah bisa 4 kg. Pengen bisa full ASI lagi. Padahal ini anak ke 3. Kedua kakaknya ASI saya tidak ada masalah dan full ASI.

    Balas
  • 12 Februari 2019 pada 07:07
    Permalink

    Senang ketemu dan baca kisah ini. Thanks sharingnya mba. Salam kenal. Saya br akan mulai relaktasi tp maju-mundur terus krn mikir pasti ribet nih masang selang masukin selang ke mulut bayi. Pdhl medela sns sudah ada di tangan. Ada tips kah mba buat memudahkan masang selang? Sy pernah nyoba dan itu selalu akhirnya asip/formulanya tumpah2an kemanamana. Oiya bayiku 1m2w dan bingput krn dot. Huhu.

    Balas
    • 15 Februari 2019 pada 12:44
      Permalink

      Mbak.. aku punya permasalahan yg sama mbak… Mana aku suka bingung belum nemu waktu yg pas kapan anak ku lapar. Dan dia mau asi nya posisi tidur. Pakai selang itu luber kemana2 .Aku gak kebayang mbak nya bisa bertahan sampai sebegitu lama

      Balas
  • 14 Februari 2019 pada 16:34
    Permalink

    Kalo si anak udah berasa musuhan banget sama puting gimana cara CLBKnya yaaa teh?? Galauuu sayah… Baby 6m,, ga mau nyusu pas sebulan yg lalu krn sy sakit..

    Balas
  • 12 Agustus 2019 pada 13:33
    Permalink

    Selamat siang mbak.. saya sudah stop menyusui sewaktu usia anak saya 8 bulan, dan skrg usia anak saya 13 bulan.. tapi asi masi keluar ketika saya pencet. Saya jadi berkeinginan untuk menyusui lgi.. apakah masi bisa saya relaktasi ya mbak, setelah stop asi hampir 5 bulan?
    Terimakasih sebelumnya

    Balas
    • 12 Agustus 2019 pada 14:45
      Permalink

      Halo mbak. Kalau ditanya bisa atau ga, jawabannya bisa. Saya pernah baca ada yang relaktasi saat bayinya usia 13 bulan dan berhasil. Cuma mungkin effort-nya lebih gede ya dibanding saat bayinya lebih kecil.

      Tapi untuk anak di atas 1 tahun sebenarnya asupan utamanya bukan ASI lagi. ASI hanya memenuhi 30% asupannya, sisanya dari makanannya. Kalau mbak masih mau relaktasi gpp, tapi dimaksimalkan juga makannya ya mbak 🙂

      Balas
      • 10 November 2019 pada 01:25
        Permalink

        Mbak, berat badannya saat itu ga sesuai KMS? Sy juga sedang relaktasi..tapi berat badan anak saya jg belum masuk di kurva normal. Sufornya juga saya kurangi bertahap..

        Oy, mbak NGTx pake yg merk medela sns atau pakai spuit dan selang NGT?
        Kalau dengan selang NGT, berapa lama kita harus ganti selang dan spuitnya?

        Balas
        • 10 November 2019 pada 07:01
          Permalink

          Halo mbak. Berat anak saya waktu itu masih dalam pita hijau di KMS. Hanya saja di usia 4-6 bulan BB-nya tidak naik.

          Saya dulu pakai selang NGT. Dulu saya ganti tiap 2-3 hari. Setelah dipakai, bagian dalam NGT dibersihkan dengan cara menyemprotkan air hangat pakai spuit, lalu direndam lagi dengan air hangat.

          Balas
          • 15 November 2019 pada 18:18
            Permalink

            Iya..terima kasih mbak..saya masih relaktasi sudah 2-3 minggu..tapi dalam masa ini berat badannya belum naik signifikan..dan masih di pita kuning..
            Hari ini tepat dia 2 bulan berat badanx blm normal..
            Baiknya pengurangan sufor tiap pekan/tiap bulan mbak?. Sy kurangi per minggu si ini..
            Cuma saya masih kepikiran mgk karena asi sy masih blm terproduksi banyak dan sufornya makin sedikit makax BBx belum naik. Mungkin kebutuhanx si dedek nambah juga.

            Utk sufornya saat itu berapa kali sehari ngasinya dan tiap kali volumex berapa?…

            Maaf y mb, banyak nanya soalnya pengalaman mbak jadi motibasi buat sy karena kasus qt hampir sama…

            Asi sy jg blm cukup, kalo dipumping cuma dapat 10-20 ml. Kecuali kalo pumpingx subuh2 bs dapat 30-40 ml…

            Makasi tanggapannya y mbak..

          • 16 November 2019 pada 15:34
            Permalink

            Halo mbak. Saya udah lupa persisnya berapa kali kasih sufornya dan pengurangannya gimana. Yang saya ingat sekali ngasih itu maksimal 120 mL.

            Dulu setelah BB anak saya ga naik selama 2 bulan berturut-turut, akhirnya saya memutuskan untuk tidak mengurangi jumlah sufornya dulu. Saya fokus ke kejar BB-nya dulu aja, soalnya yang saya rasakan, masalah BB ini justru bikin saya ga tenang dan galau terus selama proses relaktasi. Padahal selama relaktasi mestinya pikiran tenang dan lebih rileks. Setelah BB-nya naik, barulah saya kurangi lagi.

            Untuk kondisi mba, mungkin bisa mba konsultasikan ke dokter sebaiknya gimana, hehe.

          • 25 Desember 2019 pada 17:02
            Permalink

            Maaf mbk untuk relaktasi apa ada alat y ..kok itu saya baca kolom komentar y ada selang NGT itu apa ya ..

  • 27 Mei 2020 pada 12:05
    Permalink

    Makasih banyak sharingnya mba. Aku pikir masalah PD ga pernah padat dan ga pernah ngerasa LDR itu hnya aku saja. Ternyata aku salah. Salam hormat utk sesama pejuang asi, untuk ibu hebat. Terimakasih banyak sudah mengobarkan lagi semangat relaktasi lagi. Bismillaah doakan saya bisa menyusul mba

    Balas
  • 4 Juni 2020 pada 22:41
    Permalink

    Aq jg mersakan hal yg sma by sya bingung puting krena dri rs panas jdi sya kasih dot trus .. Kmarin coba sya pipet smpek gumoh .
    Sempat menyerah tapi coba brusaha dn trus skin to skin

    Balas
  • 5 Oktober 2020 pada 15:24
    Permalink

    Sambil stimulus sambil baca artikel ini sungguh menyemangati saya yg punya kasus sama. Makasih banyak inspirasinya mbak reisha. Semua langkah mbak Reisha akhirnya saya tiru nih. Pelajaran berharga bangettt!!

    Balas
  • 13 Oktober 2021 pada 07:58
    Permalink

    Mbak, saya boleh minta kontak wa nya mbak? Saya lagi berjuang ngasik asi ekslusif full, anak saya 4 hari lagi masuk 2 bulan. Tolong kirim kontaknya ya mbak. Ini email saya, black.cassie21@gmail.com.
    Terima kasih sebelumnya.

    Balas
  • 13 Desember 2022 pada 03:40
    Permalink

    Terharuuu….
    Netes baca nya, karena pernah mengalami juga

    Semangat pejuang Asi

    Balas

Leave your comment