Belanja Produk Makanan Indonesia di Auckland

Di mana pun kita berada, makanan Indonesia itu pasti selalu dirindukan. Apalagi saat tinggal di luar negeri. Makanan yang dulunya biasa aja di Indonesia, akan terasa wow begitu ada di luar negeri.

Di mana kita bisa mendapatkan aneka produk makanan Indonesia, minuman, bumbu-bumbu, dan sebagainya di Auckland? Di Auckland cukup mudah ditemukan. Saya kelompokkan berdasarkan jenis tempatnya aja ya.

Baca juga: Membeli Pakaian dan Perlengkapan Rumah Tangga di Auckland

Supermarket

Supermarket bisa dibilang tempat belanja yang paling mudah ditemukan. Supermarket yang terkenal di Auckland setahu saya ada tiga: Countdown, Pak ’n Save, dan New World.

Produk Indonesia yang paling mudah ditemukan di supermarket sini adalah … Indomie! Jayalah Indomie, ahaha. Indomie ada di rak barengan dengan mie instan lain. Tapi di supermarket hanya ada Indomie yang mie goreng.

Selain Indomie, santan cair Kara juga ada, tapi cuma ada kemasan kaleng dan kemasan kotak yang gede (isi 1 L ya kalau ga salah). Saya biasanya beli di Pak ’n Save, kurang merhatiin kalo di supermarket lain. Santan ada di rak coconut milk, barengan santan produk negara lain. Tapi dari sekian pilihan, buat saya tetap Kara yang terbaik, terutama yang coconut cream (lebih kental dibanding yang coconut milk), tapi harganya lebih mahal juga, hehe.

Oia saya juga pernah nemu bumbu nasi goreng Indofood di Pak ’n Save. 

Toko Asia

Di toko-toko Asia, pilihan produk Indonesia jauh lebih banyak dibanding di supermaket #yaiyalah. Tidak hanya produk Indonesia, toko Asia juga menjual produk dari negara-negara lain di Asia, seperti Tiongkok, Jepang, Korea, Malaysia, Thailand, Filipina, dll. 

Kalau butuh saos sambal, kecap manis, aneka bumbu masakan Indonesia, kerupuk, hingga jajanan, toko Asia lah tempatnya. Dengan keberadaan toko Asia, kita tetap bisa masak masakan Indonesia deh. Sayangnya saya ga pernah nemu bawang merah seperti di Indonesia (shallots maksudnya, bukan red onion, UPDATE: ada dink di Tai Ping tapi mahal pisan) dan cabe merah keriting, huhu. Dulu di Jepang masih bisa dapat dua bahan itu dari Toko Indonesia di daerah Okubo.

Toko Asia ini macam-macam, ada yang kecil seperti minimarket, ada juga yang lumayan gede seperti supermarket. Dan mereka biasanya punya beberapa cabang di Auckland, jadi silakan dicek ya di website masing-masing, di mana lokasi terdekatnya.

Toko Asia yang pernah saya datangi dan menjual produk Indonesia yakni:

  • Tofu Shop. Tofu Shop bisa dibilang pilihan utama saya kalau mau belanja banyak produk Indonesia. Biasanya saya ke Tofu Shop di Newmarket karena itu yang lokasinya paling dekat dan produknya cukup untuk kebutuhan saya. Di situ ada rak sendiri khusus untuk produk Indonesia. Kalau mau Indomie kuah atau Indomie rasa lain yang ga ada di supermarket, di sini juga tempatnya. 
  • Tai Ping Supermarket. Sesuai namanya, Tai Ping ini terbilang gede. Tidak hanya menjual produk-produk dari negara-negara Asia, mereka juga menjual sayuran dan buah segar, serta aneka produk beku.
  • Lim Chhour. Saya cek di Google Map, di Auckland hanya ada di 2 tempat, yakni di K-Road (Auckland CBD) dan Manukau. Ini mirip-mirip dengan Tai Ping. Saya biasanya ke Lim Chhour yang di K-Road. Enaknya di sana, di depannya ada food court dan ada beberapa yang menjual makanan halal. Masakan Thailand dan Malaysia kalau ga salah.
tofu shop
Rak produk Indonesia di Tofu Shop Newmarket

Restoran Indonesia

Malas atau tidak bisa masak sendiri, bisa juga makan di restoran Indonesia. Diingat-ingat, saya belum pernah rupanya makan di restoran Indonesia di Auckland ini, ahaha. Jadi saya ga bisa kasih rekomendasi mana-mana aja restoran Indonesianya. Silakan googling sendiri yaa, atau cek di TripAdvisor, hehe.

Usaha Rumahan

Di Auckland ada beberapa orang Indonesia yang menjual masakan khas Indonesia, seperti masakan Padang, Makassar, dan lain-lain. Ada yang buka pre order, ada juga yang ikut jualan di berbagai event di Auckland. Bagi yang lokasinya jauh, orderannya bisa dikirim ke alamat.

Buat penyuka tempe, bisa juga order ke yang usaha bikin tempe. Kadang ada juga yang jual tempenya di acara-acara khusus orang Indonesia. 

Alhamdulillah ya masih terbilang mudah untuk mendapatkan makanan Indonesia di Auckland ini. Perlu diingat bahwa di tiap toko produknya belum tentu sama, misal di cabang A ada produk X, tapi di cabang B belum tentu ada. Dan ga usah konversi harga-harganya ke rupiah ya, karena kamu pasti kan terkezut, wkwk. Karenanya saya merasa saat awal-awal pindah ke luar negeri, perlu deh bawa sejumlah bahan makanan Indonesia, hehe.

Baca juga: Daftar Barang yang Perlu Dibawa untuk Tinggal di Luar Negeri

Semoga makin banyak lagi ya produk Indonesia yang masuk ke pasar New Zealand ini, aamiin.

Salam,

Reisha Humaira

3 tanggapan untuk “Belanja Produk Makanan Indonesia di Auckland

  • 13 Januari 2020 pada 04:38
    Permalink

    Mba coba deh belanja ke countdown, disitu ada bawang merah
    ,

    Balas
    • 13 Januari 2020 pada 09:10
      Permalink

      Bawang merah seperti yang di Indonesia maksudnya mba. Setau saya di sini adanya bawang merah yang gede, yang seukuran bawang bombay yang biasa dipakai untuk salad.

      Balas
  • 22 Januari 2020 pada 03:18
    Permalink

    wah asyik juga ya ada sperti ini , membantu kita yg mau belanja

    Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: