Jigsaw Puzzle, Salah Satu Pilihan Seru Bersama Keluarga di Rumah

Kalau ditanya, apa aja sih kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah, ya banyak pastinya. Tapi kali ini saya mau bahas satu kegiatan aja deh, huehehe.

Beberapa hari lalu kami menyelesaikan puzzle yang terdiri dari 700 pcs. Setelah berhasil menyambungkan semua bagian puzzle, eh ternyata seru juga ya, jadi pengen lagi tapi puzzle yang lain, hihi.

Sedikit cerita tentang puzzle bergambar taman dengan hamparan tulip ini. Jadi waktu itu ada school fair di salah satu sekolah di Auckland ini. School fair itu semacam acara festival yang diadain sekolah, di mana di dalamnya ada permainan, pertunjukan, stand jualan makanan, serta penjualan barang-barang bekas. Barang bekas ini nih yang saya incar, terutama mainan dan buku anak. Walau bekas, kondisinya masih banyak yang bagus-bagus dan harganya miring banget. Lumayan.

Baca juga: Membeli Pakaian dan Perlengkapan Rumah Tangga di Auckland

Di bagian penjualan mainan anak, saya rada bingung mau beli apa, soalnya waktu itu rupanya banyakan mainan untuk batita atau anak yang lebih gede lagi dari Akas. Pas lihat ada puzzle yang isinya ratusan pcs gini, saya ragu ambil, soalnya Akas pasti belum bisa mainin. Tapi melihat ada satu puzzle yang harganya cuma setengah dollar (ga sampai Rp5.000) dan kotaknya kecil, saya ambil deh. Yang lain kotaknya gede, saya males kebanyakan kotak di rumah, jadi ga saya ambil lagi walau murah (dan sekarang menyesal, wkwk).

Berbulan-bulan puzzle itu cuma teronggok di dalam lemari, karena males maininnya. Akas sempat mau main, tapi mengingat dia ga bakal bisa beresin sendiri, terus khawatir ada bagian yang hilang, saya minta Akas mainin puzzle lain aja. Hingga di saat lockdown kemarin, akhirnya kami mainin karena udah bingung mau ngapain, haha.

Menyelesaikan Puzzle 700 pcs

Begini tahapan kami menyelesaikan puzzle 700 pcs ini.

1️⃣ Siapkan tempat yang aman, jangan sampai nanti ada bagian puzzle-nya yang ketendang atau apalah, lalu berserakan entah kemana. Enaknya ada meja mungkin ya, tapi berhubung di apartemen kami sekarang semua meja dipakai untuk kerja, jadi ditaruh di lantai aja, haha. Jangan berpikir puzzle-nya akan selesai dalam waktu singkat, bisa beberapa hari karena dicicil-cicil. 

main puzzle dengan anak

2️⃣ Cari dan susun bagian pinggir puzzle terlebih dahulu, karena bagian ini yang paling mudah nyarinya. Pinggirannya ada yang lurus. Ini juga akan membantu ngasih frame area kerja kita nanti segimana. Di tahap ini masih saya dan Akas yang ngerjain, dan Akas juga semangat banget.

main puzzle dengan anak

3️⃣ Setelah pinggirannya beres, saya mencoba mengelompokkan tiap bagian puzzle untuk memudahkan. Pengelompokan ini tergantung gambar puzzle banget sih. Pada puzzle yang kami kerjakan ini saya kelompokkan berdasarkan warnanya. Akas memasangkan semua bagian bunga yang berwarna ungu.

puzzle 700 pcs

4️⃣ Beres dengan bagian yang kentara, saya mulai agak pesimis karena kayaknya susah, ahaha. Tapi kudu sabar, kerjain pas mood oke aja. Dari sini bertahap, kalau ada ketemu yang berpasangan walau belum tahu nanti posisinya di mana, pasangin dulu aja.

main puzzle dengan anak

5️⃣ Selanjutnya selesaikan bertahap, cek juga gambar hasil akhir yang ada di kotaknya untuk panduan. Beres juga deh akhirnya, hoho.

puzzle selesai

Kami menyelesaikan puzzle ini dalam rentang waktu 3 hari. Akas cuma terlibat di bagian awal-awal aja, tapi segitu pun udah seru buat main bareng, hehe.

Baca juga: ITBMh Homecoming 2017: Membangun Keluarga Kuat untuk Bangsa yang Hebat

Manfaat Bermain Puzzle

Manfaat dari main puzzle yang bagiannya banyak seperti ini antara lain:

  • Bisa jadi pilihan kegiatan bareng keluarga tanpa gadget. Selama main ini tu saya pegang HP cuma buat foto-foto beberapa tahapan progress-nya.
  • Belajar problem solving dan melatih konsentrasi, baik untuk anak maupun dewasa.
  • Melatih koordinasi mata dan tangan serta motorik untuk anak.
  • Melatih kesabaran. Kerasa banget sih ini, ahaha.

Oh iya, saat saya posting soal puzzle ini di Instagram, ada teman yang DM bahwa istrinya juga suka main puzzle kayak gini, sampai yang 1.000 pcs malah. Dan setelah diselesaikan, dikasih frame donk sama mereka. Jadi puzzle kayak gini tu bisa juga ya jadi opsi pajangan dinding di rumah. Bener-bener ga kebayang sama saya sebelumnya. Menarik juga.

Setelah beres, diapain nih? Saat pak suami nanya gitu, saya bilang aja, biarin dulu aja, buat dilihat-lihat sampai puas, kalau udah bosan bongkar lagi, haha. Setelah berhari-hari tergeletak di lantai, akhirnya si puzzle pun saya bongkar. Tapi saya rapiin bongkarnya biar nanti ga kudu masang dari awal lagi, wkwk.

main puzzle

Setelah main ini, pak suami keidean untuk beli puzzle buat dimainin nanti kalau pulang kampung. Katanya kalo di kampung sering bingung mau ngapain, ahaha. 

Ada yang suka main puzzle ginian ga? Beli di mana ya yang murah? *malah cari info, hihi*

Salam,

Reisha Humaira

Satu tanggapan untuk “Jigsaw Puzzle, Salah Satu Pilihan Seru Bersama Keluarga di Rumah

  • 11 Juli 2020 pada 15:24
    Permalink

    Wah.. Banyak banget sampai 750 pcs. Saya nggak pernah main puzzle secara langsung, pernahnya melalui aplikasi game di hp gitu tapi ternyata susah padahal cuma sedikit emang mainnya kudu sabar dan pas mood lagi baik ya. Karena butuh konsentrasi juga. Apalagi kalau gambarnya pemandangan gitu. Harus memperhatikan warnanya secara jeli.

    Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: