Playground: d’Fun Station, Arena Edutainment Anak Terbesar di Bandung

Sabtu, 12 Mei 2018

Saya mungkin ga akan tahu bahwa di Bandung ada tempat main gede seperti ini kalau saja saya ga menang lomba blog #eh. Ceritanya, setelah pengumuman pemenang Lomba Menulis Seputar Diare, saya dihubungi panitia dan diminta untuk datang ke kantornya untuk seremoni pengambilan hadiah.

Baca juga: Saat Akas Pertama Kali Diare

Kantornya ini berlokasi di Cibaduyut, wah jauh juga dari rumah. Karena jauh, rasanya sayang ya kalau ke sana cuma buat ambil hadiah lalu pulang. Bisa ke mana lagi ya? Biar sekalian gitu.

Saya cuma tahu Cibaduyut sebagai sentra pengrajin sepatu, tapi saya ga ada rencana beli sepatu. Nanya di grup, ada yang nyebut d’Fun Station. Awalnya saya skeptis, saya kira itu playground di mall, soalnya dulu di sebuah mall di Balikpapan ada playground bernama d’Fun Station, jadi saya kira sama aja. Kalo kayak gitu mah di mall mana aja bisa ya. Tapi ga ada yang menyebutkan opsi lain, akhirnya saya googling deh.

Ternyata d’Fun Station yang dimaksud sungguh berbeda dari bayangan saya. Dan ada yang bilang bahwa d’Fun Station itu tempat bermain dan wisata edukasi anak terbesar di Bandung, dengan luas 7000 m2. Wow. Fix deh ke sana aja setelah ambil hadiah, hehe.

d’Fun Station ternyata berada di sebuah komplek, tepatnya Perumahan Singgasana Pradana, Mekarwangi. Kami tiba di sana sekitar jam 10, dan tempatnya masih sepi sekali. Tidak hanya indoor playground seperti yang sering ditemukan di mall, di d’Fun Station ini juga ada outdoor playground. Yuk mari kita lihat satu per satu ada apa aja di sana.

d'Fun Station Bandung
Foto dulu mumpung masih sepi

Outdoor Area

Begitu memasuki d’Fun Station, kita akan langsung ketemu outdoor playground-nya. Outdoor playground-nya luas dan terbagi ke dalam beberapa area.

Spider Bridge

Spider bridge merupakan area permainan yang dapat mengasah motorik kasar anak. Di sini terdapat beberapa permainan untuk memanjat, jembatan gantung, jaring-jaring, tangga, menara, dll. Permainan di sini lumayan tingggi, sekitar 2-3 lantai, jadi anak wajib didampingi.

d'Fun Station Bandung
Ini dia, sangat menantang

Yaa walaupun anak udah gede dan berani, menurut saya sih serem juga kalau anak dilepas main sendirian di sana. Mending didampingi, sekalian ortunya uji nyali #eh. Saya pribadi jujur takut juga sampai ke lantai paling atas, wkwk.

d'Fun Station Bandung
Dampingi anak, ga harus dipegangin terus-terusan juga

Water Zone

Sesuai namanya, di area ini ada beberapa permainan dengan air. Yang paling menarik perhatian mungkin replika kapal laut yang disertai beberapa jaring untuk memanjat.

d'Fun Station Bandung
Replika kapal di water zone

Lalu ada kincir air yang cukup besar yang bisa digerakkan dengan kaki sambil bergantung, sayangnya Akas waktu itu masih belum cukup tinggi untuk mencoba.

d'Fun Station Bandung
Mau main kincir air atau running wheel?

Lalu ada perahu dayung yang dikaitkan dengan besi ke tengah kolam sehingga saat menaiki perahu ini kita akan bergerak dengan lintasan memutar. Ada running wheel juga, yang bentuknya seperti mainan tempat lari hamster itu, tapi waktu itu ditutup.

d'Fun Station Bandung
Ahey, padahal saya pas awal naik serem juga karena perahunya goyang-goyang

Toddler Area

Di sini terdapat beberapa permainan yang ditujukan untuk balita, tapi masih bisa digunakan juga oleh anak yang lebih besar. Selain permainan, juga terdapat alat fitness untuk melatih kekuatan tangan dan kaki.

d'Fun Station Bandung
Mainan untuk para balita
d'Fun Station Bandung
Kalau mau fitness bisa juga

Outdoor Fitness

Di sini sebenarnya mirip dengan toddler area, ada alat fitness juga permainan untuk anak. Tapi beda lokasi dan beda alat. Alat-alatnya lebih menantang dibanding yang ada di toddler area.

