5 Lagu untuk Mengenalkan Rukun Iman kepada Anak

Dipikir-pikir lagu itu bisa jadi salah satu media pembelajaran ya buat anak. Orang biasanya lebih mudah mengingat kata-kata dalam sebuah lagu, baik itu anak-anak ataupun dewasa. Oleh karena itu rasanya penting sekali memilih lagu yang baik untuk anak.

Baca juga: Yuk, Terapkan Lagu “Aku Anak Sehat” untuk Menuju Indonesia Sehat

Bicara tentang lagu anak, kesannya saat ini di Indonesia miskin banget ga sih dengan lagu anak? Rasanya dikit banget penyanyi anak yang ngetop, ga seperti saat kita (kita?) kecil dulu. Anak-anak juga kok ya lebih familiar dengan lagu dewasa yang tidak sesuai dengan umurnya. Ya wajar aja kalau di lingkungan mereka lebih sering diputar lagu-lagu seperti itu ketimbang lagu anak.

Sejauh ini saya selalu berusaha menjaga agar Akas lebih kenal dengan lagu anak ketimbang lagu lain. Kalau ga lagu anak, ya lagu Islami. Dan saat ini sebenarnya banyaaak sekali lho pilihan lagu anak yang bisa kita temukan di Youtube, sampai ada video animasinya segala. Ga cuma lagu-lagu berbahasa Inggris ya, lagu berbahasa Indonesia pun banyak.

Kali ini saya mau nge-list lagu-lagu yang sering kami dengar yang sekalian bisa digunakan untuk mengenalkan rukun iman kepada anak. Ngomong-ngomong masih ingatkah dengan rukun iman? Haha. Coba di-list dulu ya buat pengingat. 😛

Iman kepada Allah
Iman kepada para malaikat Allah
Iman kepada kitab-kitab Allah
Iman kepada para rasul Allah
Iman kepada hari kiamat
Iman kepada qada dan qadar
6 Rukun Iman

Oia lagu Islami ini kalau dicari ada banyak banget di Youtube. Banyak yang bikin lagu Islami dengan irama lagu anak yang sudah dikenal tapi liriknya diganti. Ada ga yang pernah dengar lagu tentang 25 rasul tapi pakai irama lagu Balonku? Atau lagu tentang haji tapi pakai irama lagu Naik Becak? Tapi buat otak saya sebagian lagu yang seperti itu susah sinkronnya, heuheu.

Baiklah, langsung aja ya masuk ke daftar lagu yang berkaitan dengan Rukun Iman. Saya cuma bisa nulis judulnya karena ga tahu penyanyi aslinya siapa, hehe.

Allah Satu

Lagu ini pertama kali saya dengar waktu kecil dulu. Ada tante saya yang beliin kaset lagu anak Islami, saya jadi sering denger karena itulah satu-satunya kaset lagu anak yang kami punya, sampai hafal semua lagu-lagunya. Lalu kaset itu hilang entah ke mana. Pas dewasa pas nemu ada yang upload mp3 album itu, jadi nostalgiaaa.

Lirik lagu Allah Satu ini menegaskan bahwa Allah itu hanya satu, hanya kepada Allah lah kita menyembah. Mungkin terinspirasi dari QS. Al-Ikhlas. Berikut liriknya.

Allah satu, hanya satu
Hanya Allah yang kita sembah
Maha Pengasih, Maha Penyayang
Dialah Allah Tuhanku

Hanya kepada Allah aku memuja
Hanya kepada Allah aku meminta
Hanya kepada Allah aku berdoa
Dan mohon pertolongan hei hei

Allah satu, hanya satu
Hanya Allah yang kita sembah
Hanya Allah Maha Pencipta
Dialah Allah Tuhanku

Saya ga nemu di Youtube jadi saya share mp3-nya aja ya.

Siapakah Tuhanmu

Lupa dulu dengar lagu ini dari mana, tapi udah ada aja di kepala. Liriknya mengingatkan saya bahwa nanti kita akan ditanyai pertanyaan-pertanyaan ini di alam kubur.

Siapakah Tuhanmu?
Apa agamamu?
Siapakah nabimu?
Apa kitabmu?

Tuhanku adalah Allah
Agamaku Islam
Nabiku Nabi Muhammad
Kitabku Al-Qur’an

Ya… ya… ya… ya… Allah Tuhanku
Ya… ya… ya… ya… Muhammad nabiku
Ya… ya… ya… ya… Islam agamaku
Ya… ya… ya… ya… Al-Qur’an kitabku

Browsing di Youtube ternyata ada versi baru dengan irama sedikit berbeda, tapi saya lebih suka versi yang lama seperti di video ini.

10 Malaikat

Ini bukan lagu anak sih, tapi cuma keinget lagu ini untuk lagu tentang malaikat. Dulu ga sengaja dengar lagu Raihan ini, tapi setelah diulang-ulang kok asyik juga lagunya. Ga cuma nama-nama malaikatnya, di lagu ini juga dibahas tugas masing-masing malaikat. Liriknya jadi lumayan panjang, mungkin karena itu juga ga ada lagu versi anaknya, hehe. Tapi kalau mau diulang-ulang sama anak yang masih kecil sih cukup 2 bait awal lirik dulu aja.

Mari mengenal 10 malaikat
Dicipta Allah daripada cahaya
Ianya juga rukun iman kedua
Mari bersama kita hafal namanya

Jibril, Mikail, Ridhwan, Malik
Munkar, Nakir, Raqib, Atid
Izrail, Israfil semuanya
10 malaikat kita hafal namanya

Malaikat Jibril menyampaikan wahyu
Daripada Allah kepada para rasulnya
Mikail pula turunkan rezeki
Dapat rezeki ucaplah alhamdulillah

Malaikat Ridhwan menjaga syurga
Wajahnya manis berseri sinarnya
Malaikat Malik menjaga neraka
Berdoalah kita moga tidak ke sana

Mungkar dan Nakir menyoal di dalam kubur
Raqib dan Atid catat kebaikan dan kejahatan

Izrail pula mencabut nyawa
Moga kita mati dalam husnul khatimah
Israfil pula meniup sangkakala
Itulah tanda dunia kiamat akhirnya

Silakan dengar lagunya dari video ini ya.

25 Rasul

Dulu saya ga pernah hafal nama 25 rasul secara berurutan, lalu ketemulah dengan lagu Raihan yang berjudul 25 Rasul, barengan dengan lagu 10 Malaikat. Diulang-ulang langsung hafal deh nama 25 rasul, segitu gampangnya ya menghafal dengan lagu, heuheu. Nah belakangan saya nemu versi Alif dan Sofia, ini lebih menarik buat anak tentunya, hehe. Berikut lirik lagunya.

Ashsholaatu ‘alannabbi
Wassalaamu ‘alarrasul
Wal anbiyaail mursaliin
Kulluhum mukramun

Selawat ke atas nabi
Sejahtera ke atas rasul
Nabi-nabi yang diutuskan
Mereka semua adalah mulia

Adam, Idris, Nuh, Hud, Saleh
Ibrahim, Luth, Ismail
Ishak, Yaqub, Yusuf, Ayub
Syuaib, Musa, Harun, Dzulkifli

Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa
Yunus, Zakaria, Yahya, Isa
Wal aakhiru khatimul anbiyaa
Muhammad al musthafaa

Ini video lagunya.

Nabi Tersayang

Saya tahu lagu ini dari DVD buku Muhammad Teladanku. Pertama denger langsung suka. Akas juga senang denger lagu ini. Karena dari buku Muhammad Teladanku, jadi lagu ini memang tentang Nabi Muhammad SAW aja. Ini lirik lagunya.

Tahukah kau nabi kita semua
Nabi Muhammad, nabi tersayang
Teladan kita sepanjang zaman
Tak akan pernah ku lupa

Dia kasihi semua umatnya
Dia berkorban untuk kita semua
Ayo ucapkan shalawat kepadanya
Allahumma shalli ‘ala Muhammad

Nabi Muhammad… Nabi Muhammad…
Nabi tersayang, nabi tercinta, Nabi Muhammad

Ini videonya ya kalau mau dengar lagunya.

Rupanya saya ga nemu lagu yang berhubungan dengan iman kepada hari kiamat serta qada dan qadar. Hari kiamat ada lah disebut sedikit di lagu 10 malaikat, terkait dengan tugas Malaikat Israfil. Tapi kalau qada dan qadar kayaknya ga ada ya, hmm. Lagian masih susah juga kayaknya jelasin konsep qada dan qadar kepada anak. Eh iya ga sih? Dulu pas pelajaran agama di sekolah saya merasa materi rukun iman keenam ini abstrak sekali dibanding yang lain, hehe.

Ada yang punya rekomendasi lagu anak lain yang berkaitan dengan rukun iman? Share yuk.

Salam,

signature

Satu tanggapan untuk “5 Lagu untuk Mengenalkan Rukun Iman kepada Anak

  • 30 November 2018 pada 13:16
    Permalink

    anak yang karakteristik belajarnya dengan audio itu emang cocok banget ya Mbak diajarkan dengan nyanyi-nyanyi seperti ini.
    tapi dengan lagu emang mudah menyampaikan pesan yah 🙂
    Mau ajarin ini ke anak-anak juga ahh, makasih ya Mbak 🙂

    Balas

Leave your comment