Mengirim Uang dari New Zealand ke Indonesia dan Sebaliknya

Bagaimana cara paling mudah dan murah kirim uang dari New Zealand ke Indonesia, atau sebaliknya?

Transfer uang antar negara tentu tidak semudah transfer uang antar bank di dalam negeri. Bakal melibatkan biaya transfer dan kurs mata uang. Berikut beberapa opsi yang saya ketahui, walau belum pernah coba semua sih, hehe.

Kirim Uang dari New Zealand ke Indonesia

Dulu kalau kirim uang dari luar negeri itu yang beken Western Union, tapi kabarnya biayanya mahal. Entah sih, ga pernah nyoba juga, hehe. 

Suami dulu pernah kirim uang ke saya untuk beli tiket pesawat ke sini kalo ga salah, tapi ngirimnya lewat temen. Kebetulan waktu itu ada temen suami yang butuh nukar uang ke NZD. Jadi si temen transfer IDR ke rekening saya di Indonesia, lalu suami saya transfer NZD ke rekeningnya di New Zealand. Ini bisa jadi salah satu opsi juga. Kursnya tinggal disepakati bersama. Bisa cek di Google kalau ga mau ribet.

Baca juga: Seputar Uang dan Pembayaran Transaksi di New Zealand

Selain dua opsi di atas, ada beberapa aplikasi atau layanan yang direkomendasikan teman-teman di sini untuk mengirim uang dari New Zealand ke Indonesia. Tinggal dibandingkan aja nanti kurs dan biaya transfernya bagusan yang mana, huehe.

OrbitRemit

OrbitRemit ini cukup banyak yang merekomendasikan. Katanya rate-nya bagus, biaya transfernya murah, prosesnya cepat, dan caranya praktis.

OrbitRemit tersedia dalam bentuk website dan aplikasi mobile. Silakan pilih lebih suka yang mana.

orbitremit transfer
Tampilan website OrbitRemit

Caranya mudah. Pertama kita harus bikin akun terlebih dahulu dan menunggu akun kita diverifikasi. Tinggal ikuti aja langkah-langkahnya. Kalau akun sudah terverifikasi, bisa login lalu transfer uang.

OrbitRemit tidak hanya bisa kirim uang ke IDR, tapi juga ke banyak mata uang negara lainnya. Ada 21 mata uang tujuan saya cek barusan. Hanya saja pilihan asalnya cuma AUD, GBP, dan NZD. Jadi ga bisa deh dipakai untuk kirim uang dari negara selain Australia, Inggris, dan New Zealand.

TransferWise

TransferWise ini mirip dengan OrbitRemit, bedanya di rate dan biaya transfer. Juga tersedia dalam bentuk website dan aplikasi mobile.

transferwise
Tampilan website TransferWise

Dari segi biaya transfer tampaknya TransferWise ini lebih mahal. Tapi jumlah mata uang yang didukung lebih banyak lagi. Pilihan negara tujuannya ada 51 dan pilihan negara asal ada 24. Ada opsi Other juga kalau mata uangnya tidak tersedia di list, nanti tunggu dihubungi oleh TransferWise via email.

transferwise
Opsi kalau mata uang ga ada di list. Ada yang pernah coba?

OzTransfer

Kalau OzTransfer ini setahu saya ga ada website atau app-nya. Jadi awalnya itu kita join grup Facebook-nya. Di grup tersebut rutin dikasih info rate hari itu berapa serta nomor kontak WhatsApp adminnya kalau mau transfer. Adminnya orang Indonesia juga kok, dan kayaknya yang punya memang orang Indonesia.

oztransfer
Grup Facebook OzTransfer, silakan join dulu

Setelah ngontak admin, untuk transfer pertama kali, sebelumnya kita bakal disuruh isi form. Kalau udah, ntar dikasih tahu rate hari itu berapa, biayanya berapa, lalu transfer uangnya ke mana. Nanti uang rupiahnya akan ditransfer ke rekening tujuan di Indonesia.

Dengan OzTransfer kita bisa kirim uang NZD, AUD, dan USD ke Indonesia, dan sebaliknya.

Kirim Uang dari Indonesia ke New Zealand

Saya cukup rutin mengirim uang dari rekening di Indonesia ke rekening di sini, karena gaji saya dari kantor di Indonesia kan masih dalam rupiah, hehe.

Baca juga: Kerja Remote dari Middle Earth, Seperti Apa Rasanya?

Kalau kirim uang dari New Zealand ke Indonesia ada beberapa pilihan, sebaliknya dari Indonesia ke Indonesia pilihannya terbatas, heuheu. OrbitRemit ga bisa, TransferWise yang currency-nya lebih banyak pun ga ada IDR di list mata uang asal. Mungkin bisa ya kalau isi opsi Other, tapi saya ga pernah coba.

Saya biasanya transfer pakai OzTransfer aja. Terakhir saya transfer, kirim di bawah NZ$250 biayanya NZ$5. Tapi kalau kirim lebih dari NZ$250, biayanya gratis. Jadinya saya selalu pilih kirim di atas NZ$250 aja, haha.

Sebelum transfer, kontak dulu adminnya, tanya rate hari itu berapa. Trus tinggal kirim uang rupiahnya ke rekening BCA yang disediakan lalu tunggu uang NZD-nya dikirim ke rekening di New Zealand.

Pengalaman menggunakan OzTransfer
Pengalaman menggunakan OzTransfer

Prosesnya menurut saya cepat banget. Pernah dalam 1 jam uangnya sudah masuk setelah saya transfer ke BCA. Tapi perlu diingat sebaiknya segera transfer setelah dikasih tahu berapa rate-nya. Soalnya saya pernah nanya pagi, lalu baru keingat transfer sore, rate-nya udah berubah, hehe.

Sekian beberapa cara yang saya tahu untuk mengirim uang dari New Zealand ke Indonesia atau dari Indonesia ke New Zealand. Semoga bermanfaat. Kalau ada opsi lain, let me know yaa biar ditambahin. 

Salam,

Reisha Humaira

Leave your comment