Seri Campervan: Review Aplikasi untuk Road Trip di New Zealand

Kalau pakai campervan, nanti parkir untuk nginapnya di mana? Buang isi toilet dan air kotornya di mana? Kalau ga ada shower di campervan, bisa mandi di mana ya? Toilet umum susah ga nyarinya? Dan seabreg pertanyaan lainnya soal di mana dan di mana, cukup sering ditanyakan oleh orang-orang yang berminat liburan dengan campervan di New Zealand. Belum pada tahu aplikasi untuk road trip mungkin ya, hehe.

Tidak perlu khawatir lho saat road trip di New Zealand. Pemerintah New Zealand memang sudah merancang negaranya untuk dijelajahi dengan road trip bahkan camping dengan tenda sekalipun. Semua fasilitas yang kita butuhkan selama road trip banyak tersedia di seantero negeri ini. Untuk mencari lokasi-lokasinya pun tidaklah sulit karena ada aplikasi-aplikasi yang bisa diandalkan untuk itu.

Sejauh ini ada tiga aplikasi yang pernah saya coba pakai untuk road trip dengan campervan di New Zealand. Sekilas sudah pernah saya jelasin di tulisan tentang seluk-beluk campervan. Kali ini saya coba review lebih detail satu per satu yaa.

Baca: Seri Campervan: 15 Hal Yang Harus Diketahui Seputar Campervan di New Zealand

Review Aplikasi CamperMate

CamperMate adalah aplikasi yang menyediakan informasi untuk camping, tidak hanya di New Zealand, tapi juga Australia. Begitu masuk ke aplikasinya, kita bisa melihat peta disertai dengan icon fasilitas camping yang ada.

Info yang ditampilkan menurut saya lengkap sekali. Di sini kita bisa menemukan info lokasi untuk camping dengan self-contained vehicle ataupun tidak, akomodasi penginapan, tempat wisata, toilet umum, restoran, tempat parkir campervan, tempat charge mobil listrik, dump station, ATM, SPBU, supermarket, wifi, information centre, rumah sakit, kantor polisi, tempat pembuangan sampah, public shower, tempat laundry, hingga playground.

Banyak banget yaaa. Tapi kita bisa melakukan filter dan pencarian dengan mudah. 

review aplikasi campermate untuk road trip
Halaman depan dan filter di aplikasi CamperMate

Untuk campground sendiri, di aplikasi ini dibagi dalam tiga kategori yang dibedakan dengan tiga warna: free campground (hijau), low-cost campground (biru), dan paid campground (ungu). Dengan perbedaan warna ini, begitu kita memfilter aplikasi untuk melihat info campground saja, langsung kelihatan deh yang gratis itu posisinya di mana saja, huehe.

Saat melihat detail informasi untuk suatu campground, bakal kelihatan juga di sana ada fasilitas apa saja, seperti apakah ada powered site, toilet, shower, wifi, dan sebagainya.

review aplikasi campermate
Halaman detail untuk sebuah campground di aplikasi CamperMate

Di aplikasi CamperMate, pengguna bisa ikut menambahkan data lokasi. Mungkin karena itu juga data di CamperMate ini buanyak sekali. Para traveler pun lumayan aktif ngasih review di aplikasi ini, jadi kadang nemu aja info tambahan selain yang dituliskan di deskripsi suatu tempat.

Hal yang menarik juga di CamperMate adalah adanya promo diskon campground ataupun akomodasi yang location-based. Jadi promonya ini baru muncul di notifikasi kalau kita berada di sekitar wilayah tersebut. Misal nih ketika kita udah mau masuk Queenstown, di aplikasi muncul info promo seputar penginapan di Queenstown. Tapi kalau itu saya cek saat masih berada di Auckland, biasanya promonya ga ada. Booking tempat pun bisa dilakukan lewat aplikasi ini.

Info promo dan rekomendasi di CamperMate
Info promo dan rekomendasi di CamperMate

Saya baru ngeh sistem notifikasi promonya itu setelah beberapa kali road trip sih. Jadinya kalau road trip dengan campervan, saya ga pernah lagi booking powered site dari jauh-jauh hari. Booking-nya kalau udah deket-deket lokasi yang dituju aja. Lagi pula kalau pakai campervan biasanya itinerary kami fleksibel, jadi kalau booking duluan berasa terikat banget dengan lokasi itu, padahal di tengah jalan bisa aja rencananya berubah, hehe.

Oia aplikasi CamperMate ini juga men-download database-nya ke HP kita, sehingga masih bisa dipakai tanpa koneksi internet. Ini membantu banget sih karena tidak semua tempat di New Zealand ada sinyalnya, apalagi di South Island. Pilihan offline map juga ada.

Overall, karena saya merasa data di CamperMate ini lengkap banget, aplikasi ini jadi andalan saya tiap melakukan road trip di New Zealand.

Advertisement

Review Aplikasi Rankers Camping NZ

Camping NZ adalah aplikasi camping bikinan Rankers, katanya 100% buatan lokal New Zealand. Semacam karya anak bangsa gitu kali ya, hehe.

Aplikasi ini menurut saya mirip-mirip dengan CamperMate, datanya juga lengkap. Review soal campground dan fasilitas lainnya juga ada.

Halaman depan dan filter aplikasi Camping NZ
Halaman depan dan filter aplikasi Camping NZ

Untuk campground, di aplikasi ini juga ada info free, low-cost, dan paid campground, tapi ditandai dengan bubble, bukan icon. Buat saya pribadi penandaan seperti itu bikin petanya terlihat terlalu ramai sih, apalagi kalau ga difilter sama sekali.

Camping NZ juga bisa dipakai secara offline, tapi sebelumnya pastikan offline map-nya sudah di-download terlebih dahulu. Offline map bisa di-download berdasarkan wilayah.

Review aplikasi Camping NZ
Halaman detail untuk sebuah campground di aplikasi Camping NZ

Dulu waktu awal-awal road trip, saya suka pake aplikasi ini barengan dengan CamperMate. Jadi semacam buat cross check informasi gitu deh. Tapi lama-lama saya lelah dan memilih CamperMate aja, haha.

Overall, Rankers Camping NZ ini juga oke, 11-12 dengan CamperMate. Saya memilih CamperMate karena udah lebih terbiasa aja.

Advertisement

Review Aplikasi Campable

Aplikasi yang satu ini baru saya ketahui setelah nonton Youtube-nya Teman Tapi Menikah saat mereka road trip untuk yang kedua kalinya di New Zealand. Penasaran karena direkomendasikan artis, saya pun mencoba meng-install aplikasi Campable ini.

Begitu membuka aplikasinya, saya terkesan dengan tampilannya yang terasa lebih modern dibanding dua aplikasi sebelumnya. Lebih kekinian gitu deh user interface-nya.

review aplikasi campable
Halaman depan dan filter aplikasi Campable

Tapi begitu saya telusuri aplikasinya, ternyata datanya bisa dibilang lebih minim dibanding CamperMate. Saya coba mencari campground yang sudah pernah kami pakai saat road trip sebelumnya, dan ternyata ga ada.

Selain itu saya juga agak kebingungan mencari campground yang gratis. Padahal campground yang gratis itu lebih banyak saya pilih saat road trip, haha. Hemat toh, dan tak jarang juga view di campground-nya bagus.

review aplikasi campable
Halaman detail dan pencarian di aplikasi Campable

Campable ini juga sepertinya tidak bisa dipakai secara offline. Begitu saya coba matikan koneksi internet, saat buka aplikasi, yang ditampilkan cuma layar kosong dengan animasi loading. Wah, padahal offline mode ini penting banget ketika kita berada di wilayah tanpa sinyal.

Dengan keterbatasan data di aplikasinya, saya pun bingung, kenapa ya artisnya merekomendasikan aplikasi ini? Pertanyaan ini baru terjawab ketika kami mencoba pakai Wilderness motorhome, yang biasa Ayudia dan Ditto pakai itu.

Advertisement

Jadi ketika pengambilan motorhome di Wilderness, mbak-mbak di Wilderness-nya ngasih tahu aplikasi ini. Trus juga Wilderness-nya ngasih kode promo diskon untuk campground yang bisa di-booking via aplikasi Campable ini. Nah, mungkin karena itu mereka juga jadi merekomendasikan di vlog-nya. Dan pada akhirnya sih kode promo Campable itu ga kepake juga buat kami, karena ternyata dengan Wilderness kami bisa menginap di free campground sepanjang road trip, huehe.

Overall, saya bingung keunggulan aplikasi ini apa, selain di user interface-nya, itupun kan relatif sebenarnya, wkwk. Saya cek lagi di Google Play, update terakhir aplikasinya itu tahun 2019, jumlah install-nya juga dikit banget dibanding CamperMate atau Rankers Camping NZ. Jadi, saran saya, ga usah repot-repot install aplikasi ini, haha.

Demikian review beberapa aplikasi untuk menunjang kenyamanan selama road trip versi saya. Ada yang udah pernah coba aplikasi-aplikasi di atas? Atau ada rekomendasi aplikasi lain? Share yuk!

Salam,

Reisha Humaira

3 thoughts on “Seri Campervan: Review Aplikasi untuk Road Trip di New Zealand

  • 15 September 2020 pada 21:16
    Permalink

    plan buat roadtrip sama naik campervan begini, semoga kesampaian.
    view di NZ memang nggak main main

    Balas
  • 18 September 2020 pada 02:31
    Permalink

    aplikasi yang memang sellau bermanfaat buat kita

    Balas
  • 25 September 2020 pada 11:42
    Permalink

    aku sempet donlot campermate :D. tp sejak si pandemi datang aku delete dulu, ntr aja kalo udh pasti mau pergi kapan ke nz wkwkwkwkwkw. malah sedih liat apliksinya msh nangkring di hp :D.

    iya sih aku cek2, berguna banget ini pasti. untuk nentuin tempat2 camperground. pas lagi cek2 tempatnya aja, aku sempet bikin itin kasar tuh, ntr mau stay di mana dll :D. saking ga sabarnya.. duuuuh, ntr kalo traveing udh bisa normal, aku pasti donlot ulang aplikasi ini

    Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: