Diari Kehamilan Pertama: Kontrol Kandungan Ke-13 (Trimester 3)

Hari-hari setelah kontrol tanggal 9 Juni 2015 saya lalui dengan menanti datangnya tanda-tanda persalinan itu. Tapi saya juga ga pengen segera lahiran sih setelah kontrol saat itu, karena masih ada beberapa hal yang ingin saya lakukan, hehe.

Baca juga: Diari Kehamilan Pertama: Kontrol Kandungan Ke-12 (Trimester 3)

Dengan hitungan standar dengan HPHT, HPL saya jatuh pada tanggal 12 Juni 2015. Tapi dari dulu saya yakin banget kalo saya ga bakal lahiran tanggal segitu. Siklus haid saya yang panjang dan tidak teratur membuat saya merasa bahwa HPL saya mestinya lewat dari tanggal itu. Saya lebih percaya HPL saya itu 18 atau 25 Juni 2015. Tapi dr. D sudah menetapkan bahwa saya sebaiknya melahirkan sebelum 20 Juni 2015.

Nyatanya sampai tanggal 12 Juni 2015 memang masih belum ada tanda-tanda persalinan yang saya rasakan. Kontraksi palsu pun tidak pernah saya rasakan. Hanya saja rasanya saat itu pengen banget deh segera merasakan tanda-tanda itu, walaupun sebenarnya masih ada waktu, heuu. Dan sampai jadwal kontrol berikutnya, tetap aja tanda-tanda itu belum datang.

Kontrol Ke-13, 16 Juni 2015

Di kontrol sebelumnya dibilang ada kemungkinan induksi, tapi dr. D ga nyebutin persisnya kapan induksi itu akan dilakukan. Saya dan suami pun sepakat, andaikata di kontrol kali ini dr. D nyuruh langsung induksi hari itu juga, kami mau coba nego untuk tunggu dulu sampai tanggal 18 Juni 2015. Dan kali ini saya juga udah lebih siap kalau memang harus periksa dalam.

Kontrol kali ini saya ditemani oleh suami dan mama. Saat masuk ruangan dr. D, pertanyaannya sama seperti minggu lalu, “Masih belum kerasa tanda-tandanya?”. Saya cuma bisa nyengir dan menjawab “Belum bu”.

dr. D melakukan USG lagi, dan USG kali ini asa ga gitu serius. dr. D sepertinya cuma lihat sekilas apakan kondisi janin masih bagus, lalu melakukan pengukuran. Ga ada lagi penjelasan yang beliau berikan terkait hasil USG.

dr. D nanya lagi perkiraan lahiran saya kapan, dan lagi-lagi saya jawab sebelum tanggal 20 Juni. Artinya tinggal 4 hari aja setelah kontrol hari itu. Mungkin karena itu juga, dr. D benar-benar melakukan periksa dalam hari itu.

Saya udah baca-baca sih periksa dalam itu kayak apa, tapi saya ga tahu rasanya gimana. Ternyata, rasanya nyeri dan ga nyaman, tapi ga sesakit yang saya bayangkan. Sama dokter perempuan aja rasanya ga nyaman, apalagi kalo periksa dalam sama dokter laki-laki. Euh.

Saya sebelumnya lebih ga kebayang lagi respon tubuh saya gimana saat periksa dalam. Saat tangan dokter mencoba masuk, refleks tubuh saya kaget dan berusaha menghindar. dr. D mpe sebel kayaknya kok saya sensitif parah gitu, huhu. Mpe bilang “Mau bayinya cepat lahir atau ga?”, “Ini belum apa-apa dibanding sakitnya lahiran normal”, dll. Saya disuruh rileks aja, tapi beberapa kali nyoba sayanya masih tegang. Otomatis menyulitkan dokter untuk periksa dalam. Tapi untunglah akhirnya bisa juga, heuu.

Dari periksa dalam, kata dr. D sih mulut rahim saya sudah mulai melunak dan membuka. Trus tadi udah dipancing juga biar lebih cepat kerasa tanda-tanda persalinannya. Saya disuruh tunggu hingga hari Jumat, kalau memang sampai Jumat tetap belum kerasa tanda-tandanya, saya disuruh langsung masuk RS aja hari Jumat itu untuk diinduksi.

Baiklah, sekarang saya tinggal berdoa dan menunggu saja. Saya tentunya selalu berharap biar saya tidak perlu diinduksi. Bantu ibu ya nak.

Resume Kontrol Ke-13

Catatan kontrol dan USG:

  • Tanggal: 16 Juni 2015
  • Tempat: RS Islam Ibnu Sina Bukittinggi (dr. D)
  • Tensi Ibu: 120/?
  • Berat Ibu: 70.5 kg (naik 1 kg dalam 1 minggu)
  • Hasil USG
    FL (panjang tulang paha): 72mm, 36W6D ± 22D, 08-07-15
    BPD (diameter kepala): 93mm, 37W6D ± 29D, 01-07-15
  • Suplemen: Folamil Genio & Ossoral 200 (masih pakai yang sebelumnya)

Biaya pemeriksaan kehamilan:

  • Seperti biasa, ga ada print out billing. Biaya konsultasi dengan dokter Rp60.000. Biaya prosedur USG ga tau berapa.

Eniwei hasil pengukuran USG kali ini aneh banget. Ukurannya malah lebih kecil daripada USG minggu sebelumnya. Bener-bener deh ini, deket-deket lahiran itu hasil USG-nya berubah-ubah parah.

Salam,

signature

Leave your comment