NZ Road Trip: Huka Honey Hive dan Semua Tentang Madu Manuka

Sabtu, 20 April 2019

New Zealand terkenal dengan produk madunya. Produk berbasis madu mudah sekali ditemukan di mana-mana. Jika jalan-jalan ke Taupo, cobalah mampir ke Huka Honey Hive. Puas deh nemu segala produk dari madu di sana. Masuknya gratis, juga gratis icip-icip madu. Lokasinya juga tidak jauh dari Huka Falls. Jadi bisa sepaket lah ya ke sananya, hehe.

Baca juga: NZ Road Trip: Huka Falls, Wajib Mampir Kalau ke Taupo

Ada Apa di Huka Honey Hive?

Huka Honey Hive is all about honey experience. Gitu kali ya kira-kira. Gerbang masuknya cute gini, jadi cukup menarik perhatian buat yang lewat di sana.

huka honey hive
Gerbang masuk

Di dekat pintu masuk juga ada spot foto dengan gambar lebah yang lucu. Jangan lupa foto-foto di sana #halah.

huka honey hive
Lebah-lebahku #halah

Begitu masuk, suasana lebah dan madu langsung kerasa, karena interiornya didominasi warna madu (kuning atau oranye ya itu namanya? kekeke). Jadi, ada apa aja di dalam? Secara umum bisa saya kelompokkan dalam tiga hal berikut.

Penjualan Aneka Produk Olahan Madu

Huka Honey Hive pada dasarnya adalah pusat penjualan berbagai produk terkait madu, mulai dari madu murni, makanan, minuman (liquor juga ada btw), kosmetik, hingga souvenir. Jadi begitu masuk bakal langsung nemu banyak rak yang memajang produk-produk yang mereka jual. 

huka honey hive
Suasananya madu banget

Brand produknya pun macam-macam. Jadi ini bukan tempat yang menjual spesifik satu brand saja. Tapi sepengamatan saya, kebanyakan produknya ada embel-embel madu manukanya.

kosmetik dari madu
Rak produk kosmetik berbahan madu

Oia ada es krim juga di sana. Es krimnya bukan hanya ada pilihan rasa madu, tapi juga ada rasa lainnya. 

es krim kapiti
Model es krim dadakan

Soal harga saya ga bisa bandingkan ya, karena pada dasarnya saya ga pernah mengamati harga produk madu di supermarket biasa di New Zealand, haha.

Mencicipi Madu

Masuk Huka Honey Hive tapi ga berencana belanja? Ga apa-apa kok. Tapi jangan lupa coba mencicipi madu ya, mumpung gratis, hihi. Ada berbagai jenis madu yang bisa kita cicipi. Kalau mau coba semua jenisnya juga boleh. Tapi untuk anak-anak di atas 1 tahun cuma boleh mencicipi maksimal tiga jenis madu saja.

Saat mencicipi madu saya baru tahu kalau ada madu yang teksturnya kental sekali kayak krim. Selama ini saya tahunya madu yang umum dijual di supermarket Indonesia aja, yang teksturnya kental tapi masih ngalir lancar jaya saat dituang dari botolnya. Saya lupa waktu itu icip madu apa aja, yang pasti saya icip madu manuka, karena selama ini belum pernah nyoba, haha.

madu manuka
Berbagai brand madu manuka

Oia selain icip madu, di Huka Honey Hive juga bisa icip liquor-nya. Liquor-nya pake madu juga, ga ngerti deh gimana. Kami ga mencicipi tentunya, jadi ga tahu seperti apa, hehe.

Edukasi Tentang Lebah

Walau sebangsa “toko”, Huka Honey Hive ini dibuat menarik dan edukatif. Di sana kita bisa mempelajari semua hal tentang lebah, bahkan lihat sarang lebahnya langsung.

sarang lebah
Sarang lebahnya dibalik kaca, ga kelihatan ya? Wkwk

Di Huka Honey Hive juga dipajang sejumlah alat jadul yang mungkin digunakan zaman dahulu sebelum teknologi lebih modern.

alat jadul madu
Peralatan jadul

Area Bermain Anak

Huka Honey Hive sangat kids friendly, jadi bawa anak-anak ke sana pun insya Allah ga bosan. Di sana ada mainan dengan tema lebah.

playground huka honey hive
Terbang sama lebah dulu

Ga semua tema lebah atau madu dink mainannya. Tapi ya intinya ada sejumlah mainan yang bisa dimainkan anak saat berkunjung ke sana.

mainan anak
Mainan lainnya
huka honey hive
Baca apa hayoo

Serba-Serbi Madu Manuka

Saya pertama kali tahu madu manuka dari bahasan emak-emak di Facebook. Katanya bisa membantu menyembuhkan demam, batuk pilek, dkk. Penasaran, saya cek harganya, ternyata mahal yaa. Sejak itu madu manuka saya sebut sebagai madu mahal, wkwk.

Kenapa Madu Manuka Mahal?

Buat saya, sebotol madu yang harganya 100an ribu rupiah aja udah mahal rasanya, apalagi madu manuka yang bisa beberapa kali lipat lebih mahal harganya. Dan yang bilang mahal ga cuma kita orang Indonesia aja kok, huehe.

Waktu icip madu di Huka Honey Hive, saya sempat nguping orang yang ngobrol sama petugas di sana, kebetulan lagi bahas madu manuka. Jadi katanya madu manuka itu dibuat lebah dari nektar bunga manuka (Leptospermum scoparium). Pohon manuka ini hanya ada di New Zealand, jumlahnya ga banyak, dan bunganya ga ada sepanjang tahun. Memanen madunya pun juga susah. Alhasil madu manuka itu tergolong rare. Maka dari itu harganya mahal. Uwow.

Tapi banyak banget tuh madu manuka dijual di mana-mana? Nah, katanya sebagian besar madu manuka yang dijual itu palsu atau udah dicampur dengan madu lain. Nah lo.

Coba tonton video berikut kalau mau tahu lebih lanjut, hehe.

Apa Manfaat Madu Manuka?

Madu semahal itu bukanlah untuk konsumsi sehari-hari, hehe. Biasanya orang beli madu manuka karena manfaatnya untuk kesehatan, seperti:

  • Membantu menyembuhkan luka.
  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi.
  • Memulihkan radang tenggorokan.
  • Mengatasi masalah asam lambung.
  • Menyeimbangkan sistem pencernaan.
  • Mengatasi jerawat dan eksim.

Apa Bedanya Madu Manuka Dibanding Madu Lain?

Kita tahu bahwa madu itu bagus untuk kesehatan. Tapi apa yang membedakan madu manuka ini dari madu lainnya?

Rupanya madu manuka ini mengandung antibacterial dari bahan aktif Methylglyoxal. Madu manuka juga punya antimicrobial, anti-inflammatory, antiviral, dan antioxidant yang bisa memperkuat sistem imun tubuh. Maka dari itu kadang madu manuka bisa digunakan sebagai obat.

UMF dan MGO Rating

Di kemasan madu manuka biasanya tertera angka UMF atau MGO Rating-nya berapa. Kedua rating ini mengukur kadar Methylglyoxal yang ada di dalam madu. Makin tinggi angka UMF atau MGO-nya, simpelnya berarti makin mendekati obat. 

Saya kurang paham beda kedua rating ini apa selain besaran angkanya, huehe. Itupun ada converter untuk kedua rating tersebut kok. Mungkin tergantung brand madunya ya mau pakai rating apa (maap malas Googling lagi, wkwk). Sepengamatan saya di Huka Honey Hive itu banyakan madunya pakai angka UMF. 

Sekian dulu cerita soal Huka Honey Hive dan madu manuka yaa. Semoga bermanfaat.

Salam,

Reisha Humaira

3 tanggapan untuk “NZ Road Trip: Huka Honey Hive dan Semua Tentang Madu Manuka

  • 31 Oktober 2019 pada 22:07
    Permalink

    Uwu~ Keren bgt Mba Reisha tempat madunya ih well designed bgt gituh, itu terniat bgt yah toko madu tapi sebegitunya amat ya Mba, duh Indonesia kapaaan ada yg kaya gini, hahahahaha

    Balas
    • 1 November 2019 pada 09:37
      Permalink

      Di Indonesia banyak potensi sebenarnya ya mba. Kan hasil pertanian, perkebunan, dll. banyak. Hehe.

      Balas
  • 1 November 2019 pada 08:14
    Permalink

    Di Tokopedia banyak tuh yang jual madu Manuka dari Selandia Baru. Untuk sebotol isi 0,5 kg, harganya dijual mulai dari 400 ribu perak. Kayaknya yang paling laris itu merk Hillary Farm.

    Balas

Leave your comment