Persiapan Road Trip di New Zealand dengan Campervan

Road trip di New Zealand terkadang diidentikkan dengan campervan ya, walaupun ga semua orang di sini road trip dengan campervan, hehe. Hingga saat ini, kami sudah tiga kali mencoba road trip dengan campervan. Seru!

Udah lama banget pengen nulis segala hal terkait campervan ini, dari sejak beres road trip pakai campervan pertama kalinya malah, wkwk. Tapi ya gitu deh, ketunda melulu nulisnya. Insya Allah saya bakal nulis selengkap mungkin, tapi keterlaluan panjangnya kalau ditulis dalam satu tulisan aja, hehe. Jadi saya bagi-bagi aja ya nanti ke beberapa tulisan.

Sebagai pendahuluan, saya bahas persiapannya dulu aja. Seputar persiapan road trip ini sebenarnya sudah pernah saya tulis sebelumnya. Hanya saja saat itu masih fokus ke road trip dengan mobil. Bisa baca-baca dulu kalau mau, hihi.

Baca juga: Persiapan dan Tips Untuk Road Trip di New Zealand

Untuk road trip dengan campervan, ada beberapa perbedaan. Jadi apa saja yang perlu disiapkan? Berikut saya rangkum berdasarkan pengalaman kami sebelumnya.

Pahami Segala Hal Terkait Campervan

Untuk yang belum pernah pakai campervan, menurut saya ada baiknya banyak-banyak baca atau nonton video terkait campervan sebelum road trip. Tujuannya biar nanti ga bingung-bingung amat di hari H-nya, ga menghabiskan waktu banyak karena bingung ini itu.

Sebenarnya saat pengambilan campervan kita bakal dijelasin semua bagian yang ada di campervan. Tanpa cari-cari info alias langsung go show aja masih bisa survive kok selama road trip, huehe. Tapi tentu lebih baik kalau kita sudah punya basic knowledge sebelumnya.

Apa saja hal-hal penting yang perlu diketahui terkait campervan? Banyak sih, mulai dari di mana booking campervan-nya, bagaimana memilih campervan-nya, seperti apa hidup dengan campervan, dan sebagainya.

Nanti saya bikin tulisan terpisah ya soal serba-serbi campervan ini.

SIM untuk Menyetir Campervan

Pakai campervan, apalagi kalau memilih campervan yang ukurannya lumayan gede, kata suami saya nyetirnya itu udah kayak nyetir truk. Lalu bakal timbul pertanyaan, apakah SIM-nya mesti setara SIM B Indonesia?

Well, ga kok, ga mesti punya SIM B. Kami selama ini cukup pakai SIM A Indonesia dan SIM Internasional. Jadi ga perlu pusing soal SIM selama udah ada SIM untuk mobil.

Baca juga: Membuat SIM Internasional

Pahami Wilayah yang Akan Dijelajahi

Kalau sebelumnya untuk road trip pakai mobil saya tulis pentingnya bikin itinerary yang jelas, tapi untuk road trip dengan campervan menurut saya agak beda.

Salah satu kelebihan pakai campervan adalah fleksibel. Rute perjalanan kita bisa dibuat lebih fleksibel karena kita tidak terikat dengan booking-an penginapan. Kami pernah ganti rute di tengah perjalanan karena daerah yang akan dilewati tidak bagus cuacanya. Pernah juga nambah mampir ke tempat yang ga pernah direncanakan sebelumnya.

Jadi ketimbang bikin itinerary sedetail mungkin, menurut saya mending telusuri dulu deh Google Map, tandai tempat-tempat yang ingin dikunjungi, pahami opsi jalurnya bisa ke mana aja. Setelahnya baru deh bikin itinerary kasar, kira-kira hari pertama, kedua, dan seterusnya bakal ke mana aja. Saat eksekusinya nanti, kalau lancar sesuai itinerary ya alhamdulillah, kalau mau berubah ya ga masalah, ga bingung juga mending ke mana dulu.

Kebayang ga ya kira-kira maksudnya? Hehe.

Bawa Perlengkapan Secukupnya

Dibanding road trip dengan mobil, saya merasa perlengkapan untuk road trip dengan campervan ini lebih santai, ga sebanyak bawaan saat pakai mobil. Kenapa? Karena di campervan biasanya sudah tersedia berbagai alat masak, alat makan, dan sebagainya. Jadi cukuplah bawa barang seperlunya saja.

Saya list lagi ya daftar barang yang perlu dibawa saat road trip dengan campervan:

  • Dokumen penting
    Yang harus dibawa jelas paspor semua anggota trip serta driving license (SIM A Indonesia + SIM Internasional).

  • Peta
    Ada beberapa pilihan. Opsi pertama, pakai GPS navigator. Ada campervan yang menyewakan GPS (entah itu gratis karena kita pakai asuransi yang full cover, atau berbayar), dan ini membantu sekali saat nyetir. Cuma minusnya kadang susah nyari alamat berdasarkan nama tempatnya, beda dengan Google Maps soalnya. Opsi kedua, pakai Google Maps, ini bisa jadi pelengkap GPS navigator juga. Pastikan sudah download offline map sebelum trip ya, berguna sekali saat melewati daerah yang ga ada sinyal. Opsi ketiga pakai peta manual. Di tempat pengambilan campervan kadang ada buku/brosur/peta wisata gratis, ambil aja, hehe.

  • Pakaian
    Pakaian disesuaikan dengan musim yaa. Cek ramalan cuaca serta perkiraan suhunya, di musim apapun. Pilih pakaian yang nyaman sesuai selera masing-masing dan sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan. Jangan lupa bawa sajadah dan mukena buat yang muslim.

  • Obat-Obatan
    Di campervan yang pernah kami sewa, sebenarnya ada disediakan 1 pack obat-obatan untuk pertolongan pertama. Tapi kalau misalkan dipakai, mesti bayar. Jadi yaa daripada bayar, mending bawa aja obat-obatan sendiri buat jaga-jaga. Bawalah obat demam, obat untuk pencernaan, obat luka, dan minyak-minyakan.

  • Toiletries dkk.
    Bawalah sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, dan portable bidet. Kalau handuk, di campervan yang pernah kami sewa sih selalu ada, tapi bisa aja di campervan lain beda. Silakan dipastikan dulu ke penyedianya, atau bawa aja handuk sendiri buat jaga-jaga. Skincare dan kosmetik silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

  • Barang Elektronik
    HP dan charger-nya wajib dibawa lah ya. Kamera, charger baterainya, tripod, tongsis, power bank; sesuai kebutuhan. Jangan lupa bawa terminal colokan serta adaptor/converter.

  • Perlengkapan Anak
    Buat yang bawa anak, bawalah beberapa mainan anak, buku, dan perlengkapan lainnya supaya si anak tetap nyaman dan tidak bosan selama perjalanan.

Nah untuk makanan lebih enak pake campervan itu, karena ada kulkas dan dapurnya, jadi bisa masak tiap hari. Kita bisa lebih menghemat pengeluaran untuk makan selama road trip. Buat yang merasa wajib makan nasi, bawa juga rice cooker kecil untuk memudahkan masak nasi.

Segitu dulu kayaknya yang perlu disiapkan untuk road trip dengan campervan. Bingung mau nulis apa lagi, hehe. Nanti detail lainnya soal campervan insya Allah bakal saya tulis di tulisan terpisah.

Salam,

Reisha Humaira

Leave your comment