Water Fun: Main Air di Arau Mini Waterpark, Padang

Kamis, 8 Februari 2018

Dulu seorang teman yang sedang liburan ke Padang posting foto di Instagram story-nya, lagi main di sebuah waterpark di Padang. Lalu saya tanya itu di mana, katanya di Arau Mini Waterpark di kawasan kota tua Padang. Ya ampun, saya ga tahu sama sekali kalau ada waterpark di sana, padahal saya pemegang KTP Padang, haha.

Saya coba browsing tapi ga banyak informasi yang saya temukan tentang waterpark ini, cuma beberapa video Youtube. Saya tanya suami yang dulu lebih lama tinggal di Padang, dia juga ga tahu. Nanya temen, malah ditanya balik, “Harau? Di Payakumbuh?”. Nama (Lembah) Harau memang lebih terkenal dibanding Arau, hehe.

Baca juga: Wisata Sumbar: Lembah Harau yang Memukau

Mudik awal tahun lalu saya juga berencana mau bawa Akas main ke Arau Mini Waterpark ini. Sekalian emaknya mau main juga, haha. Puas-puasin deh main air mumpung biayanya juga lebih murah dibanding di Bandung. Tiketnya Rp36.000/orang kalo ga salah. Tadinya kami pengen pagi-pagi ke sana, tapi pagi hari masih mager banget, masih terasa cape setelah perjalanan ke Pesisir Selatan sehari sebelumnya.

Baca juga: Wisata Sumbar: Jalan-Jalan Sekalian Pulang Kampung ke Pesisir Selatan

Siang hari baru berangkat, rupanya Padang panas terik gila di tengah hari itu. Ga mungkin deh maksain main di sana di bawah terik matahari, khawatir malah demam dan gosong banget kulitnya. Alhasil kami melipir cari makan siang aja lalu balik lagi ke rumah untuk istirahat. Ke waterpark-nya tunggu sore hari aja. Sore pun tiba, saatnya main, horeee.

Sampai di sana, tempatnya terasa sepi sekali. Di tempat parkir cuma ada 1-2 mobil yang parkir. Karena bukan hari libur kali yaa. Di dekat pintu masuk ada kolam kecil dan dekorasi bertuliskan nama Arau Mini Waterpark.

Arau Mini Waterpark
Anaknya ga mau disuruh foto di situ

Kami pun masuk, ruangannya lebih terlihat seperti toko yang menjual perlengkapan berenang, hehe. Di sana kami membeli tiket lalu diarahkan masuk lewat pintu kecil menuju area waterpark-nya.

Waterpark-nya ternyata cukup luas. Seketika pandangan bakal tertuju ke kapal bajak laut yang berada di tengah kolam.

Arau Mini Waterpark
Ini kapalnya

Kami segera berganti pakaian di toilet dan meletakkan barang-barang di dalam loker.

Arau Mini Waterpark
Lokernya bagus juga ternyata

Di Arau Mini Waterpark ini ternyata ada 3 kolam. Ada kolam kecil untuk anak-anak yang mau berenang, lalu ada kolam dangkal yang berisi beberapa wahana permainan, serta kolam dalam untuk orang dewasa berenang.

Arau Mini Waterpark
Kolam dangkalnya yang di pojok itu
Arau Mini Waterpark
Ini waterpark-nya
Arau Mini Waterpark
Ini kolam dewasanya, sepi banget berasa kolam pribadi, haha

Di kolam dewasa, pengunjung wajib menggunakan pakaian renang untuk berenang. Sementara di bagian waterpark masih diperbolehkan menggunakan pakaian yang bukan pakaian renang, seperti kaos.

Arau Mini Waterpark
Begitulah peraturannya

Kami mengajak Akas main di waterpark, lagi-lagi dia masih menolak gara-gara ada ember tumpahnya. Fyuuuh. Dan gara-gara ember tumpah itu lokasinya di atas kapal, dia ga mau deket-deket dengan kapalnya. Padahal di kapal itu ada beberapa perosotan untuk anak.

Arau Mini Waterpark
Suara air tumpah masih ngagetin buat Akas

Saya dan suami bergantian mencoba main di perosotan yang gede. Ada tiga macam perosotan gede yang bisa dipakai oleh orang dewasa juga. Dua perosotan yang berputar-putar itu terlihat landai, dan pas saya coba, saya ga bisa meluncur dengan baik, malah tersendat-sendat. Lah maunya meluncur kok malah mesti ngesot perlahan, cape deh. Dugaan saya karena terlalu landai, atau karena bahan pakaian renang yang saya pakai? Berikutnya gantian suami yang coba, hasilnya sama aja, susah banget meluncurnya. Lah ga guna dong perosotannya?

Arau Mini Waterpark
Perosotan gede yang bisa dimainin siapa saja

Kami lalu melipir ke kolam renang. Suami berenang, sementara saya cuma berendam sambil main-main air, maklumlah masih belum bisa berenang. Di sini Akas lebih mudah diajak masuk kolam. Tampaknya dia memang lebih nyaman di kolam yang tenang dibanding yang heboh seperti waterpark.

Puas berenang, kami kembali ke waterpark. Pengunjung bertambah, kebanyakan anak-anak muda yang mau foto-foto di waterpark, ckckck. Lalu kami mengamati mereka main, dan ada yang pegang-pegang busa. Dari tadi memang kami perhatikan ada beberapa busa tipis yang mengapung di kolam, dan cuma mikir kok ga diberesin sih?

Arau Mini Waterpark
Ngapung gini di kolam, kirain sampah

Melihat orang lain kami jadi mikir, apa jangan-jangan main perosotannya pake busa itu ya? Penasaran, akhirnya dicoba. And you know what? Duduk di perosotan beralaskan busa tipis itu, kita bisa meluncur dengan kencang. OMG!! Dari tadi kami ngesot geje dan menyalahkan perosotannya yang terlalu landai, tapi rupanya masalahnya ada di gaya gesekannya yang besar. Pakai busa itu lebih licin sehingga meluncur ga terhalang gesekan. Aneh banget pakainya busa tipis yang ga jelas gitu, dan petugas di atas dekat tempat naik perosotan ga ada yang bilang, wkwk.

Bermodalkan busa itu akhirnya kami lebih enjoy main di perosotan. Gantian deh sama suami beberapa kali nyoba, haha. Kenapa oh kenapa ga dari tadiiii.

Saya dan suami udah puas main, Akas ya gitu-gitu aja, cuma mau main di kolam dangkal, heuu. Kami sudah sounding ke dia bahwa suara air tumpah itu ga perlu ditakuti, cuma air kok itu. Dia akhirnya ga takut lagi sih lihat air tumpahnya tapi masih belum mau dekat-dekat situ.

Setelah puas bermain, kami segera berganti pakaian dan siap-siap pulang.

Berikut beberapa catatan saya dari pengalaman ke Arau Mini Waterpark ini.

  • Overall buat kami main di Arau Mini Waterpark ini memuaskan. Bukan waterpark gede memang, tapi ga kecil juga. Tiket masuknya pun murah dan udah sepadan lah ya. Kolam renangnya juga OK untuk berenang.
  • Main di sana enakan pagi atau sore. Siang hari panas banget.
  • Saya ga tahu tempatnya seramai apa di hari libur, tapi dalam bayangan saya kalaupun ramai sih masih dalam batas wajar.
  • Kalau mau berenang juga di sana, jangan lupa bawa baju renang ya. Aturan harus pakai baju renang di kolam renang dewasa itu strict. Waktu itu kami melihat ada yang mau berenang hanya saja dia pakai kaos. Ada petugas yang jaga di pinggir kolam renang dan melarang orang itu berenang di sana kalau ga punya pakaian renang. Orangnya mencoba menego tapi tetap ga diizinkan.
  • Kalau cuma mau main di waterpark memang ga harus pakai baju renang, tapi saran saya mending tetap pakai baju renang sih.

Sekian pengalaman kami ke Arau Mini Waterpark. Lain kali di Padang pengen coba waterpark di Christine Hakim Idea Park (CHIP) deh. Ada yang udah pernah ke sana?

Salam,

signature

Leave your comment