Pengalaman Pertama Membawa Akas Nonton ke Bioskop

“Uniii, dulu Akas umur berapa dibawa nonton ke bioskop? Dilemaaa. Udah lama ga nonton di bioskop, tapi ragu mau bawa anak.” Begitu pertanyaan yang saya terima bulan lalu saat saya posting mau nonton di bioskop di Instagram Story saya.

Wah paham betul saya gimana rasanya, apalagi buat yang dulu lumayan sering nonton di bioskop sebelum punya anak dan setelah punya anak ga ada yang bisa dititipi untuk menjaga anak.

Akas pertama kali saya bawa nonton ke bioskop itu tanggal 13 Januari 2019 lalu, berarti saat itu umurnya sekitar 3.5 tahun. Apakah berarti selama 3.5 tahun saya tidak nonton ke bioskop sama sekali? Oh tentu tidak, ahaha. Saat tidak ada orang lain yang bisa kami titipi untuk menjaga Akas, saya dan suami memilih bergantian nonton. Ini dulu sudah pernah saya ceritakan di tulisan lain.

Baca juga: Nonton di Bioskop Setelah Punya Anak

Dulu saat bawa Akas nonton ke bioskop pun lebih karena saya pengen nonton tapi ayahnya lagi ga di Bandung, ahaha. Kalau ada ayahnya mah mending saya nonton sendiri. Buat saya enakan nonton sendiri deh daripada bawa anak, wkwk. Waktu itu kami menonton film Keluarga Cemara. Dari segi rating sudah jelas aman buat anak, makanya saya mau bawa Akas. Lalu sampai sekarang saya belum pernah bawa Akas nonton lagi, hehe.

Baca juga: Belajar dari Perputaran Roda Ekonomi Keluarga Cemara (2019)

Tips Membawa Anak Pertama Kali Nonton ke Bioskop

Tidak ada aturan baku umur berapa anak boleh dibawa ke bioskop. Yang bawa anaknya dari masih bayi pun ada. Jadi dikembalikan kepada pertimbangan masing-masing aja.

Buat saya pribadi sih, saya ga mau nonton ke bioskop sambil bawa bayi. Duh ngurus bayi itu kan cape, nonton cuma 2 jam-an itu bisa jadi me time, jadi boleh atuh ya nontonnya tanpa bayi dulu, hihi. Dan saya ga masalah banget pergi ke bioskop sendiri. Tapi ternyata tidak semua orang mau ke bioskop sendirian. Dan sampai sekarang saya ga paham kenapa, wkwk.

Menonton di bioskop bersama balita ternyata lumayan menantang juga #halah. Jadi buat yang mau nonton ke bioskop bersama anak balitanya, berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman saya sebelumnya.

Pilih Film yang Sesuai untuk Anak

Langkah awal banget tentu saja memilih filmnya dulu. Mau nonton film apa di bioskop? Apakah filmnya sesuai untuk anak? Sesuai di sini bisa dilihat dari beberapa sudut pandang:

  • Rating-nya sesuai. Film itu diberi rating untuk panduan ya bapak-bapak ibu-ibu. Jadi kalau ada film dengan rating dewasa, please jangan bawa anak-anak nonton. Buat anak paling aman tentunya yang rating-nya untuk semua umur.
  • Sesuai dengan nilai yang dianut keluarga. Rating sudah sesuai, tapi belum tentu cocok semua. Bakal ada film yang temanya X tapi sebuah keluarga memandang X itu tidak baik dan sejenisnya.
  • Sesuai dengan selera anak. Anak itu punya selera. Kalau film yang ditonton sesuai dengan seleranya sih enak ya, anaknya pasti anteng dan betah nonton. Kalau sebaliknya, ya gitu deh, huehe. Tapi ini menurut saya opsional sih, wkwk.

Sounding dan Perhatikan Kondisi Anak

Kondisi anak yang saya maksud di sini lebih ke arah apakah dia betah nonton lama atau tidak. Contohnya, Akas itu kalau nonton seingat saya ga pernah betah nontonin yang durasinya panjang. Cepat bosannya dia. Baru juga nonton 1/4-nya, dia udah nanyain “kok lama?”. Wew.

Keluarga Cemara yang kami tonton saat itu bukan selera Akas banget, wkwk. Kalau ada film Robocar Poli mungkin dia betah nonton, lha ini Keluarga Cemara, haha. Tapi karena menurut saya filmnya oke, saya bawa aja, hihi. Maka dari itu sebelum nonton saya lihatin ke dia trailer filmnya. Trus karena sudah tahu dia bakal cepat bosan, sebelum nonton saya sounding dulu:

  • Bahwa di bioskop nontonnya bakal lebih lama, sekitar 2 jam.
  • Bahwa nonton di bioskop harus tenang, ga boleh rewel, karena itu bisa mengganggu orang lain.

Siapkan Camilan dan Mainan

Dengan durasi film sekitar 2 jam, ada kemungkinan anak bakal lapar dan bosan. Oleh karena itu sebaiknya siapkan camilan untuk dia makan saat nonton. Mainan juga, tapi jangan kasih mainan dari gadget atau yang bersuara ya, karena bisa mengganggu orang lain.

Pipis Dulu dan Kurangi Minum

Ini khusus buat yang anaknya udah ga pake diaper lagi, hehe. Anak yang sudah besar biasanya bisa nahan pipis lebih lama dibanding anak yang lebih kecil. Jadi sebelum masuk bioskop ajak anaknya pipis dulu aja. Lalu selama nonton, ga usah banyak-banyak minum, dari pada keburu kebelet lagi. Minumnya nanti aja kalau udah mau keluar.

Baca juga: Cerita Toilet Training Akas (2): Proses dan Lesson Learned

Saya agak salah strategi sih waktu itu. Sebelum nonton Akasnya udah pipis, tapi selama nonton dia banyak minum jus. Alhasil menjelang akhir film dia kebelet. Duh, sayang amat kalau ending-nya kelewat, hihi. Disuruh tahan, lalu akhirnya lari-lari deh ke toilet. Mana ngantre pula. Untungnya selamat. Fyuh.

Siap Keluar Bioskop Kapan Saja

Nonton sama anak itu tidak selamanya bisa damai tanpa gangguan. Jadi bersiaplah dengan kemungkinan terburuk. Kalau anak sudah mulai rewel, ga betah, atau bahkan ribut, kita sebagai orang tuanya sebaiknya tidak egois ya. Hargai penonton lain yang mau nonton dengan tenang. Mending keluar aja. Jangan pake pemakluman “namanya juga anak-anak” melulu. Kita sendiri ga suka kan kalau lagi pengen tenang tapi ada orang lain yang berisik.

Sekian dulu tipsnya. Ada yang mau menambahkan?

Salam,

Reisha Humaira

2 tanggapan untuk “Pengalaman Pertama Membawa Akas Nonton ke Bioskop

  • 30 Mei 2019 pada 10:50
    Permalink

    Selama ini saya belum lihat ada anak kecil yang nonton bioskop, ternyata diperolehkan yah… 🙂 , saya juga pernah nulis pengalaman pertama nonton bioskop #kalau ngak salah ingat pernah nulis,

    saya-kan Wong deso, jadi pengalaman pertama nonton bioskop itu menjadi pengalaman yang berkesan sekali di hati koe, kayak cinta pertama.Cieeee,,,gue.. 🙂

    Balas
  • 8 Juni 2019 pada 23:18
    Permalink

    Tips yang sangat berguna karena libur lebaran ini saya mau ajak keponakan kecil-kecil ke bioskop. Makasi kak reisha

    Balas

Leave your comment