Alat-alatnya ada dekat flying fox
Dekat sini juga ada alat fitness tapi ga kefoto, hehe

Flying Fox

Mau main flying fox? Di sini ada dua macam flying fox:

  • Long Flying Fox, panjang lintasannya 46 m dengan tinggi 9 m. Lintasannya lurus seperti flying fox kebanyakan.
  • Curve Flying Fox, panjang lintasannya 22 m dengan tinggi 6 m. Lintasannya melengkung seperti huruf S. Baru pertama kali saya lihat flying fox seperti ini.

Kami ga mencoba flying fox karena rasanya Akas masih terlalu kecil untuk itu, dan bayarnya nambah lagi, hehe.

d'Fun Station Bandung
Ini dekat lintasan curve flying fox

Labirin dan Maze

Kami sudah tahu di d’Fun Station ini ada labirin juga, tapi sudah muter beberapa kali kok masih ga kelihatan. Padahal rasanya semua area sudah dijelajahi. Saya nanya petugas, akhirnya ditunjukkan tempat yang dekat sekali dengan saya saat itu. Hoalaaah.

Dari tadi saya kira tanaman itu semacam pagar pembatas area d’Fun Station ini, rupanya itu labirinnya, haha. Saya mencoba naik ke tempat turun long flying fox, barulah kelihatan bentuk labirinnya.

d'Fun Station Bandung
Labirin jika dilihat dari atas

Kami mulai masuk dari labirin yang dibuat dari tanaman itu. Tadinya saya kira bisa jalan santai aja di dalamnya, eh ternyata di tengah-tengah juga disisipkan beberapa permainan atau rintangan yang bisa melatih keseimbangan dan motorik juga. Mantap.

d'Fun Station Bandung
Salah satu permainan di dalam labirin

Labirin tanaman ini berlanjut dengan maze yang dindingnya terbuat dari kayu. Jika sudah berhasil melewati maze ini, kita akan menemukan jembatan dan keluar di area dekat flying fox dan outdoor fitness.

d'Fun Station Bandung
Maze-nya lebih cerah warnanya
d'Fun Station Bandung
Yay berhasil melewati labirin dan maze

Track Sepeda

Di area outdoor ini juga ada track yang berbentuk infinity (∞) mengitari spider bridge dan water zone. Saya melihat beberapa anak main sepeda di jalur ini.

d'Fun Station Bandung
Lintasan sepeda dekat tempat duduk pengunjung

Indoor Area

Setelah puas bermain di area outdoor, kami pun menuju area indoor yang berada di satu gedung bertuliskan Fun Station. Main di area indoor ini dibatasi selama 90 menit. Mungkin biar ga numpuk banget ya kalo rame, tapi kalo ga rame mungkin bisa sepuasnya. Tapi 90 menit pun juga udah cape kok mainnya, hehe.

d'Fun Station Bandung
Mari kita masuk

Indoor Playground

Ke area indoor playground ini kita harus buka sepatu dan pakai kaos kaki. Rak sepatunya sudah tersedia di dekat pintu masuk.

d'Fun Station Bandung
Masuk lewat sini

Fun Station ini katanya punya area bermain indoor yang terbesar di Bandung. Begitu masuk, bener sekali sih, sejauh ini saya belum pernah lihat playground segede itu.

d'Fun Station Bandung
Bisa kelihatan perbandingannya sama orang di pojok kiri bawah ya

Melihat playground segede itu, saya yang hepi duluan, karena artinya saya bisa ikutan main juga, wkwk. Hayo siapa yang merasa bawa anak main itu salah satu modus biar kita ortunya bisa main juga? Hihi. Harap dimaklumi ya, soalnya saya waktu kecil ga pernah main beginian, haha. Kalau playground-nya kecil, tentunya orang dewasa sulit buat ikutan ya, khawatir aja roboh, wkwk. Lain ceritanya kalo playground-nya gedeee.

d'Fun Station Bandung
Tinggi, besar, luas

Di sini ada banyak permainan, mulai dari kolam bola, aneka perosotan, serta berbagai macam jaring dan permainan untuk dipanjat. Karena gede, adventure-nya lebih berasa, karena kalau ambil rute berbeda, keluarnya juga di tempat atau permainan berbeda.

d'Fun Station Bandung
Perosotan dan kolam bola di sisi luar
d'Fun Station Bandung
Di dalam playground juga ada kolam bola lagi

Playground-nya juga tinggi, sekitar 3 lantai. Tapi di sana makin ke atas terasa makin panas, mungkin karena makin dekat dengan atap ruangan. Ditambah dengan sirkulasi udara yang minim, jadi waktu itu terasa kurang nyaman main sampai ke atas banget.

