Water Fun: Main Air di SnowBay TMII

Selasa, 10 Januari 2017

Saya belum pernah ke waterpark sebelumnya, jadi liburan ke Jakarta tahun lalu saya alokasikan salah satunya untuk ke waterpark. Sekalian mau coba bawa Akas main air, belum pernah juga soalnya. Saya coba browsing pilihan waterpark di Jakarta, ternyata banyak juga ya, aaaa. Jadi bingung milihnya. Kalau googlingwaterpark Jakarta” sih paling atas keluarnya Waterbom Jakarta, tapi karena di Jakarta Utara jadi saya skip deh. Kami berencana di waterpark setengah hari saja, siangnya mau langsung balik ke Bandung.

Malas browsing dan ga mau pusing, akhirnya saya pilih ke SnowBay TMII aja, balik lagi deh ke TMII. Kami beli tiket langsung di loket, ga ingat berapa harganya karena suami yang bayar dan kalau ga salah sedang ada promo juga. Setelah masuk, kami langsung menyewa loker, ganti pakaian, dan menyimpan barang-barang.

Baca juga: Wisata DKI: Keliling Indonesia di TMII

Baru masuk SnowBay, masih ceria

Kami segera berjalan ke area waterpark. Sesuai namanya, nuansa waterpark-nya dibuat seperti berada di daerah bersalju. Begitu masuk, di sisi kanan kita menemukan kolam dengan Big Bucket yang rutin menumpahkan air dan wahana Moby Zone pada ikan paus besar. Di sisi kiri ada Toodle Zone, wahana untuk anak-anak. Terus jalan, kita akan menemukan tempat makan lalu area SnowBay Beach.

SnowBay Beach saat airnya tenang, sepi serasa milik sendiri, haha

SnowBay Beach didesain seperti pantai. Makin ke tengah makin dalam. Airnya pun dirancang bergelombang seperti ombak dalam selang waktu tertentu. Jadi memang berasa di pantai. Kalau mau berenang, bisa banget di sana, terutama pas airnya tenang. Tapi karena saya belum bisa berenang, saya cuma main di area yang dangkal aja.

SnowBayBeach saat airnya bergelombang

SnowBay saat itu relatif sepi, namanya juga liburan di hari kerja, hehe. Alhamdulillah jadinya tidak perlu mengantre lama untuk mencoba tiap wahana, malah kadang ga ada antrean sama sekali. Karena bawa Akas dan tentunya sejumlah wahana ga bisa dinaikin sama Akas, kami bergantian menjaga Akas. Kadang suami jaga Akas, saya dan adik saya main di wahana, atau sebaliknya. Kadang juga adik saya yang jaga Akas, suami dan saya yang main.

Wahana yang seru buat orang dewasa menurut saya sebagai berikut. (tapi maaf saya ga punya foto semua wahananya, hehe)

  1. Hurricane

    Wahana ini katanya paling diminati di sana, kalau hari libur mungkin ngantre banget ya. Kita meluncur menggunakan ban, sepertinya jumlah orangnya harus genap, 2 atau 4 orang pada satu ban. Bagian wahananya ada yang berbentuk seperti corong besar, dan di bagian ini kita akan naik, turun, dan berputar-putar, lalu akhirnya mendarat di kolam. Seru! Pada wahana ini kita mesti angkat sendiri bannya ke atas. Saya rasanya nyoba 2-3x. Kalau ga mesti angkat-angkat ban saya mau deh sering-sering, haha. Angkat ban gede sambil naik tangga rada capek soalnya walaupun ngangkatnya berdua sama suami, hehe.

    Sungai buatan di SnowBay dan wahana Hurricane di ujung sana
  2. Tube Coaster

    Ini wahana buat meluncur dengan jalur berkelok-kelok. Kita juga menggunakan ban, bisa sendiri atau berdua pada satu ban. Saya juga nyoba 2x, malas berulang-ulang karena mesti angkat-angkat ban juga ke atas, haha #lemah.

  3. Flush Bowl

    Nah kalau yang ini saya ga nyoba, suami aja yang nyoba waktu itu. Kita disuruh meluncur pada tunnel yang cukup curam, lalu tubuh kita akan berputar-putar pada bagian yang berbentuk seperti mangkuk, lalu terlempar pada kolam yang cukup dalam. Ga perlu angkat-angkat ban, tapi saya takut nyoba karena ending-nya di kolam dalam itu. Sebenarnya ada penjaganya dekat kolam, dan ada tali juga untuk pegangan, tapi saya tetap ga berani, hihi.

    Ujungnya Tube Coaster dan mangkoknya Flush Bowl
  4. Everslide

    Ini bentuknya seperti perosotan panjang dan kita meluncur dengan ban. Ban lagi ban lagi, haha. Tapi ini bannya lebih kecil karena buat dipakai sendiri-sendiri. Dan jalan ke atasnya lebih landai, bukan tangga seperti di wahana lain.

  5. Typhoon River

    Biasa disebut kolam arus, ini wahana santai sih. Kita bisa tiduran di atas ban yang hanyut terbawa arus sungai buatan di sekeliling SnowBay.

    Santai di Typhoon River menikmati goa berlampu

Saya puas main wahananya, tapi sebaliknya, Akas banyakan nangis selama di sana, argh. Dari bayi Akas memang sering ga enjoy main air selain main air di ember pas mandi. Waktu bayi dibawa ke baby spa, dia nangis-nangis, rugi emak rasanya udah bayar mahal. Dibawa ke pantai dia nangis-nangis juga denger suara ombak. Di SnowBay apalagi.

Dibawa keliling lihat-lihat SnowBay biar tenang

Dibawa ke area Toddle Zone, expectation: dia bakal minimal main-mainin airnya, reality: ga mau nyentuh airnya, nangis kena shower. Lihat saya nyoba kena siram ember tumpah, dia jejeritan. Dibawa ke pinggir SnowBay Beach, cuma bertahan tenang sekejap, trus nangis minta keluar. Dibawa naik ban di kolam arus, dia masih nangis dan peluk saya kuat-kuat.

Big Bucket, salah satu tersangka yang bikin Akas jejeritan

Saya duga Akas ga enjoy karena airnya dingin. Yaa selama ini kalau mandi di rumah masih lebih sering pakai air hangat sih. Ya sudahlah, jadi pelajaran, lain kali coba bawa ke kolam yang airnya hangat deh.

Toodle Zone yang airnya dingin

Setelah puas dan cape main, kami pun segera bersih-bersih, mandi, dan bersiap untuk kembali ke Bandung. Semangat buat pak suami yang masih harus nyetir sampai ke Bandung, heuheu.

Berikut beberapa catatan saya dari pengalaman ke SnowBay TMII ini.

  • Saat membeli tiket, kita mendapatkan brosur SnowBay. Berguna banget jadi tau areanya dan lokasi wahananya di mana aja. Ga perlu keluarin HP lagi deh buat cari info, toh riskan juga basah-basah bawa HP.
  • Buat saya yang pertama kali ke waterpark, saya puas dan merasa SnowBay seru. Tapi buat yang suka tantangan atau sudah pernah coba tempat lain, mungkin Snowbay bakal terasa kurang seru.
  • SnowBay bisa dibilang ga terlalu luas, jadi beberapa jam aja di sana cukup deh, kalau sepi. Kalau seharian mungkin bosan juga mengulang-ulang wahana yang sama. Sisa waktu bisa dipakai mengunjungi tempat lain di TMII. Entah deh kalau lagi rame, mungkin dengan ngantrenya bakal habis seharian juga ya? Kalau pengen puas main seharian dengan wahana yang banyak, mungkin sebaiknya coba cari waterpark lain yang lebih besar.
  • Kalau mau foto-foto di sana ataupun di waterpark pada umumnya, siapkan kamera yang waterproof atau pakai pelindung anti air untuk kamera/HP yang digunakan. Suami alhamdulillah punya kamera waterproof jadi kami selalu pakai itu kalau snorkeling, berenang, atau main air.
  • Main ke SnowBay enakan jumlah orangnya genap, biar ga ada yang ditinggal sendirian pas naik Hurricane, hehe. Dan kalau bawa anak kecil yang mesti dijagain, enakan jumlah orang dewasanya minimal bertiga. Waktu itu untung aja ada adik saya yang ikut. Tadinya rencananya cuma suami, saya, dan Akas. Kalau ga ada adik saya, bisa-bisa kami ga nyoba Hurricane karena naiknya ga bisa sendiri.
  • Harga makanan di dalam SnowBay relatif mahal, jadi siapkan uang atau mending makan di luar aja, hihi.

Demikian pengalaman kami ke SnowBay. Berikutnya enakan ke waterpark mana lagi yaa? Hehe.

Salam,

signature

Satu tanggapan untuk “Water Fun: Main Air di SnowBay TMII

Leave your comment