Wisata Sumbar: Akhirnya Singgah di Lembah Anai

Minggu, 29 April 2018

Dalam perjalanan dari Padang ke Bukittinggi, kita akan menemukan air terjun di sisi kiri jalan, bernama Lembah Anai. Walau sejak kecil saya sering melihat air terjun ini, baru setelah punya anak saya benar-benar sengaja mampir ke sana. Selama ini saya cuma melihat Lembah Anai dari kendaraan yang sedang saya naiki.

Sebenarnya spot menarik di Lembah Anai itu menurut saya hanya air terjunnya. Sisanya cuma toko-toko yang menjual oleh-oleh. Hanya saja Lembah Anai ini seperti punya daya tarik tersendiri.

Kenapa coba namanya air mancur?

Selama ini sepengetahuan saya air terjun Lembah Anai ini ga pernah kering, malah pernah melimpah ruah hingga banjir ke jalan raya saat ada hujan besar. Karena itu di kepala saya tertanam pikiran bahwa sebuah air terjun ga akan pernah kering. Makanya saat pertama kali ke Lembah Harau saya cukup heran saat menemukan air terjun di sana hampir kering, hehe.

Baca juga: Wisata Sumbar: Lembah Harau yang Memukau

Sebenarnya saya pernah mampir ke Lembah Anai sebentar saat mudik Lebaran tahun 2014. Hanya saja saat itu kami cuma berhenti sebentar, saya foto air terjunnya, trus melanjutkan perjalanan. Tapi yaa ga berkesan aja gitu, hehe.

Baca juga: Idul Fitri 1435 H (2014) di Padang-Baso

Berbeda dengan kunjungan waktu itu. Kami benar-benar mampir, masuk ke area air terjun, dan melihat Lembah Anai dari dekat. Gemuruh air terjunnya terdengar kuat, dan airnya dingin sekali, brrrr.

Berjalan ke arah air terjun Lembah Anai

Dulu saya pernah lihat ada foto orang-orang yang nyebur ke Lembah Anai. Waktu itu sih ga ada, mungkin karena lagi dingin banget. Atau mungkin ga boleh lagi. Entahlah, saya ga tahu, hehe.

Lembah Anai dari dekat
Banyak batu-batu juga
Akas dan tantenya

Puas foto-foto, kami pun kembali ke mobil. Akas bilang mau pipis, weleh. Ada toilet umum kok di sana. Saya sudah siap mental bakal menemukan toilet yang kotor dan bau. Tapi yang saya temukan justru toilet yang bersih dan air yang bening banget, wow. Tapi airnya dingin banget, hehe. Bahkan di got dekat toilet juga mengalir air yang bersih. Sungguh di luar perkiraan.

Dekat banget dengan jalan raya

Kami segera kembali ke mobil dan melanjutkan perjalanan ke kampung halaman. Setelah puluhan tahun, alhamdulillah akhirnya merasakan juga melihat Lembah Anai dari dekat, hihi.

Salam,

signature

Leave your comment