5 Lokasi Terbaik untuk Melihat Cherry Blossom di Auckland

Zaman dahulu kala, saya kira cherry blossom alias sakura itu hanya ada di Jepang. Tapi ternyata tidak. Saya melihat foto-foto teman-teman saya bersama cherry blossom, mulai dari Korea, Eropa, hingga Amerika. Begitu tinggal di Auckland, saya duga cherry blossom itu juga ada di sini. Daaan benar saja, ada beberapa tempat yang ditanami banyak pohon sakura.

Spring alias musim semi memang identik dengan bunga-bunga. Ga hanya sakura tentunya, masih banyak bunga yang lain. Hanya saja kali ini saya merasa hanya tertarik untuk mencari taman yang punya bunga sakura.

Kenapa? Pertama, saya bisa nostalgia dengan masa-masa di negeri sakura dulu. Kedua, untuk urusan flora, saya merasa Jepang masih menang banyak dibanding New Zealand. Sepanjang tahun 2012 saya hunting banyak sekali jenis bunga di Jepang (itupun masih banyak yang saya lewatkan) dan rasanya sulit menemukan yang sebagus itu lagi. Ketiga, saya udah ga sebebas dulu lagi, ga ada waktu untuk pergi ke mana-mana “hanya” demi hunting foto-foto bunga, wkwk. Jadi cukuplah dibatasi dengan cari sakura aja.

Di Auckland sendiri, dulunya pun saya kira cherry blossom itu hanya ditanam di taman-taman tertentu aja, beda dengan di Jepang yang di mana-mana ada. Lagi-lagi perkiraan saya salah, karena di beberapa tempat saya nemu juga, entah itu di pinggir jalan atau di halaman rumah orang. Tapi ya itu, jumlahnya dikiiit banget. Padahal kan enaknya lihat yang pohonnya buanyak.

Dari perburuan saya sepanjang musim semi tahun 2019 ini, ada lima tempat yang saya rekomendasikan untuk melihat cherry blossom di Auckland. Ini saya urutkan berdasarkan waktu kedatangan saya ke lokasinya aja ya.

Cornwall Park

Ketika saya googlingcherry blossom Auckland”, yang pertama keluar adalah Cornwall Park. Jadi saya udah merencanakan banget dari lama untuk datang ke sana. Dari googling juga saya nemu info bahwa katanya cherry blossom mulai mekar di Auckland pada akhir September. 

Tanggal 21 September saya coba ke Cornwall Park. Waktu itu mikirnya buat cek lokasi aja sekalian ajak Akas main. Cornwall Park ini luas banget, menyatu dengan One Tree Hill Domain, sementara saya browsing ga nemu cherry blossom-nya persisnya lokasinya di sebelah mana. Saya start dengan bawa Akas main ke Cornwall Park Playground. Dari situ rupanya kami mesti jalan kaki setengah jam lebih untuk sampai ke lokasi cherry blossom-nya, wkwk. Maklum ga punya mobil. Dan waktu itu udah ada sedikit sakura yang muncul, tapi overall bisa dibilang belum mekar sama sekali.

Lalu tanggal 6 Oktober kami kembali lagi ke sana, berharap lagi bagus-bagusnya. Belajar dari pengalaman sebelumnya, kali ini kami ambil jalur berbeda. Alhamdulillah sudah banyak cherry blossom-nya yang mekar, tapi ga semua pohon donks, ckckck. Jadi ada dua kelompok pepohonannya di sana, yang satu yang ditanam berdekatan seperti taman, satu lagi yang ditanam di pinggir kiri-kanan jalan setapak. Yang di pinggir-pinggir jalan itu belum ada yang mekar. Weleh.

cherry blossom cornwall park
Cherry blossom yang udah mekar di Cornwall Park
cherry blossom cornwall park
Bagian yang belum mekar
cherry blossom cornwall park
Closer look
cherry blossom cornwall park
Taruh HP di tanah, pasang timer, wkwk

Tips buat yang mau lihat cherry blossom di Cornwall Park:

  • Akses terdekat ke cherry blossom-nya adalah dari gerbang masuk di Pohutukawa Drive. Dari gerbang masuk jalan lurus aja, ntar bakal kelihatan kok dari pinggir jalan.
  • Waktu mekarnya bagusnya mungkin sekitar minggu kedua atau pertengahan Oktober.
  • Weekend di musim cherry blossom tampaknya di Cornwall Park ini selalu ramai. Jadi kalau prefer sepi mending ke sana saat weekday aja. Kami ke sana hari Minggu, banyak banget yang piknik. Ada juga sekelompok orang Chinese yang foto-foto dengan pakaian tradisional mereka.
  • Cornwall Park ini luas banget, banyak juga yang bisa dilihat di sana. Jadi kalau jarang-jarang bakal ke sana, mending alokasikan aja waktu seharian biar sekalian keliling-keliling.

Centennial Park

Dibanding lokasi lain yang saya sebutkan di sini, Centennial Park ini bisa dibilang yang paling kecil dan ga terkenal. Tapi justru di sanalah saya puas banget lihat cherry blossom-nya dibanding tempat lain di Auckland. Mungkin karena timing-nya pas (kami ke sana tanggal 12 Oktober) dan bunga-bunganya terlihat lebih banyak dan penuh.

Nemu taman ini pun ga sengaja. Ceritanya dulu saya browsing Google Maps, mencari taman-taman yang ada playground-nya. Pas bagian Centennial Park ini, saya lihat di fotonya ada pohon cherry blossom. Satu pohon aja kelihatan di foto itu, tapi saya tandain aja kalau mesti coba ke sana pas musim cherry blossom. Toh ada playground-nya juga, jadi sekalian bawa Akas main. 

Dan apa yang saya temukan di sana melebihi ekspektasi. Pohon cherry blossom-nya ga cuma satu, tapi ada beberapa. Sepi pula tempatnya walau weekend, wkwk.

cherry blossom centennial park
Love love love
cherry blossom centennial park
Kayak gini kira-kira foto yang dulu dilihat di Google Maps
cherry blossom centennial park
Difoto dari arah playground
cherry blossom centennial park
Closer look

Tips buat yang mau lihat cherry blossom di Centennial Park:

  • Akses terdekat ke cherry blossom-nya adalah dari Peary Road. Tamannya di sekitar komplek perumahan.
  • Waktu mekarnya bagusnya mungkin sekitar minggu kedua atau pertengahan Oktober.
  • Di sana ada playground dan lapangan rumput yang cukup luas, jadi cocok buat yang punya balita, hehe.

Auckland Botanic Gardens

Awalnya saya agak ragu apa bisa ke sana, karena lokasinya cukup jauh dari rumah. Naik bus bisa makan waktu 1.5 jam. Hingga pas banget ada momen lain jadi kami rental mobil, dijabanin deh ke sana. Yaa namanya botanic garden, isinya taman-taman dengan berbagai jenis bunga tentunya. Berhubung kami rencananya di sana cuma sebentar, kami memang ga eksplor banyak di Auckland Botanic Gardens ini.

Kami ke sana tanggal 19 Oktober, tapi sepertinya saat itu sudah lewat dari waktu mekar terbaiknya. Alhamdulillah cherry blossom-nya masih ada, tapi bunganya udah banyak yang rontok dan dedaunan udah mulai tumbuh.

cherry blossom auckland botanic gardens
Bagian Spring Blossom Valley
cherry blossom auckland botanic gardens
Udah berkurang bunganya
cherry blossom auckland botanic gardens
Foto dari bawah biar lebih banyak kelihatan bunganya
cherry blossom auckland botanic gardens
Closer look

Tips buat yang mau lihat cherry blossom di Auckland Botanic Gardens:

  • Auckland Botanic Gardens dibagi menjadi beberapa area. Cherry blossom berada di area Spring Blossom Valley.
  • Waktu mekarnya bagusnya mungkin sekitar pertengahan Oktober.
  • Di Auckland Botanic Garden ga boleh pakai scooter, sepeda, skateboard, dkk. Wilayahnya ditujukan untuk jalan kaki (kalau stroller dan kursi roda sih boleh). Jadi siapkan kakinya untuk berjalan, pakai alas kaki yang nyaman.

Auckland Domain

Dulu saya ga tahu bahwa di Auckland Domain ini ada cherry blossom-nya, padahal lokasinya lumayan dekat dari rumah. Begitu udah tahu pun saya ga gitu niat ke sana, soalnya tamannya juga luas dan saya ga tahu lokasi bunganya di mana. Mager aja jalan buat nyari, wkwk.

Lalu suatu hari ada temen yang posting foto cherry blossom di sana, langsung deh saya tanya lokasi persisnya di mana. Tanggal 21 Oktober langsung deh saya mampir ke sana sebelum jemput Akas dari sekolahnya. Ga jauh beda dengan Auckland Botanic Garden, saya udah telat juga ke sananya. Bunganya udah banyak yang rontok. Tapi yaa ga apa-apa lah ya dari pada tidak sama sekali, hehe.

cherry blossom auckland domain
Dari jauh kayak udah hampir habis bunganya, heuheu
cherry blossom auckland domain
Tampak dari samping jalan setapak
cherry blossom auckland domain
Closer look

Tips buat yang mau lihat cherry blossom di Auckland Domain:

  • Akses terdekat ke cherry blossom-nya adalah dari Grafton Mews. Di Google Maps ada jalurnya bernama Cherry Grove.
  • Waktu mekarnya bagusnya mungkin sekitar pertengahan Oktober.
  • Kalau mau lihat cherry blossom aja sih aksesnya ga gitu jauh dari jalan gede. Tapi kalau mau lanjut muter-muter Auckland Domain, dari lokasi cherry blossom ini jalannya nanjak, jadi lumayan juga buat jalan, heuheu.

Fo Guang Shan Temple

Begitu suami dapat info kalau di Auckland ada temple, langsung deh saya browsing. Dan rupanya di sana juga ada cherry blossom-nya. Wah, jadi masuk tempat yang mesti didatangin nih pas musim sakura. Kebayang aja foto-foto dengan cherry blossom berlatar temple, berasa di Jepang gitu deh, wkwk.

Di Fo Guang Shan ini tiap tahun sepertinya diadakan Cherry Blossom Festival. Kami cek di website-nya, tahun 2019 ini jadwal festivalnya tanggal 23-24 November. Nah dari lokasi-lokasi di atas kan semua udah mekar ya di pertengahan Oktober. Saya jadi suudzon, telat amat ih festivalnya. Apa ga keburu habis itu bunga-bunganya?

Waktu ke Auckland Botanic Garden itu kami sekalian juga deh datang ke Fo Guang Shan. Eh ternyata di Fo Guang Shan itu cherry blossom-nya belum ada yang mekar sama sekali donk. Gile gile. Pantes ajaaa festivalnya baru bulan November, haha.

Berhubung kami males berfoto di keramaian, kami memutuskan untuk datang ke sana setelah festival saja. Tanggal 26 November kami ke sana, tapi cherry blossom-nya tidak sesuai bayangan, heuheu. Jenis bunganya berbeda, tipenya yang bergerombol gitu, bukan yang memenuhi seluruh dahan dan ranting pohon. Beda jenis pantas aja beda waktu mekarnya, hehe.

cherry blossom fo guang shan
Temple-nya bikin berasa di Jepang
cherry blossom fo guang shan
View ke arah lain dari temple
cherry blossom fo guang shan
Tetap dengan sudut pengambilan dari bawah, huehe
cherry blossom fo guang shan
Mendekat ke temple
cherry blossom fo guang shan
Closer look

Tips buat yang mau lihat cherry blossom di Fo Guang Shan Temple:

  • Akses ke sana sesuai Google Maps saja, ga susah kok nyarinya, hehe.
  • Waktu mekarnya bagusnya mungkin sekitar pertengahan November. Pilih ke sana saat cuaca cerah ya.
  • Kalau suka festival, coba ke sana saat Cherry Blossom Festival aja. Temple-nya tutup hari Senin.

Oia, di atas semua perkiraan waktu saya kasih kata “mungkin” ya, karena bisa aja beda waktunya di tahun berbeda. Dulu di Jepang sih gitu soalnya.

Demikian tempat-tempat yang menurut saya paling oke didatangi untuk melihat cherry blossom di Auckland. Paling suka yang mana? 😀

Salam,

Reisha Humaira

Satu tanggapan untuk “5 Lokasi Terbaik untuk Melihat Cherry Blossom di Auckland

  • 7 Desember 2019 pada 01:05
    Permalink

    MasyaAllah cantik nya, kapan ya bisa kesana

    Balas

Leave your comment