Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Punya anak yang suka membaca saya kira adalah impian para ibu-ibu, apalagi di zaman sekarang. Tidak heran buku-buku anak makin banyak peminatnya seiring makin meleknya para orang tua sekarang terhadap literasi.

Membaca merupakan jendela dunia. Semakin sering membaca semakin banyak pengetahuan yang dimiliki. Ada banyak manfaat yang didapat dari membaca. Contohnya; membaca dapat menambah kosakata. Semakin banyak kosakata yang diketahui, kita akan dapat menyampaikan hal melalui tulisan atau ujaran dengan baik. Selain itu, membaca dapat membantu untuk berkonsentrasi.

Tak ketinggalan, membaca sejak dini menstimulasi kecerdasan anak. Untuk itu, penting bagi ibu-ibu untuk membiasakan budaya membaca sejak dini. Gimana sih caranya agar anak senang membaca? Tips berikut semoga dapat membantu ibu-ibu semua yaa.

Be Creative

Untuk anak yang belum dapat membaca, kita dapat memperkenalkan serunya membaca dengan membacakan buku. Saat mengajak anak membaca, kita harus kreatif dan ekspresif dalam menyampaikan isi cerita. Bila perlu gunakan properti akan si kecil tenggelam dalam isi cerita. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk mulai membaca dan tidak akan merasa bosan.

Jadikan Kegiatan Rutin

Kebiasaan terbentuk dari rutinitas. Oleh karena itu, setiap hari buat agenda untuk membaca. Tidak perlu lama-lama, asalkan dilaksanakan setiap hari. Namun, kemas rutinitas ini sedemikian rupa agar anak tidak bosan. Dengan begitu si kecil akan selalu semangat membaca.

Kelilingi dengan Buku

Kenalkan berbagai bacaan menarik mulai dari buku bergambar, novel, komik, atau biografi. Tujuannya adalah agar anak tahu bahwa ada beragam jenis bacaan yang dapat dinikmati. Biasanya, anak menyukai jenis buku tertentu yang membuatnya betah berlama-lama dengan bukunya. Jadi ibu-ibu dapat membelikan buku yang sesuai dengan kesukaan si kecil. Dengan begitu anak akan lebih semangat membaca buku favoritnya.

Barengi dengan Latihan Menulis

Membaca merupakan proses belajar visual, yang artinya anak mengenali bentuk alfabet yang ada di tulisan. Untuk mempercepat proses belajar membaca, kita dapat menggabungkan dengan latihan menulis loh. Hasilnya, anak akan lebih cepat menghafal huruf dan cara menyebutkannya.

Selingi dengan Audiobook

Audiobook adalah narasi cerita dalam bentuk audio. Audiobook bisa menjadi alternatif ketika anak merasa bosan membaca buku fisik. Membaca dengan bantuan audiobook juga ternyata memiliki kelebihan loh. Anak dapat berlatih mendengar sambil menangkap informasi dengan cepat.

Jangan Memaksa

Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu, jangan memaksa anak untuk membaca, karena anak merasa terbebani. Alih-alih senang membaca, anak justru membenci membaca.

Mengikuti Kegiatan Seru

Berhubung liburan sekolah sebentar lagi tiba, gunakan kesempatan ini untuk melakukan kegiatan yang berkualitas. Salah satunya dengan mengikuti Summer Camp. Apa sih summer camp? Summer camp merupakan kegiatan yang dapat melatih kemampuan, kemandirian, keterampilan, dan juga kepercayaan diri anak.

Di Amerika Serikat, summer camp rutin diadakan setiap liburan musim panas. Dimana kita dapat menemukan summer camp di Indonesia? Nah ibu-ibu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mengajak anak mengikuti summer camp. Di Indonesia, EF English Center for Kid and Teens merancang program Holiday Academy. Di Holiday Academy, minat dan bakat anak diasah lebih mendalam sekaligus mempertajam kemampuan bahasa Inggrisnya.

Untuk si kecil yang memiliki minat di bidang menulis dan membaca, Holiday Academy memiliki dua program yaitu Reading Science (untuk anak usia 9-13 tahun) dan Writer’s Guild (untuk anak usia 11-13 tahun). Kedua program ini dirancang untuk mengasah kemampuan memahami teks dan membuat berbagai macam tulisan. Tak ketinggalan kegiatan eksperimen  yang mengasah kemampuan percakapan anak.

Si kecil senang bercerita dan tampil di depan umum? Holiday Academy memiliki tiga program yaitu Storytellers (untuk anak usia 3-7 tahun), Phonics (untuk anak usia 4-7 tahun), dan On Stage (untuk anak usia 9-17 tahun) merupakan program yang dapat mengasah kemampuan anak dalam mendengar, membaca, berbicara sekaligus meningkatkan kepercayaan dirinya melalui bermain peran.

Jika ibu-ibu sekalian masih mencari inspirasi untuk menghabiskan liburan berkualitas, Holiday Academy bisa menjadi pilihan terbaik untuk si kecil. Selain programnya yang menarik, program Holiday Academy juga memiliki durasi program yang bervariasi, mulai dari 1 hingga 4 minggu. Untuk pendaftaran dan informasi Holiday Academy, kunjungi EF.ID/liburanterbaik dan dapatkan harga spesial.

Jika ingin si buah hati mendapatkan pengalaman seru belajar bahasa Inggris yang lebih lama, ibu-ibu dapat mengunjungi EF.ID/diskonapril untuk pendaftaran kelas reguler EF dan dapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 juta beserta merchandise eksklusif! #AkuBisa jago Inggris dengan seru di EF.

Salam,

Reisha Humaira

Satu tanggapan untuk “Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

  • 23 April 2019 pada 22:22
    Permalink

    Jadi pengen mengikutkan gadis kecil kami ke summer campnya ef. Cuma ef itu agak jauh dari kota kecil kami nih

    Balas

Leave your comment