Percuma Gaji Besar Kalau Tagihan BPJS Kesehatan Selalu Kelewatan

Budgeting adalah hal penting buat kamu yang sudah memegang sendiri kendali keuangan. Buat yang belum berkeluarga, memikirkan pengeluaran agar tidak lebih besar dari pendapatan kadang diabaikan karena masih ingin bersenang-senang.

Kartu BPJS Kesehatan (Sumber: nakita.grid.id)

Sayangnya, meski sudah berkeluarga pun mengatur anggaran keuangan juga tidak dianggap penting karena gaji cenderung besar. Selama masih bisa makan dan jalan-jalan mungkin dalam pikiran, tapi untuk apa gaji besar kalau tagihan seperti BPJS Kesehatan selalu kelewatan dibayar setiap bulan? Padahal pembayarannya juga sangat mudah, hanya beberapa klik di situs ini. Coba cek lagi pengeluaran penting apa yang rutin dilakukan.

Dahulukan Uang Makan dan Uang Minum

Atur budget untuk makan dan minum (Sumber: hipwee.com)

Kalau dulu ada jargon dahulukan kebutuhan pangan, kebutuhan sandang, lalu kebutuhan papan, ingatlah kamu juga punya tambahan pengeluaran untuk kebutuhan bersenang-senang. Jadi dahulukan dulu perhitungan uang makan harian di rumah, uang makan siang, juga uang minum-minum sambil nongkrong sama teman. Atur budget jika kamu memilih untuk masak dan membawa bekal sendiri yang tentu jauh lebih murah dibanding membeli. Lanjutkan dengan budget nongkrong setiap minggu sekali, siapkan juga dana darurat makan dan minum untuk acara tidak terduga.

Baca juga : Saat Akas Mengalami Kejang Demam

Perhitungkan Uang Membayar Kontrakan Atau Cicilan Rumah

Perhitungkan investasi (Sumber: arrahman.id)

Masih tinggal di orang tua bukan berarti kamu tidak harus memikirkan rumah sendiri. Mulailah mencari sarang baru di luar lingkaran keluargamu untuk belajar mandiri. Setidaknya jika tinggal di kontrakan bukan pilihan, punya cicilan rumah sendiri bisa jadi investasi yang dapat dikembangkan untuk melakukan investasi selanjutnya. Jangan sampai gaji banyak tapi tidak bisa investasi ya.

Jangan Lupa Uang Transportasi dan Komunikasi

Perhitungkan juga uang transportasi dan komunikasi (Sumber: aktual.com)

Tidak harus memiliki kendaraan sendiri kok, generasi sekarang bisa bergerak dengan transportasi umum yang disediakan pemerintah. Busway dan commuter line sedang jam penuh, tinggal pesan transportasi online. Nah kontranya, kamu harus menyediakan anggaran komunikasi untuk mendukung transportasi. Hitung dan bandingkan operator penyedia kuota internet yang paling pas dengan anggaran sehingga kamu tetap bisa terhubung secara online.

Bayar Tagihan BPJS Jangan Sampai Kelewatan!

Satu hal yang pasti, jangan bermain-main dengan kualitas kesehatanmu. Kamu harus pintar memilih fasilitas kesehatan dari pemerintah, asal jangan telat membayar tagihan. Layanan yang diberikan pemerintah ini tarifnya jauh lebih terjangkau dibandingkan asuransi kesehatan, dengan jaminan kita akan mendapat layanan kesehatan yang terjangkau dan lebih cepat.

Sama seperti asuransi kesehatan, setiap nasabah yang terdaftar BPJS Kesehatan wajib membayar tagihan tiap bulan. Pemerintah juga sudah menyediakan cara yang praktis mulai dari pengecekan tagihan hingga pembayaran BPJS Kesehatan biar nggak terlambat dibayar dan diberi sanksi dibekukan saat ingin mendapat layanan kesehatan.

Besaran premi bulanan BPJS Kesehatan berkisar Rp25.500 – Rp80.000 tergantung kelas yang kamu ambil tanpa batasan usia. Untuk pengecekan tagihannya kamu bisa melihatnya lewat bpjs-kesehatan.go.id atau SMS Gateway di nomor 0877 5500 400. Setelah itu, pastikan setiap menerima gaji bulanan kamu segera membayar iuran BPJS Kesehatan di loket pembayaran di Kantor BPJS setempat, lewat ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri juga bisa. Kantor POS, dan beberapa minimarket juga dapat menjadi alternatif kalau kamu tidak memiliki rekening di bank tersebut.

Jangan lupa untuk pengguna Traveloka juga bisa membayar tagihan BPJS Kesehatan dengan biaya administrasi yang sangat murah. Cukup kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App versi terbaru, lalu pilih menu “Bayar Tagihan” dan klik “BPJS Kesehatan”. Dari situ kamu akan diarahkan untuk mengisi data yang diminta lalu lanjutkan menyelesaikan pembayarannya langsung lewat situs ini. Jadi, setiap menerima gaji bulanan, jangan cuma tiket pesawat dan hotel untuk liburan saja yang kamu pesan, tagihan BPJS Kesehatan juga bisa langsung dibayarkan!

Salam,

signature

Satu tanggapan untuk “Percuma Gaji Besar Kalau Tagihan BPJS Kesehatan Selalu Kelewatan

Leave your comment