Tren dan Model Baru Baju Kebaya

Hai hai, baru ngeh ternyata belakangan saya posting topik yang serius melulu. Rehat sejenak ah bahas hal lain, hehe.

Baru beberapa bulan ini saya coba-coba pakai Pinterest, ternyata seru juga ya untuk cari-cari gambar. Beda nuansa sih dengan Instagram. Dan karena saya ga banyak follow orang lain, biasanya saya browsing Pinterest mengandalkan sistem rekomendasi mereka aja. Biasanya sih apa yang sering kita buka belakangan, berikutnya pas buka Pinterest lagi yang muncul masih berkaitan dengan topik itu.

Saya masih suka lihat foto-foto pernikahan, toh di blog ini juga banyak tulisan di kategori wedding kan, hehe. Kenapa? Pernikahan itu auranya beda, selalu bahagia, hehe. Dan kebetulan juga tahun ini di keluarga besar saya banyak yang menikah.

Merantau bikin nikahan yang saya hadiri ga melulu menggunakan adat Minangkabau. Dan karena saya merantaunya di Pulau Jawa, saya lebih sering lihat yang nikahan pakai kebaya. Ga cuma di nikahan dink, di wisudaan, acara resmi, dll. banyak yang pakai kebaya.

Kadang untuk cari model baju seragam untuk nikahan, saya cuka cari referensi model kebaya di Pinterest. Kalau udah browsing kebaya, pas buka lagi pasti keluarnya seputar kebaya lagi. Dan setelah diamati, model kebaya zaman sekarang itu sangat bervariasi ya.

Yaa seperti halnya teknologi, dunia mode juga berkembang dengan pesat. Model baju terbaru terus menerus hadir setiap saat. Kini, model baju terbaru bukan hanya berpusat di baju-baju modern melainkan juga baju khas daerah, termasuk kebaya.

Dulunya kebaya mungkin diidentikkan dengan hal-hal kuno yang ketinggalan jaman, dan modelnya gitu-gitu aja. Tapi kini kebaya justru menjadi ikon dari perpaduan budaya dengan modernitas. Model kebaya makin berkembang, dipadukan dan dikombinasikan dengan berbagai unsur modern sehingga menciptakan perpaduan yang menawan. Thanks to the fashion designers, mereka bisa membawa generasi masa kini untuk mau mengenakan identitas budayanya tanpa khawatir terlihat kuno alias tidak modern.

Kini, ada banyak sekali desainer yang merancang kebaya modern stylish dan bersifat ready to wear. Ada sejumlah model kebaya terbaru yang beda dari biasa dan sepertinya tengah nge-hits di Indonesia.

Model baju kebaya terbaru

1. Kebaya Beludru

Jika biasanya bahan beludru hanya digunakan untuk kebaya-kebaya yang digunakan di acara khusus seperti pernikahan atau acara adat, kini kebaya beludru berkembang menjadi outfit yang bisa dipakai di berbagai acara baik formal maupun kasual. Seperti yang dilakukan oleh Ghea Panggabean, salah satu desainer kondang Indonesia yang mengombinasikan kebaya beludru nan mewah dengan celana yang terkesan kasual, memadukan unsur tradisional dan modern yang menyatu dengan pas. Kebaya beludru yang chic ini tak kalah dengan busana-busana ready to wear produksi rumah mode ternama, lho!

2. Kebaya One Shoulder

Memadukan unsur modern dan tradisional juga dilakukan oleh sang desainer yang merupakan maestro kebaya kenamaan, Anne Avantie. Ia merancang sebuah kebaya berbahan brukat dengan model one shoulder yang menampilkan bahu mulus sehingga menambah kesan eksotis. Model kebaya yang diciptakan oleh Anne Avantie ini sangat cocok bagi yang ingin terlihat glamor dan mewah tanpa meninggalkan identitas budaya.

3. Kebaya Obi

Desainer Era Soekamto juga turut memeriahkan tren kebaya modern dengan memadukan unsur menarik yang lebih detail dibanding desainer lainnya. Ia memilih obi (sejenis sabuk) untuk dipadukan dengan kebaya modern yang sederhana. Sentuhan obi ini dapat memberikan kesan berbeda. Kebaya jadi lebih meriah tanpa kehilangan nuansa elegannya.

4. Kebaya Tanpa Lengan (Sleeveless)

Bagi yang ingin mengenakan kebaya untuk kegiatan keseharian, barangkali kebaya rancangan Toton Januar ini bisa menjadi referensi. Ia melakukan modifikasi dengan menghilangkan bagian lengan pada kebaya dan menggantinya dengan aksen ruffle yang cantik.

5. Kebaya Tabrak Warna

Jika dulunya kebaya hanya berkisar pada warna-warna netral dan natural, maka di era modern ini tak perlu takut untuk memadukan kebaya dalam warna-warna yang cerah bahkan melakukan tabrak warna seperti yang dilakukan oleh desainer Obin. Paduan warna kuning dan hijau yang mencolok ternyata menimbulkan kesan segar nan ceria yang dinamis. Cocok untuk generasi masa kini yang aktif dan kreatif serta produktif.

Itu dia beberapa tren kebaya sebagai model baju terbaru yang tengah hits di kalangan pecinta fashion. Tren ini merupakan sesuatu yang positif karena memunculkan inovasi baru tanpa menghilangkan identitas budaya berupa kebaya. Dengan adanya tren kebaya modern terbaru ini, kita bisa mengenakan kebaya tak hanya di acara khusus saja melainkan juga di acara sehari-hari karena modelnya yang beragam dan catchy. Jadi bagaimana denganmu, maukah mengenakan kebaya modern untuk kegiatan keseharianmu?

Salam,

signature

Leave your comment