Biaya Masuk SD Swasta di Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020

Beberapa waktu lalu sebuah thread di grup ITB Motherhood berbagi brosur biaya masuk sejumlah SD swasta di Bandung. Saya waktu itu cuma ninggalin jejak karena mau lihat-lihat berapa sih kisaran biaya SD swasta di Bandung? Ternyata bervariasi sekali yaa.

Survei Sekolah?

Jujur sejauh ini saya belum pernah kepikiran untuk survei sekolah. Boro-boro SD, TK aja belum, padahal saat ini umur Akas sudah 3 tahun 5 bulan. Alasan utamanya lebih karena belum tahu sih nanti bakal tinggal di mana. Saat ini memang kami tinggal di Bandung, tapi belum tentu juga saat Akas sekolah nanti kami masih di Bandung. Entahlah, sampai saat ini masih misteri juga nanti ke depannya bakal settle di mana, heuheu.

Sepengamatan saya terkait survei dan biaya SD swasta ini, beberapa hal yang saya simpulkan:

  • Penting sekali untuk memilih SD yang cocok untuk anak dan keluarga kita. Kenapa? Karena masa pendidikan di SD itu paling lama dan paling dasar.
  • Biaya masuk SD swasta paling besar di biaya pembangunan, bervariasi sekali nilainya, bisa sampai puluhan juta, heuheu.
  • Tapiii, makin mahal suatu sekolah, belum tentu makin bagus juga. Karena sekolah yang bagus ya yang cocok untuk anaknya dan kemampuan keluarganya. Apa gunanya kalau anak sekolah di sekolah yang mahal tapi dia jadi stres misalnya. Atau malah orang tuanya yang terbebani membiayai sekolahnya, belum lagi berhadapan dengan gaya hidup orang-orang yang level ekonominya lebih tinggi.
  • Biaya yang tertera di brosur biasanya biaya yang dibayarkan saat masuk aja. Mungkin masih perlu ditanyakan apakah di tahun-tahun berikutnya masih ada biaya yang mesti dibayarkan lagi selain SPP.
  • Sekolah swasta banyak yang ngincar, bahkan daftarnya itu sudah dari tahun sebelumnya. Misal nih tahun ajaran baru mulainya Juli 2019, sekarang sudah ada yang daftar. Malah ada juga sekolah yang sudah buka pendaftaran bahkan dari sebelum tahun ajaran 2018/2019 berakhir. Wew.
  • Makin cepat daftar ke suatu sekolah, biasanya lebih murah biayanya, karena ada diskon. Trus biasanya biaya pembangunan juga lebih murah kalau sebelumnya anaknya TK di yayasan itu juga. Dan beberapa sekolah juga memberikan diskon jika biaya pendidikan langsung dibayar lunas tanpa dicicil.

Itu aja kayaknya, hehe. CMIIW ya buibu yang sudah lebih berpengalaman survei-survei sekolah.

Kenapa sih pada pusing banget sama biaya SD swasta? Emang SD swasta itu pasti lebih bagus ya dibanding SD negeri? Ini sih jelas ga bisa digeneralisasi ya. SD negeri yang bagus pastilah ada, SD swasta yang jelek juga ada. Jadi balik lagi ke pertimbangan masing-masing orang tua.

Kalau kami sih sejauh ini yang penting kami siapkan dulu aja dananya, sehingga saat sudah akan sekolah nanti kami ga dipusingkan lagi dengan mencari uang untuk biaya sekolah anak. Perihal sekolahnya di mana, itu urusan nanti. Kalau memang di SD swasta, ya alhamdulillah sudah ada dananya. Kalau dapat SD negeri yang bagus, ya alhamdulillah juga dananya bisa ditabung lagi. Hehe. Homeschooling? Tidak. Saya ga mampu, heuheu.

DISCLAIMER

Kembali lagi ke bahasan brosur biaya masuk SD, saya jadi kepikiran untuk merangkumnya di sini.

Saya ga pengen share foto-fotonya karena ukurannya bervariasi sekali, terkesan berantakan ntar #eaaa. Tapi kalau diketik ulang semua ya lelah juga, hehe. Jadi disclaimer dulu aja yaa ini rangkumannya gimana.

  • Saya cuma menuliskan rincian biaya masuk SD, walaupun sebagian sekolah ada TK-nya juga.
  • Data alamat dan kontak juga berasal dari googling, jadi kalau ada yang salah tolong dikasih tahu aja yaa.
  • Saya cuma merangkum biaya pendidikan yang reguler tanpa diskon dan berasumsi anak berasal dari TK di luar sekolah itu. Kalau ada diskon dll. nanti saya kasih catatan aja.
  • Saya cuma memasukkan biaya jika anak masuk SD dari awal, yang pindahan ga saya masukkan.
  • Saya hanya merekap angka biaya, karena ini buat gambaran aja kudu nyiapin dana berapa. Untuk syarat pendaftarannya apa, pembayarannya gimana, sekolahnya seperti apa, dll. silakan langsung cek sendiri yaa ke sekolah yang bersangkutan, hehe.
  • Saya coba mengurutkan sekolahnya dari yang paling mahal ke yang paling murah yaa. Biar makin ke bawah ga makin stres lihat angka-angkanya, wkwk.
  • UPDATE: kalau ada perubahan atau penambahan informasi, saya kasih label “UPDATE”.

Biaya Pendidikan SD Swasta di Bandung untuk Tahun 2019/2020

Berikut daftar sekolahnya, kalau mau langsung lompat ke info sekolah tertentu langsung klik aja ya link-nyaa.

  1. Pribadi Bilingual Boarding School
  2. SD Mutiara Bunda
  3. Cendekia Leadership School (CLS)
  4. Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary
  5. SD Gagas Ceria
  6. SD Tunas Unggul
  7. Sekolah Binekas
  8. Bandung Islamic School (BISc)
  9. Daarul Hikmah Arvardia School
  10. SD Islam Cendekia Muda
  11. SD El Fitra
  12. SD Ar Rafi’
  13. SD Darul Hikam 1 Dago [UPDATE]
  14. SD Cerdas Mulia Ekselensia
  15. SD Al-Irhaam Global Islamic School
  16. Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa
  17. Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera
  18. SDIT Fitrah Insani
  19. SDIT Al Fitrah
  20. Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHA)
  21. SDIT Daarul Fikri
  22. SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru
  23. SD Rabbani Arcamanik
  24. SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Bumi Siliwangi

Ini peta lokasinya yaa biar lebih kebayang lokasi sekolahnya di mana.


Pribadi Bilingual Boarding School

Alamat: Jl. PH.H. Mustofa No. 41
Telepon: (022) 7211674
Website: pribadibandung.sch.id

Uraian Biaya
Formulir pendaftaran Rp  1.250.000
Uang pangkal sekolah Rp 47.000.000
SPP sekolah Rp  3.900.000 per bulan
Uang makan Rp  6.000.000
Total Rp 58.150.000

Catatan: Ini SPP-nya tiap naik kelas naik Rp100.000. Uang pangkalnya ada diskon kalau daftar sejak lama: Oktober-Desember 2018 diskon 25%, Januari 2019 diskon 20%, Februari 2019 diskon 15%, Maret 2019 diskon 10%, dan April 2019 diskon 5%. Jadi kalo udah mantep mau sekolahin anak di sini mending daftar bulan Oktober-Desember 2018, total biayanya jadi Rp46.400.000 saja. “saja” dink. 😆


SD Mutiara Bunda

Alamat: Jl. Arcamanik Endah No. 3
Telepon: 022-7204643, 022-7216578
Website: sekolahmutiarabunda.com
Email: admin@sekolahmutiarabunda.com

Uraian Biaya
Pendaftaran Rp  1.000.000
Pengembangan (untuk 6 tahun) Rp 39.500.000
Kegiatan Rp  5.500.000 per tahun
Iuran Bulanan (sudah termasuk makan siang) Rp  2.250.000 per bulan
Seragam Rp    700.000
Total Rp 48.950.000

Catatan: Untuk siswa dari TK Mutiara Bunda, biaya pengembangannya Rp34.500.000. Pendaftaran dari bulan September-Desember ada diskon biaya pengembangan.


Cendekia Leadership School (CLS)

Alamat: Jl. Ligar Taqwa No. 2 Komp. Bukit Ligar
Telepon: 022-2516778
Website: cls.sch.id
Email: info@cls.sch.id

Uraian Biaya
Uang Pendaftaran dan Foto Rp    375.000
Uang Seragam dan Perlengkapan Sekolah Rp    900.000
Uang Pangkal Rp 34.265.000
Uang Kegiatan Rp  6.645.000
Uang SPP Rp  1.700.000 per bulan
Total Rp 43.885.000

Catatan: Uang pangkal bisa dicicil selama 3 bulan. Tapi jika langsung dibayar lunas ada diskon 5% untuk siswa dari luar CLS dan diskon 25% untuk lulusan CLS serta free uang seragam.


Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No. 7
Telepon: 022-20531676
Website: primarydhis.sch.id
Email: contact@primarydhis.sch.id

Uraian Biaya
Dana Pengembangan Rp 30.000.000
SPP Rp  1.850.000 per bulan
Kesiswaan Rp  2.580.000 per tahun
Buku Rp  2.386.000 per tahun
Seragam Rp  1.350.000
Biaya Pendaftaran Rp    650.000
Total Rp 38.816.000

Catatan: Pendaftaran pada Gelombang I Dana Pengembangannya Rp28.000.000, lainnya sama.

UPDATE: SPP sudah termasuk biaya catering dan snack 1 bulan. Ada diskon untuk alumni dan keluarga besar.


SD Gagas Ceria

Alamat: Jl. Malabar No. 61
Telepon: 022-7303086
Website: www.gagasceria.com

Uraian Biaya
Uang pendaftaran Rp    600.000
Uang pengembangan ekstern Rp 31.500.000
Uang kegiatan Rp  4.000.000 per tahun
SPP Rp  1.560.000 per bulan
Total Rp 37.660.000

Catatan: Di brosur ada uang pengembangan ekstern dan uang pengembangan intern. Yang intern saya asumsikan untuk siswa yang sebelumnya TK di Gagas Ceria juga.


SD Tunas Unggul

Alamat: Jl. Pasir Impun Raya No. 94
Telepon: 022-87789420
Website: sekolahtunasunggul.sch.id
Email: humas.sdtunasunggul@gmail.com

Uraian Biaya
Gedung Rp 14.500.000
Pengembangan Rp 10.000.000
SPP Rp  1.275.000 per bulan
Biaya Kegiatan Rp  2.300.000 per semester
Seragam Laki-Laki atau
Seragam Perempuan
Rp    675.000 atau
Rp    750.000
Biaya pendaftaran, psikotes, dan sit in Rp    650.000
Total untuk Laki-Laki
Total untuk Perempuan
Rp 29.400.000 atau
Rp 29.475.000

Catatan: Di brosur ini judulnya “Khusus Sibling & dari TK Tunas Unggul”, tapi di bagian catatan ada keterangan “potongan untuk adik kakak kandung dan siswa dari TK Tunas Unggul sebesar 1,5 juta”. Jadi ga tahu deh ini biaya reguler atau bukan.


Sekolah Binekas

Alamat: Jl. Terusan Buah Batu Komplek Buah Batu Regency Kav. G7 No. 6-7
Telepon: 022-87526467 / 081395221590
Website: sekolahbinekas.com
Email: sekolahbinekas@gmail.com

Uraian Biaya
Pendaftaran dan psikotes Rp    800.000
Pengembangan Rp 21.500.000
Kegiatan, buku, dan ATK Rp  3.750.000
SPP Rp  1.400.000 per bulan
Seragam Rp    800.000
Total Rp 28.250.000

Catatan: Ada diskon jika mendaftar di bulan November dan Desember. Biaya pengembangan dikurangi 1 juta rupiah untuk siswa yang berasal dari TK Binekas.


Bandung Islamic School (BISc)

Alamat: Jl. Reog 1 No. 1 (untuk anak laki-laki), Jl. Talaga Bodas No.34, Lengkong (untuk anak perempuan)
Telepon: 082240000134 / 082240000525
Website: bandungislamicschool.com
Instagram: @bandungislamicschool

Uraian Biaya
Observasi Rp    100.000
Pendaftaran Rp    500.000
Pengembangan Rp 20.000.000
Seragam Rp  1.250.000
Kegiatan Rp  4.500.000 per tahun
SPP Rp  1.350.000 per bulan
Total Rp 27.700.000

Catatan: Bulan Oktober, November, dan Desember adalah bulan promosi, jadi biaya pengembangannya lebih murah, berturut-turut 17 juta, 18 juta, dan 19 juta rupiah.


Daarul Hikmah Arvardia School

Alamat: Jl. Cikampek Raya No. 17, Antapani
Telepon: 08112205999
Instagram: @arvardia_inaction

Uraian Biaya
Dana Pangkal Rp 20.000.000
Dana Kegiatan Rp  3.000.000
Buku Singapore Rp  1.500.000
Buku Indonesia Rp    500.000
SPP Rp    900.000 per bulan
Seragam Rp    900.000
Total Rp 26.800.000

Catatan: Info aslinya saya dapat dari instagram, saat itu ada promo diskon 60% dana pangkal sampai 20 April 2018. Setelah diskon dana pangkalnya jadi 8 juta rupiah, jadi saya simpulkan normalnya uang pangkal 20 juta.


SD Islam Cendekia Muda

Alamat: Jl. Arcamanik Endah No. 35
Telepon: 022-7102888
Website: cendekiamuda.sch.id
Email: info@cendekiamuda.sch.id

Uraian Biaya
Pendaftaran Rp    250.000
Pengembangan I Rp 17.000.000 per 3 tahun
Kegiatan Rp  6.000.000 per tahun
SPP (termasuk katering) Rp  1.400.000 per bulan
Seragam Rp    750.000
Paket Ummi Rp    150.000
Total Rp 25.550.000

Catatan: Dipikir-pikir ini biaya pengembangannya sebenarnya mahal juga ya kalau dihitung untuk 6 tahun. Kalau biaya pengembangan untuk 6 tahun dihitung Rp34.000.000, maka total di awal jadi Rp42.550.000. Tambah lagi ada biaya kegiatan per tahun. Cuma karena dipecah kesannya lebih dikit di awal. Ada diskon uang pengembangannya untuk siswa dari TK Cendekia Muda.

UPDATE: Uang pengembangan sebesar Rp17.000.000 itu adalah uang pengembangan untuk 3 tahun pertama. Uang pengembangan 3 tahun kedua adalah 50% dari uang pengembangan I, yakni Rp8.500.000, dibayarkan saat naik ke kelas 4. Berarti kalau dihitung untuk 6 tahun totalnya jadi Rp34.050.000 ya.


SD El Fitra

Alamat: Jl. Cibodas Raya No. 49, Antapani Kidul
Telepon: 022-87831182
Website: elfitra.sch.id

Uraian Biaya
Dana pembangunan pendidikan Rp 21.750.000
Kegiatan sekolah Rp  1.700.000
Seragam Rp    650.000
Biaya pendaftaran dan psikotes Rp    400.000
SPP Rp    900.000 per bulan
Total Rp 25.400.000

Catatan: Ini sumbernya bukan brosur tapi catatan tangan aja, jadi ga ada detail lain yang saya ketahui.

UPDATE: Dari komentar artikel ini, tidak ada biaya pengembangan tahunan atau biaya kegiatan lagi yang harus dibayarkan setiap naik kelas, jadi kedepannya cuma SPP saja (sudah termasuk katering dan buku-buku).


SD Ar Rafi’

Alamat: Jl. Sekejati III No. 20, Kiaracondong
Telepon: 022-7311009
Website: www.arrafibandung.com
Email: kontak@arrafibandung.com

Uraian Biaya
Pendaftaran Rp    400.000
Sumbangan Dana Pembangunan (SDP) Rp 17.000.000
Uang kegiatan dan buku pelajaran Rp  5.000.000
Seragam Rp  1.100.000
SPP Rp  1.100.000 per bulan
Total Rp 24.600.000

Catatan: SDP boleh dibayarkan 50% terlebih dahulu, tapi jika langsung lunas maka free biaya pendaftaran (berlaku tanggal 26 Desember 2018 s.d. 5 Januari 2019). Siswa yang berasal dari TK Ar Rafi’ SPP-nya 1 juta rupiah per bulan.


UPDATE: SD Darul Hikam 1 Dago

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 285 A
Telepon: 022-2503340 / 087720000737
Website: darulhikam.sch.id
Email: sd@darulhikam.com

Uraian Biaya
Dana Pengembangan Rp 18.000.000
SPP Rp  1.150.000 per bulan
Kesiswaan Rp  1.900.000
Buku/Perlengkapan Rp  1.385.000 per tahun
Seragam Rp  1.175.000
Total Rp 23.610.000

Catatan: Ada 4 gelombang pendaftaran: I A (29 Oktober – 23 November 2018), I B (24 November 2019 – 18 Januari 2019), II A (19 Januari – 22 Februari 2019), dan II B (23 Februari – 24 Mei 2019). Di Gelombang I Dana Pengembangannya Rp16.500.000, sisanya sama. Ada diskon untuk siswa yang sebelumnya juga bersekolah di Darul Hikam atau punya saudara kandung yang juga sekolah di sana, diskonnya juga beda di tiap gelombang pendaftaran.


SD Cerdas Mulia Ekselensia

Alamat: Jl. Rahayu Raya II Blok Rancacili, Cipamokolan
Telepon: 022-87528060
Website: albirunicerdasmulia.com/main

Uraian Biaya
Biaya Pendaftaran Rp    200.000
Biaya tes dan asesmen psikologis Rp    425.000
Biaya seragam Rp    850.000
Biaya masuk Rp 17.750.000
Biaya tahunan kelas 1 Rp  2.200.000
SPP Rp    675.000 per bulan
Total Rp 22.100.000

Catatan: Biaya tahunan kelas 1 dan 2 Rp2.200.000, kelas 3 dan 4 Rp2.500.000, kelas 5 dan 6 Rp2.800.000. SPP kelas 1 dan 2 Rp675.000, kelas 3 dan 4 Rp775.000, kelas 5 dan 6 Rp875.000. Ada potongan untuk siswa yang berasal dari TK Al-Biruni Cerdas Mulia, yang daftar sampai Desember 2018, dan yang punya saudara kandung di SD yang sama.


SD Al-Irhaam Global Islamic School

Alamat: Jl. AH. Nasution No. 133
Telepon: 022-7218666
Website: www.alirhaam.com
Email: alirhaam@gmail.com

Uraian Biaya
Dana Sarana Pendidikan (DSP) Rp 17.750.000
Dana Penunjang KBM Rp  1.250.000 per semester
SPP Rp    700.000 per bulan
Seragam Rp    985.000
Total Rp 20.685.000

Catatan: Mendaftar pada Gelombang 1 (15 Oktober – 28 Desember 2018) ada diskon 10%.


Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa

Alamat: Komp. Bina Marga Jl. Golf Selatan 1 No. 32, Arcamanik
Telepon: 022-87881732
Website: www.mi-attaqwa.sch.id
Email: miattaqwabinhar32@gmail.com

Uraian Biaya
Biaya formulir pendaftaran Rp    350.000
Biaya pengembangan madrasah Rp 11.500.000
Seragam Rp    900.000
Bantuan kesehatan siswa Rp     50.000
Biaya kegiatan siswa Rp  5.000.000
SPP Rp    600.000 per bulan
Buku paket dan buku administrasi siswa Rp    900.000
Total Rp 19.300.000

Catatan: Di brosur tertera judul “Gelombang Pertama (1 Oktober 2018 s.d. 31 Oktober 2018)”. Lewat dari itu kayaknya biaya pengembangannya nambah yaa. Trus SPP-nya saat naik ke kelas 4 menjadi Rp650.000. Biaya tahunan untuk kegiatan siswa kelas 2 dst. Jadi Rp3.000.000 tapi dapat berubah sewaktu-waktu. Ada tabungan wajib siswa juga, Rp200.000 per bulan. CMIIW yaa ini, karena foto aslinya juga kurang jelas, heuheu.


Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera

Alamat: Jl. Raya Cibabat Gg. H.Mustopha No. 205, Cimahi
Telepon: 022-6612217
Website: asihputera.sch.id

Uraian Biaya
Uang Pengembangan Rp 18.000.000
SPP Rp  1.000.000 per bulan
Total Rp 19.000.000

Catatan: Ini minimalis banget rincian biayanya, hehe. Ga tahu deh apa ada biaya lain lagi karena ini infonya dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H.


SDIT Fitrah Insani

Alamat: Ada 4 lokasi, yakni SDIT FI-1 Jl. Simbiosis No. 2 Tanimulya, Kab. Bandung Barat; SDIT FI-2 Jl. Laswi No. 177A Manggahang, Baleendah; SDIT FI-3 Jl. Cicukang No. 92 Margahayu, Kopo; dan SDIT FI-4 Jl. Raya Pangalengan-Pintu KM 1 Sukasindang, Pangalengan
Telepon: 022-6625677
Website: fithrahinsani.org
Email: yfibdg@gmail.com

Uraian Biaya
Pendaftaran dan psikotes Rp    350.000
Infaq Pengembangan Pendidikan Rp 12.000.000
SPP Rp  4.200.000 per semester
Seragam Laki-Laki atau
Seragam Perempuan
Rp    750.000 atau
Rp    800.000
POMG Rp     60.000
Total untuk Laki-Laki
Total untuk Perempuan
Rp 17.360.000 atau
Rp 17.410.000

Catatan: Saat anak kelas 4 SPP naik 20%. Ada cashback jika langsung bayar lunas IPP, range 10-30% tergantung waktu pendaftaran. Ada diskon 20% jika ada saudara kandung di sekolah yang sama. Baru ini saya nemu biaya SPP-nya per semester, bukan per bulan.


SDIT Al Fitrah

Alamat: Jl. Merkuri Timur No. 1, Margahayu Raya
Telepon: 022-7567439 / 089626303103
Website: alfitrahbdg.sch.id
Email: psb.alfitrah@gmail.com

Uraian Biaya
Biaya Pendaftaran dan Psikotes Rp    400.000
SPP Rp    840.000 per bulan
Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Rp  4.492.000
Dana Pengembangan Pendidikan Rp 10.348.000
Total Rp 16.080.000

Catatan: Uang pangkal dipecah jadi Biaya Penyelenggaraan Pendidikan dan Dana Pengembangan Pendidikan. Ga tahu kenapa dipisah gitu, hehe.


Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHA)

Alamat: Jl. Cikadut No. 252
Telepon: 022-7212600
Website: mimha.sch.id
Email: mimiftahul1988@gmail.com

Uraian Biaya
Pendaftaran Rp    750.000
Seragam Rp    800.000
SPP Rp    700.000 per bulan
KBM Rp  1.700.000
Infaq Pengembangan Rp 11.500.000
Perpustakaan Rp    100.000
Total Rp 15.550.000

Catatan: biaya KBM mengikuti tahun ajaran berjalan. Ada katering dengan biaya Rp10.000/hari.


SDIT Daarul Fikri

Alamat: Komplek Cibaligo Permai Cihanjuang, Parongpong, Bandung Barat
Telepon: 022-82000835
Website: www.daarulfikribandung.com

Uraian Biaya
Pendaftaran Rp    400.000
SPP (sudah termasuk makan siang) Rp    950.000 per bulan
Dana Kegiatan Sekolah Rp  1.260.000
Seragam Laki-Laki atau
Seragam Perempuan
Rp    600.000 atau
Rp    750.000
Dana Pengembangan Pendidikan Rp 11.750.000
Total untuk Laki-Laki
Total untuk Perempuan
Rp 14.960.000 atau
Rp 15.110.000

Catatan: Ini sekolahnya ada dari TK hingga SMP. Ada perbedaan biaya antara siswa laki-laki dan perempuan karena perbedaan biaya seragamnya.


SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru

Alamat: Jl. Raya Cibiru KM. 15
Telepon: 022-7802801
Website: sdlabschoolupicibiru.com
Email: info@sdlabschoolupicibiru.com

Uraian Biaya
Pendaftaran Rp    100.000
Psikotes, MOS, pertemuan ortu Rp    500.000
Sumber Dana Pembangunan Pendidikan (SDPP) Rp  8.000.000
SPP Rp    500.000 per bulan
Biaya lainnya Rp  2.160.000
Biaya yang dibayarkan ke koperasi Rp  2.150.000
Total Rp 13.410.000

Catatan: Ini rincian biayanya sebenarnya banyak banget, saya malas menulis ulang semuanya, jadi saya rekap aja jadi “biaya lainnya”, hehe. Ada 13 item di situ dan jumlah masing-masingnya dalam range Rp60.000-Rp500.000.


SD Rabbani Arcamanik

Alamat: Jl. Purbasari Cluster Vasati Rabbani, Arcamanik
Telepon: 022-20526285
Instagram: @sekolahrabbani

Uraian Biaya
Biaya pendaftaran Rp    450.000
SPP Rp    950.000 per bulan
Biaya pendidikan Rp 10.250.000 per tahun awal
Total Rp 11.650.000

Catatan: Biaya pendidikan tertulis per tahun awal, kurang paham maksudnya gimana. Apa berikutnya tiap naik kelas kudu bayar segitu? Trus di foto brosurnya ada catatan tulisan tangan uang tahunan ±5 juta, ga ngerti juga ini maksudnya ada biaya tambahan yang tidak tertulis di brosur atau gimana.

UPDATE: Dari komentar artikel ini, SPP sudah termasuk katering dan uang pengembangan tahunan yang harus dibayarkan ketika naik kelas memang ±5 jutaan. Jadi bisa dibilang seperti dicicil lah biaya DSP sama uang kegiatannya. Lumayan juga ya, 5x naik kelas ditotal keluar minimal 25 juta.


SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Bumi Siliwangi

Alamat: Jl. Sanjayaguru No. 4 Kampus UPI Bumi Siliwangi
Telepon: 081220033112 / 085721529241
Website: sd.labschool.upi.edu

UPDATE: Sepertinya yang sebelumnya info tahun ajaran lama, ada teteh yang share update-nya, ini udah saya update yaa. Dan ternyata tahun depan ada kelas reguler dan kelas tahfidz.

KELAS REGULER

Uraian Biaya
Formulir Pendaftaran Rp    200.000
Psikotes Rp    250.000
Dana Sumbangan Pendidikan (DSP) Rp  7.600.000
Seragam Sekolah Rp    700.000
SPP Rp    500.000 per bulan
Pengembangan alat pembelajaran Rp    600.000 per tahun
Tes tengah dan akhir semester Rp    400.000 per tahun
Kegiatan pembelajaran Rp    400.000 per tahun
Outdoor learning activity Rp    800.000 per tahun
Total Rp 11.400.000

KELAS TAHFIDZ

Uraian Biaya
Formulir Pendaftaran Rp    200.000
Psikotes Rp    250.000
Dana Sumbangan Pendidikan (DSP) Rp  7.750.000
Seragam Sekolah Rp  1.000.000
SPP Rp  1.000.000 per bulan
Pengembangan alat pembelajaran Rp  1.000.000 per tahun
Tes tengah dan akhir semester Rp    750.000 per tahun
Kegiatan pembelajaran Rp  1.000.000 per tahun
Outdoor learning activity Rp  1.000.000 per tahun
Total Rp 13.950.000

Catatan: 2 poin pertama adalah biaya pendaftaran, sisanya biaya siswa baru, tapi di sini saya gabungin aja totalnya.

Sebenarnya ada beberapa SD lagi yang di-share di thread itu, tapi brosurnya adanya untuk tahun pelajaran 2018/2019. Karena ga relevan sama judul jadi ga saya masukkan, hehe. Toh segini juga udah banyak, wkwk. Kalau ada yang mau menambahkan informasinya, boleh share ke saya brosurnya yaa, hehe.

Semoga bermanfaat yaa. Selamat mencari sekolah, semoga kita bisa memberikan pendidikan yang terbaik buat anak-anak kita, aamiin.

Salam,

signature

37 tanggapan untuk “Biaya Masuk SD Swasta di Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020

  • 19 November 2018 pada 13:43
    Permalink

    Mantul ya biaya sekolah zaman now kalau aku karena sudah turun temurun sekolah di SD Muhammadiyah dari nenek moyang dan makin progres juga yaudah anak-anak disana juga alhamdulillah cukup terjangkau

    Balas
  • 19 November 2018 pada 13:47
    Permalink

    Buset mahal ya teh heheh kebayang Gen nanti, sekarang mending nabung dulu deh karena saya ngga terlalu khawatir scara mami papi gen itu Guru dan udah pengalaman ngajar di sekolah internasional sebenerbya seperti apa wkkwkw

    Balas
  • 19 November 2018 pada 14:42
    Permalink

    Ngga ada SD Taruna Bakti ya?
    Sekolah anak2 ku, recommend pisan kata saya sih
    Karena sekolah bauran , jadi kalo ada 1 anak yang agamanya Hindu (misalnya) tetep ada kelas dan gurunya

    Balas
  • 19 November 2018 pada 15:40
    Permalink

    Wahh mantap uni, lengkap .
    Dlu pernah ngajar di sd tunas unggul th 2013. Bagus bgt, pengen jg nyekolahin anak di sd kaya gitu. Kegiatannya bagus2, ga monoton dan ga terpusat pd akademik aja. Anak terperhatikan dengan baik oleh guru, krna jumlah murid yang ga sebanyak sd negri. Tp mahal ya

    Balas
  • 19 November 2018 pada 17:34
    Permalink

    Amiin…
    Aduh biayanya ampun ya. Aku jg lagi menatap sekolah mana yg cocok utk anakku tahun depan nih teh.
    Maunya ya yg nggak terlalu bikin stres belajar..

    Balas
  • 19 November 2018 pada 21:38
    Permalink

    Anakku di sdit Al-Irsyad Al-Islamiyah Cikutra, tahun lalu (thn aj. 2018-2019) biaya masuk ditotal 16jt (SPP 900rb/bln). Mayan berhemat dari tetangga2nya yg sesama sdit di pusat kota mah, tapi yg SD sekarang full bukan di jl.raya Cikutranya (jadi gedung SMPnya), masuk lagi ke samping gor c-tra, belakang hotel bumi kitri Pramuka

    Balas
  • 20 November 2018 pada 06:20
    Permalink

    Rezeki anak2’selalu ada, semoga bisa sekolah yang layak yaa.
    Dan ortunya nabong..nabong..

    Balas
  • 20 November 2018 pada 13:55
    Permalink

    Ya ampun teh, rincian biayanya membuatku shock hehehe. Apalagi yang hampir mendekati 50 juta. Baru tahu ih kalau di SD swasta mah bisa daftar satu tahun sebelumnya supaya biaya masuk lebih murah.

    Balas
  • 20 November 2018 pada 16:52
    Permalink

    Huaaa mayan banget ya biaya sekolah dasar swasta di Bandung. Semangat nabung 🙂

    Balas
  • 20 November 2018 pada 16:59
    Permalink

    aku juga uda mulai survei klo diCimahi sih plg belasan mba ga tau dink klo Al-azhar sama Al-Irsyad kota Baru wkwkwk kutaksanggup liat angkanya

    Balas
  • 21 November 2018 pada 07:06
    Permalink

    Waduh, luar biasa ya biaya kuliah SD tidak jauh berbeda dengan kuliah S2.. mba reisha nulis lagi dong ttg kualitas sd negeri hihi.. hatur nuhun

    Balas
  • 21 November 2018 pada 09:09
    Permalink

    Lumayan juga biayanya yah Teh, tapi Insya Allah kalo buat pendidikan anak mah pasti ada aja rezekinya :))

    Balas
  • 21 November 2018 pada 09:25
    Permalink

    Haduh bacanya bikin eungap hehe…kebayang atuh anak 5 kyk tth berapaeun…Anak tth jg semua di swasta sih..tp ga segitu teuing…tiap anak ada rejekinya masing2 ya…alhamdulillah..

    Balas
  • 21 November 2018 pada 09:37
    Permalink

    Klo al azhar patuha masuk 20an kurleb lah spp msh 900an uang tahunan bayar uang buku dan atk klo gak salah masih masuk akal

    Balas
  • 21 November 2018 pada 16:56
    Permalink

    saya juga nunggu yg Tarbak nih

    Balas
  • 21 November 2018 pada 17:31
    Permalink

    Mau menambahkan nih..
    untuk SD Rabbani, SPP sudah termasuk catering dan uang pengembangan tahunan yg harus dibayarkan ketika naik kelas memang kurleb 5jt an. Jadi kko menurut saya seperti dicicil lah biaya DSP sm uang kegiatannya.#kebetulan anak TK di Sekolah Rabbani
    Untuk SD Elfitra tidak ada biaya pengembangan tahunan/kegiatan lagi yg harus dibayarkan setiap naik kelas, jadi kedepannya cm SPP saja (sudah termasuk catering dan buku-buku)
    #info bagian PPDB

    Balas
    • 22 November 2018 pada 02:38
      Permalink

      Nuhun infonya ya teh 🙂 Sudah saya update dengan tambahan info dari teteh 🙂

      Balas
  • 22 November 2018 pada 21:17
    Permalink

    Lengkap banget datanya, Teh. Sangat membantu 🙂
    Saya bookmark, bisi ada yang butuh.

    Balas
  • 23 November 2018 pada 21:31
    Permalink

    Puyeng lihat rinciannya, mahal2 banget! Tapi emang sih kalau mau nyekolahin anak di sekolah swasta wajib siap biaya.

    Balas
  • 27 November 2018 pada 14:06
    Permalink

    Assalamualaikum, mohon maaf untuk darul hikam integrated school primary yg bertempat di jl. Bridjen katamso no. 7
    Biaya yg dicantumkan di atas itu untuk gelombang 2, biaya spp sudah termasuk biaya catering dan snack 1 bulan, biaya buku untuk 1 tahun, dan kesiswaan untuk 1 tahun.. Ada diskon untuk alumni dan keluarga besar. Untuk lebih jelas bisa datang langsung

    Balas
    • 27 November 2018 pada 14:21
      Permalink

      Waalaikumsalam. Betul teh, yang saya masukkan ke tabel itu info biaya kalau daftarnya tidak dari jauh-jauh hari. Untuk Gelombang 1 sudah saya tambahkan catatan Dana Pengembangannya jadi 28 juta *CMIIW*. Info dari teteh juga udah saya tambahkan. Terima kasih banyak teh. 🙂

      Balas
    • 29 November 2018 pada 01:06
      Permalink

      Nuhun infonya kang, sudah saya update ya 🙂

      Balas
  • 28 November 2018 pada 17:35
    Permalink

    Tdk ada recommend sd hikmah teladan y…

    Balas
    • 29 November 2018 pada 00:57
      Permalink

      Saya belum punya infonya euy, hehe.

      Balas
  • 29 November 2018 pada 01:22
    Permalink

    Hatur nuhun teh.
    Punten kalau boleh ditambahkan, yg menjadi salah satu keunggulan kami adalah, selain menggunakan kurikulum 2013, kami jg menggunakan kurikulum berbasis Sirah Nabawiyah
    Jazakillaah…

    Balas
  • 3 Desember 2018 pada 02:26
    Permalink

    Wah mahal sekali ya…..saya aja S3 cuma 5 juta/bulan. Suruh aja anak-anak langsung kuliah S3

    Balas
  • 5 Desember 2018 pada 12:50
    Permalink

    Teh ada info sd muhammadiyah sama sd as syfa daerah antapani ga?

    Balas
    • 5 Desember 2018 pada 12:54
      Permalink

      Saya belum punya tambahan info lagi teh, semua udah saya masukin di sini, hehe

      Balas
  • 8 Desember 2018 pada 13:44
    Permalink

    Lengkap ya informasinya, surveynya serius sepertinya hehe
    kalau saya nanti mengenai memilih sekolah buat anak sebaiknya yang dekat dengan tempat tinggal tentunya jauh lebih efisien dan mudah melihat perkembangan dan mengawasi si kecil, tapi tetap diperhatikan kualitas sekolahannya

    daripada sekolah jauh mahal belum lagi tambah biaya antar jemput tambah membengkak pengeluaran

    Balas

Leave your comment