City Park: Taman RW Pasir Layung, Bandung

Rabu, 14 Maret 2018

Makin lama ternyata frekuensi saya berburu mengunjungi taman-taman di Bandung makin berkurang, hihi. Padahal list yang belum saya kunjungi masih banyak. Tapi yaa gitu deh, banyakan magernya, hehe.

Baca juga: Peta Lokasi Taman Kota Bandung

Taman yang dibahas kali ini beda tipis lah dengan Taman Tri G yang dulu pernah saya kunjungi: taman kecil aja, bukan taman tematik nan kekinian dan instagramable.

Baca juga: City Park: Taman Tri G, Bandung

Taman RW Pasir Layung ini lokasinya lumayan dekat dari tempat tinggal saya, cukup dengan 10 menit jalan kaki untuk ke sana. Hanya saja kami tetap jarang ke situ karena rutenya ga nyaman dipaka jalan kaki. Ga ad trotoar, sementara jalannya sempit dan tidak rata, harus hati-hati banget agar ga kesenggol sama kendaraan. Ditambah lagi kontur daerahnya yang di perbukitan, dari rumah ke sana sih menurun, tapi kalo pulang artinya mesti menanjak, cape deh, heuheu.

Dulu di area yang dijadikan taman ini bisa dibilang ga ada apa-apa. Hanya ada lapangan yang tampak tidak terawat yang biasa dipakai sejumlah anak untuk main bola. Lalu tiba-tiba suatu hari saya lihat tempatnya tampak lebih rapi, ada perosotan dan ayunan pula di samping lapangannya.

Hari itu tanpa direncanakan, saya ajak Akas jalan ke luar rumah, dan diterusin deh jalannya sampai ke taman supaya Akas sekalian main di Taman RW Pasir Layung. Selama ini kalau lewat sana pasti saat kami lagi di kendaraan dan hampir selalu ada anak-anak yang main di sana. Maklum lah lokasinya tidak begitu jauh dari SD, jadi anak-anak SD sebagian main ke situ.

Pagi-pagi saya kira bakal sepi, tapi ternyata tetap aja ada anak-anak yang di sana. Tapi lumayan lah Akas bisa coba main sebentar, sekalian lihat anak-anak SD tadi main bola.

Melihat taman kecil ini sungguh saya berharap sekali di Indonesia itu banyak tersedia taman yang ramah anak seperti ini. Ga perlu luas, tapi ada fasilitas untuk anak bermain di sana. Pengennya kayak taman-taman di luar negeri tentunya yaa, tapi masih jauh lah, simpel seperti ini pun tidak apa-apa.

Di Bandung dari sekian banyak taman yang sudah saya coba datangi, tidak semua punya playground untuk anak. Saya perhatikan taman yang dibuat baru atau direnovasi jadi taman tematik itu lebih mengutamakan sisi “dandanannya”, jadi taman cantik nan instagramable. Kenapa ga sekalian aja gitu dikasih fasilitas buat anak-anak, hmm. Anak-anak di negeri kita ini masih banyaaak dan tentu menyenangkan melihat mereka aktif dan banyak bergerak di ruang terbuka hijau yang nyaman dan menyenangkan. Semoga yaa, suatu hari nanti.

Salam,

Reisha Humaira

Leave your comment