10 Channel Youtube Islami untuk Menemani Anak di Bulan Puasa

Beberapa tahun lalu cari tontonan bernuansa Islami untuk anak itu rasanya susaaah banget. Tontonan untuk anak mayoritas isinya lagu-lagu atau kartun dari luar negeri yang tentu saja tidak semuanya cocok di hati #tsaaah.

Dulu saya sempat pesimis akan adanya konten Islami untuk anak, apalagi yang produksi dalam negeri alias karya anak bangsa. Bikin animasi aja udah susah, belum lagi bikin konten, karakter, dan cerita yang menarik dan seru buat anak-anak.

Tapi seiring berjalannya waktu, akhirnya ada juga tontonan menarik yang Islami untuk anak itu. Dan di luar dugaan saya sebelumnya, konten karya orang Indonesia sendiri pun ga kalah menarik, alhamdulillah. Dan di bulan puasa begini tentunya juga cocok untuk mengisi screen time anak. Tambah lagi karena tayangnya di Youtube, siapapun bisa nonton, ga tergantung pada channel TV tertentu.

Jadi apa aja nih channel Youtube dengan konten Islami yang cocok untuk anak? Ini dia.

Nussa Official

Ini rasanya udah ga asing lagi ya. Channel yang berisi cerita sehari-hari kakak beradik Nussa dan Rarra ini memang menarik dan penuh pelajaran. Ga buat anak-anak aja lho, tak jarang saya yang dewasa pun juga jadi belajar dari dua tokoh anak shaleh(ah) ini.

Dulu pas awal-awal kemunculannya, saya sempat kurang sreg sama video Nussa ini. Masalahnya video awalnya pakai tokoh setan (kayak kelelawar sih) segala. Lalu Rarra pun manggil Nussa pake nama aja, bukan “Kak Nussa”. Tapi alhamdulillah setelahnya banyak sekali improvement dan hasilnya jauh lebih bagus. Ga heran sampai dilirik TV dan dunia perfilman. Tapi semoga tetap rutin ada konten baru di Youtube-nya ya, hehe.

Riko The Series

Ini lebih baru dibanding Nussa, baru ada tahun ini deh kalau ga salah. Kalau Nussa suasananya lebih ke kehidupan sehari-hari, kalau Riko ini ada unsur sainsnya.

Kayaknya channel Riko ini cocoknya untuk anak yang udah mulai sekolah ya, atau yang udah bisa diajak cerita dan diskusi. Kalau masih batita kayaknya ga bakal ngerti juga bagian sainsnya, hehe.

Yufid Kids

Kalau ini saya sudah kenal cukup lama, tapi kontennya lebih banyak untuk belajar atau pengenalan buat balita. Misalnya mengenal huruf, angka, hewan, kendaraan, dan lain-lain. Kadang pengenalannya juga sekalian dengan bahasa Inggris dan bahasa Arabnya. Kalau buat anak seumuran Akas sekarang (hampir 5 tahun), bosan mungkin, hehe.

Ciri khas dari tokoh-tokoh di dalam channel ini adalah wajahnya yang tanpa mata, hidung, dan mulut.

Hafiz & Hafizah

Buat yang punya boneka Hafiz atau Hafizah, atau pernah lihat iklan bonekanya seliweran di medsos, mungkin ga asing lagi dengan kedua karakter ini. Tapi saat saya pertama kali nemu channel-nya, saya ga ngeh kalau ini tuh berdasarkan boneka itu. Beda banget soalnya bentuk tokohnya sekarang. Kirain emang bukan, tapi kebetulan aja namanya saya.

Tapi setelah scroll video-video yang ada di channel-nya, ternyata itu memang Hafiz dan Hafizah yang sama, hanya saja bentuk karakternya udah bertransformasi sekian kali hingga jadi seperti sekarang. Kontennya berupa konten edukasi atau lagu anak.

Anak Muslim

Kalau channel ini isinya banyakan kisah para nabi. Videonya isinya bukan animasi, tapi gambar pendukung kisah yang sedang dibacakan.

One4Kids / Zaky – Muslim Cartoons

Dari sini ke bawah bukan channel Indonesia sih, soalnya saya belum nemu lagi yang bikinan Indonesia. Karakter utamanya Zaky, beruang (atau hewan apa ya itu) yang berwarna ungu. Tapi ada juga karakter lain berupa anak-anak.

Video di channel yang berasal dari Australia ini udah banyak banget, mayoritas pakai bahasa Inggris. Tapi ada beberapa video juga yang dibikin pakai bahasa Indonesia.

Omar & Hana – Islamic Cartoons for Kids

Sebagian mungkin udah pada kenal ya dengan karakter Omar dan Hana dari Malaysia ini. Kalau channel yang ini isinya kartun-kartun Islami tentang Omar dan Hana tapi rata-rata pakai bahasa Inggris.

Omar & Hana – Lagu Kanak-Kanak Islam

Kalau channel yang ini tokohnya masih Omar dan Hana, tapi isinya lebih ke lagu-lagu anak. Lagu-lagunya umumnya berbahasa Melayu.

Baca juga: 5 Lagu untuk Mengenalkan Rukun Iman kepada Anak

Alif & Sofia

Dulu saya akrab dengan beberapa lagu Islami anak dari Alif dan Sofia, lalu suatu ketika video-video lagu Alif dan Sofia itu menghilang dari Youtube. Weleh. Lalu beberapa waktu kemudian, muncul lagi, tapi bentuk kartunnya udah berbeda. Bertransformasi juga rupanya, seperti halnya Hafiz dan Hafizah. 

Kalau dulu videonya lagu-lagu anak aja, yang sekarang juga ada cerita dan vlog. Lucu juga karakter kartunnya ngevlog, hehe. Videonya umumnya berbahasa Melayu, tapi ada juga yang menggunakan bahasa Indonesia.

Baca juga: 7 Lagu untuk Mengenalkan Rukun Islam kepada Anak

Learn with Zakaria – تعلم مع زكريا

Ini konten channel-nya lebih banyak untuk belajar. Macam-macam isinya, bisa untuk belajar huruf alfabet, huruf Arab, bahasa Inggris, bahasa Arab, bahkan bahasa Prancis juga. Ada juga untuk belajar surat-surat dalam Al-Qur’an, cocok untuk anak karena dibacanya dengan nada biasa, bukan pakai irama seperti kebanyakan murattal yang biasa saya dengar.

Demikian channel Youtube Islami yang bisa dijadikan pilihan tontonan untuk anak-anak kita. Udah pada tahu belum semuanya? Hehe. Tetap perlu diingat ya bahwa anak tetap kudu didampingi selama menonton, walaupun tontonannya insya Allah aman begini. Dengan didampingi, biasanya akan muncul diskusi dan penjelasan pada anak, sehingga dari situ anak bahkan kita pun juga jadi belajar.

Semoga bermanfaat yaa.

Salam,

Reisha Humaira

Satu tanggapan untuk “10 Channel Youtube Islami untuk Menemani Anak di Bulan Puasa

  • 8 Mei 2020 pada 00:37
    Permalink

    Makasih Uni Reisha,, seneng deh sm Riko,, animasinya baguss kaya Nussa juga… Bangga sama anak negeri yg membuatnya. Tfs yo Ni

    Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: