Seri Campervan: Cara Booking Hingga Pengambilan Campervan di New Zealand

Cara booking campervan hingga pengambilannya lumayan berbeda dibanding kalau kita menyewa mobil biasa. Ada beberapa prosedur yang mesti dilalui terlebih dahulu, dan ini akan memakan waktu lebih banyak dibanding di rental mobil. Apalagi kalau sebelumnya belum pernah sama sekali menggunakan campervan.

Baca: Seri Campervan: 15 Hal Yang Harus Diketahui Seputar Campervan di New Zealand

Kali ini saya mau cerita gambaran proses booking dan pengambilan campervan dari pengalaman kami road trip dengan campervan Maui dan Britz. Maui dan Britz tergabung dalam satu grup perusahaan yang sama, jadi prosedurnya tidak berbeda.

Di Mana dan Bagaimana Cara Booking Campervan?

Cara booking campervan sebenarnya tidaklah sulit, cukup dilakukan secara online. Hal yang perlu disiapkan untuk booking campervan juga ga ribet kok, cuma butuh:

  1. SIM. Saat booking kita bakal ditanyai nomor SIM. Untuk campervan, cukup pakai SIM mobil kok walau ukuran campervan-nya agak mirip truk, hehe. Jadi, siapkan SIM A Indonesia, ditambah SIM Internasional atau terjemahan dari SIM A.
  2. Kartu kredit. Pilihan pembayaran yang tersedia biasanya hanya kartu kredit, ga bisa transfer bank yaa, hehe.

Saat pertama kali booking campervan, biasanya bingung donk ya yang aman dan bisa dipercaya itu di mana. Sepengetahuan kami, booking campervan bisa dilakukan melalui tiga cara berikut.

Booking Melalui Website Brand Campervan

Di New Zealand ada banyak sekali brand penyedia campervan. Yang sering kami lihat saat road trip itu di antaranya Apollo, Britz, Happy Campers, Jucy, Maui, Mighty, StarRV, dan Wilderness (urut abjad ya ini, hehe).

Di website tiap brand itu biasanya udah ada fitur untuk booking, jadi bisa banget langsung booking di sana. Kelebihan pakai cara ini adalah kita terhubung langsung dengan pihak campervan yang akan kita sewa. Kekurangannya, di sana jarang ada diskon, hihi.

Kami belum pernah sama sekali pakai cara ini karena saat dibandingkan dengan tempat lain, seringnya di website brand ini yang paling mahal harganya, hehe.

Booking Melalui Rankers

Rankers adalah website yang menyediakan informasi, review, aplikasi, dan fasilitas mencarikan mobil dan campervan untuk traveling di New Zealand. Untuk booking mobil dan campervan, sistemnya dengan request quotes.

Caranya, di website Rankers klik link untuk campervan quotes, nanti akan muncul form. Isikan data yang diperlukan, yakni tanggal dan tempat untuk pick up dan drop off campervan. Selanjutnya kita akan dikirimi quotes oleh berbagai brand via email, atau bisa juga refresh update-nya di website Rankers. Nanti akan ada CS dari Rankers yang akan komunikasi dengan kita via email untuk menyelesaikan proses booking ini.

Kelebihan pakai cara ini adalah kita bisa tanya-tanya dulu via email kalau bingung. Minusnya paling dari quotes yang dikirim itu ga ada info total biayanya nanti berapa kalau ditambah asuransi, jadi kita kudu nanya lagi ke CS. Dulu saat pertama kali mau road trip dengan campervan, kami booking via Rankers ini.

Baca: Persiapan Road Trip di New Zealand dengan Campervan

Booking Melalui VroomVroomVroom atau Motorhome Republic

Kedua website ini sama aja deh kayaknya. Beda di landing page aja, tapi kalau udah masuk ke hasil pencarian, layout-nya persis sama. Dan kalau udah booking, tagihan di kartu kredit nanti atas nama motorhomerepublic. VroomVroomVroom dan Motorhome Republic ini bisa dibilang semacam Traveloka tapi untuk sewa mobil dan campervan.

Di sana kita bisa mencari dan membandingkan harga berbagai brand campervan secara langsung. Hasil pencariannya biasanya banyak banget, jadi silakan filter lagi sesuai kebutuhan. Seru juga sih di sini bisa lihat foto berbagai model campervan, hehe.

Kalau udah menetapkan pilihan, bisa lanjut ke sistem booking-nya. Tinggal isi data, terus lanjut ke pembayaran. Setelah booking biasanya ada keterangan apakah yang kita booking udah langsung terpesan, atau mesti nunggu konfirmasi lagi dari brand-nya. Pembayaran baru ditarik dari kartu kredit kalau status booking kita sudah confirmed.

Di road trip kedua dan ketiga kami dengan campervan, kami booking dengan cara ini, karena praktis banget dan bisa tahu total harganya sejak awal.

Proses yang Dilakukan Saat Pengambilan Campervan

Dari 3x road trip, kami melakukan pengambilan campervan dari kantor Maui/Britz di Queenstown, Auckland, dan Christchurch. Kantor penyedia campervan biasanya berada di dekat bandara, jadi enak banget memang untuk para wisatawan yang datang ke New Zealand dengan pesawat.

Dari bandara, langsung aja telepon kantor campervannya, nanti bakal ada mobil shuttle yang menjemput. Sampai di kantor, silakan lapor dulu ke resepsionisnya.

resepsionis campervan
Resepsionis di kantor Britz Auckland Airport

Selanjutnya prosedur yang dilalui sebagai berikut.

Registrasi Ulang

Resepsionis bakal cek dulu data booking kita di sistem mereka dan menyiapkan berkas-berkas. Setelah itu kami disuruh mengisi ulang data booking di tablet yang disediakan. Agak bingung juga sih ini kenapa mesti isi ulang lagi datanya, hmm. 

isi data saat booking campervan
Ketik-ketik lagi ngisi data

Berikutnya disuruh nontonin video tentang campervan dan driving di New Zealand. Lumayan juga ini waktunya, tapi kalau baru pertama kali sewa campervan, saran saya tonton aja semua videonya dengan baik.

video tentang campervan
Nonton video tentang campervan

Penjelasan Umum Tentang Campervan

Udah beres dengan tablet, silakan lapor lagi ke resepsionis, lalu nunggu sebentar. Selanjutnya bakal ada satu staf yang di-assign untuk menjelaskan semua hal tentang ketentuan booking dan tentang campervan. Si mas/mbak staf ini bakal jelasin banyak hal, jadi dengar baik-baik ya, hoho.

penjelasan saat booking campervan
Penjelasan kontrak dan sebagainya

Penjelasan Langsung di Campervan

Berikutnya tahap yang paling seru sih, yakni ketemu langsung dengan si campervan, yay. Kita akan dibawa ke campervan, lalu mas/mbak staf bakal menjelaskan semua fasilitas penting yang ada di dalam campervan. Perhatikan baik-baik yaa, tanya aja sepuasnya sampai benar-benar paham.

penjelasan tentang campervan
Siap mendengarkan penjelasan masnya

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pengambilan Campervan

Menurut kami penting sekali untuk memperhatikan kondisi campervan pada saat pengambilan ini. Tujuannya biar selama perjalanan nanti ga bingung-bingung, udah paham bagaimana cara mengoperasikan campervan.

Jangan lupa perhatikan hal-hal berikut ini, terutama buat yang pertama kali menyewa campervan di New Zealand.

Cek Kondisi dan Kelengkapan Fasilitas Campervan

Ketika melihat langsung si campervan bersama stafnya, perhatikan baik-baik deh kondisi campervan-nya, apakah ada yang rusak, tergores, penyok, dan sebagainya. Gunanya biar kalau ada yang bermasalah, bisa langsung dikonfirmasi sehingga kita ga perlu ganti rugi kerusakan tersebut.

Tapi kalau booking-nya udah dengan asuransi penuh, kerusakan minor sih ga masalah sih biasanya.

Cek Colokan untuk Listrik di Campervan

Ini tuh gara-gara pengalaman kami saat road trip ketiga. Waktu itu kami booking campervan yang umurnya udah agak tua. 

Kalau ga nyolok ke listrik di powered site, di dalam campervan kita cuma bisa ngandalin colokan USB, jadi buat charge HP mah aman. Selama ini di campervan yang kami booking udah ada colokan USB-nya. Tapi di campervan ketiga, mungkin karena udah tua, ga ada donk colokan USB-nya. Adanya cigarette socket, itu lho, colokan satu lubang yang biasa ada di mobil.

Masalahnya kami baru nyadar belakangan kalau colokan USB ini ga ada, dan kudu pakai converter kalau mau bisa nyolokin USB. Untungnya saat itu kami masih berada di tengah kota jadi bisa cari dulu converter-nya. 

Jadi saran saya, saat masih cek-cek campervan itu periksa deh colokan listriknya kayak apa. Dan kalau perlu bawa aja converter cigarette socket ke USB itu untuk jaga-jaga, daripada kudu beli di sini, heuheu.

Latihan Cara Buka/Tutup Gas

Saat stafnya jelasin soal gas, kapan harus dibuka atau ditutup alirannya, dan bagaimana caranya; cobain juga deh. Anggap aja latihan bagaimana cara membuka atau menutup aliran gas, biar nanti ga lupa. Ini demi keamanan dan keselamatan juga soalnya.

tabung gas campervan
Cobain gimana buka/tutup aliran gasnya

Latihan Cara Lepas/Pasang Toilet Cassette

Staf bakal jelasin gimana sistem pembuangan dari toilet di campervan. Kotoran dari BAK dan BAB bakal masuk ke dalam toilet cassette. Kapasitas toilet cassette ini tentu terbatas, karenanya kita kudu buang isinya sebelum dia ga cukup lagi menampung.

Jangan lupa praktekin juga gimana cara lepas dan pasangnya, mumpung masih ada stafnya. Kalau salah trus nanti ada kotoran yang bocor kan berabe, huehe.

toilet cassette campervan
Siap-siap keluarin isi toilet cassette

Ambil Brosur Wisata

Ini ga mesti sih, tapi kali aja butuh, hehe. Di kantor campervan itu biasanya udah tersedia berbagai brosur dan majalah seputar pariwisata di New Zealand. Kalau mau, ambil aja, gratis kok.

brosur wisata di new zealand
Deretan brosur pariwisata New Zealand

Cek Rak Donasi Barang/Makanan

Ini baru kami ketahui saat mengembalikan campervan pada road trip pertama. Di kantor campervan yang kami datangi itu rupanya ada rak donasi, yang isinya barang-barang sisa dari traveler sebelumnya untuk didonasikan buat siapapun. 

Jadi kalau mau, cek aja deh barang-barang di rak itu, kali aja ada yang bisa dimanfaatkan. Lumayan banget kalau ada garam, sabun cuci piring, bumbu-bumbu, dan lain-lain; yang butuhnya sedikit tapi kalau dibeli adanya kemasan gede.

rak donasi campervan
Rak donasi di kantor Britz Queenstown Airport

Oia proses pengambilan campervan ini makan waktu lumayan lama, jadi anak yang nungguin bakal bosan kalau ga ada kegiatan. Di kantor Maui/Britz di Queenstown dan Auckland dulu alhamdulillah ada playground-nya, jadi Akas bisa main dulu di sana.

playground kantor campervan
Main di playground di kantor Britz Auckland Airport

Begitulah gambaran cara booking campervan dan bagaimana pengambilannya di hari H. Semoga bermanfaat ya!

Salam,

Reisha Humaira

Satu tanggapan untuk “Seri Campervan: Cara Booking Hingga Pengambilan Campervan di New Zealand

  • 18 Juni 2020 pada 21:32
    Permalink

    Waktu itu aku sampe udh cari tau detil ttg website campervan yg aku incer, udh liat bbrp YT yg ngejelasin ttg campervan NZ sampe udh itung2 biaya yg hrs aku kluarin kalo utk sewa campervan 16 hari . Semua udh dipersiapkan, dan datanglah Si Mbak Corona huahahahaha. Nangis lgs, Krn bataaal semuanyaaa :D.

    Skr mau coba ikhlasin dulu, uangnya disimpen LG, dan rajin doa wabah ini cepet berlalu dan aku bisa menuhin janji ke anak2 utk traveling dgn campervan :). Aku sendiri udh kayak terobsesi mba pgn ngerasain campervan NZ. Udh kebawa mimpi, tidur di mobil, trus bangun2 dengan view danau ato gunung salju, ya Allah….. Ga pgn pulang kayaknya :p

    Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: