Connecting The Dots dan Piramida Ibu Profesional

Tulisan kali ini adalah misi ketujuh dari kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional batch #8 yang saya ikuti. Pada misi kali ini kita diajak menyelam ke dalam diri kita sendiri, mengenal diri sendiri lebih jauh.

Misi 7: Connecting The Dots

Setelah minggu lalu kita mengenal karakter moral Ibu Profesional, minggu ini kita diajak mengenal kerangka pikir, gerak, dan langkah Ibu Profesional. Pengenalan disampaikan lewat Facebook Live, lalu dilanjutkan dengan diskusi di grup WA.

Piramida Ibu Profesional

Kerangka berpikir Ibu Profesional digambarkan dalam Piramida Ibu Profesional. Piramida Ibu Profesional ini terdiri dari dua buah piramida, satu di bawah dan satu di atas, seperti pada gambar berikut.

Piramida bawah menggambarkan proses belajar yang diwadahi dalam komponen-komponen yang ada di Ibu Profesional.

  1. Revitalisasi Makna Ibu

    Di Ibu Profesional, peran ibu itu sangat penting dan berarti. Apapun perannya, mau jadi ibu rumah tangga ataupun ibu bekerja, semua adalah pilihan yang luar biasa. Ini bisa kita perdalam lewat perkuliahan di IIP.

  2. Pendidikan dan Pelatihan Ibu Profesional

    Pendidikan dan pelatihan menjadi fokus utama kegiatan komunitas di dalam Ibu Profesional. Lewat pendidikan dan pelatihan, kita bisa membangun kapasitas sebagai bagian dari proses memantaskan diri.

  3. Pengembangan Sarana Ibu Profesional

    Semua kegiatan di Ibu Profesional menggunakan sarana online maupun offline. Sarana ini terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman demi mendukung gerakan Ibu Profesional.

  4. Jaringan Kemandirin Perempuan

    Dengan pendidikan, pelatihan, ataupun kegiatan lainnya di lingkup Ibu Profesional, akan muncul kemandirian pada tiap ibu di mana pun dia berada.

Dengan pendidikan, pelatihan, ataupun kegiatan lainnya di lingkup Ibu Profesional, akan muncul kemandirian pada tiap ibu di mana pun dia berada.

Keempat hal di atas diharapkan mampu melahirkan para ibu yang memiliki akhlak mulia.

Advertisement

Selanjutnya, piramida atas menggambarkan output atau hasil dari proses belajar yang dijalani di Ibu Profesional. Ibu yang sudah mengikuti berbagai aktivitas di Ibu Profesional diharapkan:

  1. Memiliki kemampuan untuk mendidik dan mengembangkan bakat anak.
  2. Memiliki kemampuan untuk mengelola keluarga dengan hebat.
  3. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
  4. Memiliki semangat untuk terus-menerus mengembangkan diri.

Didukung dengan support system utama ibu dalam keluarga, yakni suami dan anak-anak, diharapkan ibu bisa jadi agen perubahan dan menjadi bermanfaat bagi diri, keluarga, maupun masyarakat. Kualitas hidup meningkat, begitu pula akhlak mulianya.

Terlihat bahwa kedua piramida itu bertemu di titik: akhlak mulia. Kenapa sih akhlak mulia yang jadi titik temunya? Nah, katanya, Pak Dodik sebagai pembuat konsep Piramida Ibu Profesional menjadikan akhlak mulia sebagai patokan karena itu sesuai dengan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Beliau diutus ke muka bumi untuk menyempurnakan akhlak manusia. Dengan memiliki akhlak mulia, kita bisa:

  • Mengembangkan diri dengan proses belajar yang sebaik-baiknya.
  • Memiliki adab dan akhlak sebagai nilai hidup.
  • Memberi sumbangsih manfaat yang besar bagi banyak orang.
  • Memberi kemanfaatan, kemuliaan, kebaikan yang besar tidak hanya dalam karya tapi dalam generasi keturunan dan peradaban.

Connecting The Dots

Setelah pembahasan Piramida Ibu Profesional di Facebook dan diskusi di grup WA, kami pun diberi tugas lagi. Karena ini masih misi penyelaman samudra, kita diajak menyelami diri sendiri lagi. Kali ini judulnya connecting the dots.

Saat pertama kali lihat template tugasnya, saya agak bingung melihat lima titik yang ada. Berasa lihat lembar kegiatan anak, mesti menghubungkan titik-titik itu jadi sebuah gambar. Tapi kalau kegiatan anak, seingat saya namanya dot to dot. Kenapa ya pakai istilahnya connecting the dots?

Rupanya ini diambil dari kata-kata motivasi oleh Steve Jobs. Wah saya baru tahu, hehe. Bisa denger isinya dari video berikut ya.

Terkait tugas, baru ngeh deh, rupanya kita diajak menghubungkan hal-hal yang ada di dalam diri kita. Seperti apa saya? Apa yang membuat saya unik? Apa yang saya perjuangkan? Nilai-nilai apa yang saya miliki? Dan dari situ bisa kita rumuskan, apa kesamaan yang ada pada diri kita dengan Institut Ibu Profesional.

Dan ketika titik-titik itu dihubungkan, hasilnya ternyata membentuk sebuah piramida. Berikut hasil piramida saya.

Begitulah, semoga dengan hal-hal di atas bisa tercapai harapan saya untuk jadi seorang Ibu Profesional yang bermanfaat bagi keluarga dan sekitarnya.

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah

Salam,

Reisha Humaira

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: