Lapor Diri Secara Online Bagi Warga Negara Indonesia yang Tinggal di Luar Negeri

Tahukah Anda bahwa saat kita berada di luar negeri, kita wajib melaporkan keberadaan kita kepada Perwakilan RI setempat? Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri dapat berupa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI), Konsulat RI, Perutusan Tetap RI pada PBB, maupun Perwakilan RI tertentu yang bersifat sementara.

Kalau bukan karena sering browsing atau baca blog orang, sepertinya saya ga bakal tahu hal ini deh.

Pentingnya Lapor Diri Saat Tinggal di Luar Negeri

Urusan lapor diri ini ternyata sudah diatur dalam undang-undang, tepatnya UU No. 23 tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Pasal 18. Dan menurut UU tersebut, WNI wajib melaporkan kepada Perwakilan RI paling lambat 30 hari sejak kedatangannya.

Diingat-ingat, waktu saya di Jepang dulu, kayaknya saya ada deh lapor diri ke KBRI. Waktu itu saya datang langsung ke KBRI Tokyo, toh saya memang tinggal di Tokyo juga. Di sana disuruh isi form, tapi udah ga ingat detailnya, haha. Kalau ga tinggal di Tokyo alias jauh dari KBRI, maka form lapor dirinya bisa dikirimkan ke KBRI. Mayan tapi ya keluar ongkir, huehe.

Sebelum pindah ke NZ, saya pernah baca bahwa lapor diri ini bisa dilakukan secara online. Wah enak banget! Jadi lebih praktis dan ga perlu keluar biaya.

Kenapa harus lapor diri? Dengan lapor diri, berarti data kita terdaftar secara resmi di database pemerintah. Manfaatnya di antaranya:

  • Mempermudah akses terhadap pelayanan publik seperti pengurusan surat-surat dan dokumen saat tinggal di luar negeri.
  • Mempercapat pemberian bantuan jika WNI punya masalah atau kendala selama tinggal di luar negeri, misal saat terjadi bencana, kecelakaan, atau peristiwa force majeure lainnya
  • Akurasi WNI di luar negeri lebih terpantau, sehingga hak sipil dan hak politik WNI bisa terpenuhi, misalnya saat pemilu.
lapor diri WNI di luar negeri

Siapa saja yang wajib mendaftarkan diri bagi WNI di luar negeri? Semua WNI yang tinggal 6 bulan atau lebih di luar negeri rupanya wajib lapor diri.

lapor diri WNI di luar negeri

Pengalaman Lapor Diri Secara Online di peduliwni.kemlu.go.id

Saat Googling saya nemu beberapa macam deh website untuk lapor diri ini. Biasalah website/aplikasi pemerintahan, kalo yang lama jelek, maka dibikin sistem baru, dengan URL website atau aplikasi berbeda. Entah kenapa ga update yang lama aja, ckckck. Yang terbaru adalah Portal Peduli WNI yang katanya akan diterapkan secara penuh di semua Perwakilan RI mulai Januari 2019.

lapor diri WNI di luar negeri

Proses lapor diri di Portal Peduli WNI ini sangat mudah. Sebelum lapor, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Langkah pendaftarannya sebagai berikut.

  1. Klik tombol Daftar lalu isi seluruh data dengan benar.
  2. Selanjutnya kita akan menerima email untuk mengkonfirmasi akun kita. 
  3. Silakan klik link yang ada dalam email untuk mengaktifkan akun kita. Jika sudah aktif, kita sudah bisa login.

Sebelum mengisi form lapor diri, sebaiknya siapkan dulu dokumen-dokumen yang nanti akan dibutuhkan, seperti KTP, paspor, dan dokumen bukti tinggal (misalnya visa, resident card, bukti tagihan langganan, dsb.). Butuh scan atau foto dokumennya nanti. Jika adanya hasil scan berupa file PDF, sebaiknya di-screenshot atau di-convert dulu menjadi gambar karena sistemnya cuma terima attachment dengan format JPEG, JPG, atau PNG.

Baca juga: Mengurus Visa New Zealand untuk Pelajar dan Keluarga

lapor diri WNI di luar negeri

Langkah lapor diri di Portal Peduli WNI sebagai berikut.

  1. Login lalu klik menu Lapor Diri, lalu klik tombol Lapor Sekarang.
  2. Masukkan NIK dan nama sesuai KTP. Sistem akan mengecek data ini ke sistem kependudukan di Dukcapil. Jika sudah ok bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  3. Masukkan data paspor. Sistem akan mengecek data ini ke sistem di imigrasi. Sudah ok? Lanjut.
  4. Isikan data tinggal di luar negeri beserta bukti tinggal. Lanjut.
  5. Isikan data tujuan menetap. Lanjut.
  6. Isikan data kontak darurat di luar negeri dan di Indonesia. Jika sudah selesai, centang lalu kirim. Beres deh.

Setelahnya, kita akan mendapat email yang berisi rangkuman data kita dan info bahwa status lapor diri kita saat ini sedang diverifikasi. Jika sudah diverifikasi, katanya nanti kita akan dapat email lagi yang berisi informasi bahwa lapor diri telah diverifikasi, beserta tanda bukti lapor diri.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Lapor Diri Online

Saya sudah mencoba lapor diri, dan memang Portal Peduli WNI ini sangat memudahkan. Cara mengisinya mudah, praktis, serta bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Gratis pula #penting, haha.

lapor diri WNI di luar negeri

Tapi ada beberapa hal yang bikin saya gemez banget:

  • Saya sudah terima email bahwa status lapor diri saya sedang diverifikasi, lalu kemudian saya ga terima email apa-apa lagi. Udah berbulan-bulan ditungguin padahal. Jadi saya ga tahu deh gimana kelanjutannya. Saya belum coba mengontak KBRI Wellington juga sih, hehe.
  • Di akun Portal Peduli WNI ini ga ada histori lapor diri. Jadi kalau kita sudah submit, lalu buka menu Lapor Diri, tampilannya masih sama aja dengan saat kita belum daftar sama sekali. Padahal sebaiknya ada rekam jejaknya, kalau perlu sekalian detail statusnya. Biar jelas gitu lho.
  • Saya ga ngerti seberapa penting lapor diri ini buat pemerintah? Kalau dilihat manfaatnya, memang lebih banyak untuk WNI. Tapi kalau WNI-nya merasa ga butuh, apakah berarti boleh-boleh aja ga daftar? Kalau memang penting, apakah semua WNI yang tinggal di luar negeri sudah tahu perihal lapor diri ini? Hmm. Kalau masih banyak yang belum tahu, berarti perlu sosialisasi lebih kan ya? Saran saya saat akan berangkat ke luar negeri, WNI ini dikasih tahu saat pengecekan di imigrasi. Di imigrasi kan petugasnya cek paspor dan visa, jadi bisa tahu orang itu bakal tinggal lama atau ga. Kalau emang tinggal lama, sekalian aja dikasih tahu bahwa nanti mesti lapor diri.

Udah sih segitu aja uneg-unegnya, huehe. Kapan-kapan saya update ya kalau saya udah kontak KBRI soal status lapor diri saya, haha.

Ada yang punya pengalaman lapor diri di peduliwni.kemlu.go.id juga? Gimana gimana?

Salam,

Reisha Humaira

3 tanggapan untuk “Lapor Diri Secara Online Bagi Warga Negara Indonesia yang Tinggal di Luar Negeri

  • 21 Agustus 2019 pada 20:46
    Permalink

    Aku kayaknya inget pernah lapor diri tapi website nya beda. KBRI disini website nya aja masih nebeng sama website kemenlu.. menyedihkan.

    Balas
  • 22 Agustus 2019 pada 11:46
    Permalink

    Waah beda lagi webnya yaa, kayanya pernah lapor juga tp punyanya kbri setempat bukan atas nama kemenlu hehehe makasiih banyak infonyaa mbak ~

    Balas
  • 22 Agustus 2019 pada 14:56
    Permalink

    makasih sharingnya mbak, ternyata harus mendaftar ya kalau tinggal lebih dari 6 bulan. biar kalau ada apa-apa kbri bisa mengontrol, membantu dan menyelesaikan permasalahn tersebut. Invoasi yang bagus sih bisa daftar online, jadi lebih mudah

    Balas

Leave your comment