d'Fun Station Bandung
Salah satu rintangan di dalam playground

Namun demikian, main perosotannya aja udah puas banget kok, bahkan untuk orang dewasa. Yang paling berkesan buat saya adalah perosotan yang berwarna hitam. Perosotannya tertutup, alias seperti pipa, tapi berkelok. Di dalam perosotan ini benar-benar gelap gulita, ga ada bayangan cahaya sedikitpun. Pertama kali masuk saya rada kaget, ga nyangka segelap itu. Tapi nagih sih, wkwk.

d'Fun Station Bandung
Perosotan hitam ada di sebelah kiri, yang toska itu juga seru
d'Fun Station Bandung
Akas paling suka perosotan ini

Selain playground, di sini juga terdapat bungy trampoline, flying fox mini, dan climbing frame/monkey bar. Waktu kami di sana, saya ga lihat ada yang main bungy trampoline. Kalau monkey bar ada beberapa anak yang mainin, dan saya lihat satu anak perempuan lincah banget bergelantungan dari satu pipa ke pipa lain, wow. Kuat banget ya tangannya. Meanwhile saya nyoba pindah satu pipa aja sulit, kesulitan ngangkat berat badan sendiri mungkin, wkwk.

d'Fun Station Bandung
Ini bungy trampoline-nya
d'Fun Station Bandung
Hayo siapa yang masih kuat bergelantungan dari ujung ke ujung?

Flying fox mini terasa lebih ramah buat anak-anak atau balita, karena tidak setinggi playground di area outdoor. Sayangnya saat itu Akas ga mau nyoba, heuu.

Cafe Fun Station

Kalau lapar, di dalam area indoor ini juga ada cafe yang menjual beraneka makanan berat dan ringan. Di sini kita juga bisa ambil air mineral gratis, jatah dari pembelian tiket kalo ga salah. Tapi kami ga nyoba makan di sana karena sudah berencana makan di tempat lain.

d'Fun Station Bandung
Ini cafe-nya

Harga Tiket d’Fun Station Bandung

d’Fun Station buka setiap hari dengan jadwal sebagai berikut:

  • Senin-Jumat pukul 09.00-16.00.
  • Sabtu-Minggu pukul 10.00-17.00

Harga tiket masuk ada yang satuan, juga ada yang paket. Untuk tiket satuan alias bayar terpisah untuk beberapa mainan tertentu, saat itu harganya sebagai berikut:

  • Tiket bermain anak: Rp55.000 (sudah termasuk bermain di indoor selama 90 menit dan outdoor sepuasnya)
  • Tiket dewasa/pendamping: Rp10.000
  • Tiket bungy trampoline: Rp20.000
  • Tiket flying fox: Rp15.000
  • Tiket sepeda: Rp12.000
  • Tiket extra hour: Rp15.000

Selain itu juga ada yang namanya tiket cheers, yakni tiket bermain anak ditambah dua pilihan permainan. Harganya Rp75.000. Lebih murah beli tiket ini sih kalau memang mau sekalian main itu. Pilihan paketnya sebagai berikut:

  • Cheers 1: playground 90 menit + bungy trampoline + outdoor flying fox
  • Cheers 2: playground 90 menit + outdoor flying fox + sepeda
  • Cheers 3: playground 90 menit + bungy trampoline + sepeda

Di d’Fun Station ini juga bisa jadi member. Biaya pendaftaran member Rp150.000, berlaku selama 1 tahun, nanti bisa diperpanjang dengan biaya Rp75.000.

Kelebihan jadi member d’Fun Station yakni dapat diskon:

  • Diskon 20% untuk tiket playground, outdoor flying fox, bungy trampoline, dan sepeda.
  • Diskon 15% untuk pendaftaran Starbright.
  • Diskon 10% untuk merayakan acara ulang tahun di d’Fun Station.
  • Tiket gratis bermain di hari ulang tahun.

Menurut saya harga segitu terbilang murah ya karena bisa puas banget main di sana, baik buat anak maupun orang tua atau pendampingnya. Saat itu saya cuma beli tiket bermain anak buat Akas, ditambah saya dan suami, kami cuma keluar biaya Rp75.000. Masih lebih murah dibanding main di playground di mall yang tiketnya lebih mahal tapi mainannya cuma cocok buat anak, hehe. Minusnya lokasinya jauh sih dari rumah saya, jadi mager aja buat main ke sana lagi, haha.

Sekian pengalaman kami main ke d’Fun Station, arena permainan dan edukasi yang terbesar di Bandung. Recommended deh buat bawa anak main ke sana apalagi kalau ortunya pengen main juga, hihi. Trus walau weekend, tempatnya juga ga begitu ramai, jadi bisa puas main tanpa antre. Ada yang udah pernah ke d’Fun Station juga?

Salam,

Reisha Humaira

17 tanggapan untuk “Playground: d’Fun Station, Arena Edutainment Anak Terbesar di Bandung

  • 26 Desember 2018 pada 00:37
    Permalink

    Pas anak diare kepikiran ntar sembuh ajak jalan aja ah… Eh mbak reisha udah nulisin soal d’fun. Haturnuhun, pas banget buat liburan keluarga

    Balas
    • 26 Desember 2018 pada 21:59
      Permalink

      hihi sama-sama ada hubungan dengan diare dan jalan-jalan. 😀

      Balas
  • 26 Desember 2018 pada 17:45
    Permalink

    Halo kak!!!! (otomatis buka ini gegara share di 1m1c)

    omg speechless sama wahananya. terutama yang di bagian indoor. kayaknya saya tau itu asalnya dari mana… soalnya pas saya masih sd saya pernah main wahana yang sama persis susunan arenanya (terutama perosotan hitam dan perosotan yang dinaiki sama Akas) hahah jadi kangen main wahana gituan

    Balas
    • 26 Desember 2018 pada 22:00
      Permalink

      Wow, pas SD? Iya sih wahananya terlihat jadul, kirain karena warnanya yang udah kusam. Tapi kalau memang sama, berarti udah tua banget ya mainannya, wkwk. Tapi masih kokoh sih.

      Balas
    • 8 April 2019 pada 01:55
      Permalink

      BENER MBAAAAK…. Saya tiba tiba jadi kepikiran Zona yang duli ada di Sultan Plaza Cihampelas loooh

      Balas
    • 8 April 2019 pada 02:03
      Permalink

      bener banget mbaaaak! Ini kaya yang dulu di Zona Alfa Sultan Plaza ga siiiiih sumpah susunan serodotannya sama bangeeeeet saya seneng banget sama serodotan item dan serodotan yang dimainin Akas

      Balas
      • 9 April 2019 pada 18:20
        Permalink

        Iyaaaaaaaaa ini yang di sultan plaza tapi bersyukur juga sih ini masih ada soalnya aslinya rada kepikiran ini wahananya di kemanain ya pas mataharinya tutup…

        Balas
  • 31 Desember 2018 pada 03:11
    Permalink

    Mbaaaa, seru banget nih main di sini.
    Tadi kepo juga dengan judul TERbesar, ternyata emang beneran besar dan lengkap banget ya.
    Kapan ya bisa ke Bandung.
    bandung tuh destinasi impian banget, selain Bali.
    Sayangnya pak suami diajak jalan-jalan naik kereta api, ogah.
    Maunya bawa kendaraan sendiri.
    Tapiiii jauh atuh dari Surabaya hiks

    Padahal kukangen berat ama Bandung, dulu pernah ke sana, kalau ga salah tahun 2008 deh
    SUDAH 10 TAHUN LALUUUU hahahahaha

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:19
      Permalink

      Hayu atuh mbaaa jalan-jalan ke Bandung. Wah bare denger ada yang prefer bawa kendaraan sendiri ketimbang kereta, hihi. Padahal bisa naik kereta aja, trus di Bandungnya rental mobil, biar ga kecapean nyetir, hehe.

      Balas
  • 31 Desember 2018 pada 20:22
    Permalink

    Wah seruuu bangeet ini.
    Emang udh saat nya liburan nih bawa anak kesini. Tiket buat pendamping nya juga murmer yaa.. Cucok bgt lah..

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:20
      Permalink

      Udah dieksekusi belum liburannya mba? Hihi.

      Balas
  • 6 Januari 2019 pada 16:40
    Permalink

    Saya aja yang udah dewasa rasanya pingin naik liat spider bridgenya itu Mba, apalagi anak2 ya…..hahhahahahahaha

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:20
      Permalink

      Betul mas, makanya puas main di sana, karena kitanya juga bisa main, ga cuma anak, wkwk.

      Balas
  • 8 Januari 2019 pada 21:44
    Permalink

    noted nih…baru tau ada tempat main keluarga sekece ini. tiket masuknya juga affordable sebanding sama wahananya. lokasinya jauh dari rumah sih, tapi panasaran..

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:21
      Permalink

      bener teh, tiketnya terjangkau dan ortu bisa ikutan main juga. ayo cobain ke sana, hihi.

      Balas
  • 8 Januari 2019 pada 23:10
    Permalink

    waah aku baru tau ada tempat kaya gini di bandung, jadi pengen ajakin keponakan buat main kesini <3

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:21
      Permalink

      Ayo ayo bisa seru-seruan main di sana.

      Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: