Verifikasi Alamat dan Rekening Bank untuk Google AdSense

Sebelum bisa mencairkan pendapatan dari Google AdSense, kita akan diminta untuk melakukan verifikasi. Sejauh ini ada dua jenis verifikasi yang sudah saya lakukan: verifikasi alamat dan verifikasi rekening bank. Pengalaman saya, saya lebih dulu melakukan verifikasi alamat, kemudian barulah verifikasi rekening bank. Kalau beda urutan ga masalah juga sih, hehe. Mana yang duluan ada aja pokoke.

Verifikasi ini akan diminta oleh Google AdSense saat penghasilan kita di sudah mencapai batas minimum $10 (jika mata uang akunnya USD) atau yang ekuivalen dengan $10 (untuk IDR jadi Rp130.000). Kalau belum sampai berarti ga perlu ngapa-ngapain, hehe. Saya tahunya verifikasi ini dari notifikasi di akun Google AdSense saya. Ada juga yang katanya dapat email.

Verifikasi Alamat untuk Google AdSense

Akun Google AdSense saya disetujui tanggal 13 Oktober 2017. Setelah disetujui, saya langsung taruh iklan di beberapa tempat, walau memang ga gencar banget karena saya sendiri ga nyaman kalau kebanyakan iklan, wkwk. Udah pernah saya ceritain di tulisan sebelumnya.

Baca juga: Pengalaman Mendaftar dan Memasang Google AdSense di Blog

Setelah balance di akun Google AdSense saya melebihi angka Rp130.000, di akun saya muncul notifikasi bahwa pembayaran saya ditangguhkan karena saya belum memverifikasi alamat saya. Well, judulnya payment on hold, tapi sebenarnya dalam tahap ini kita belum bisa dapat uang sama sekali. Kita baru bisa mencairkan pendapatan dari Google AdSense setelah balance kita mencapai angka Rp1.300.000 (atau $100 jika menggunakan mata uang USD).

Ada keterangan bahwa untuk melakukan verifikasi, saya harus memasukkan PIN yang dikirim ke saya. PIN-nya dikirim tanggal 17 Desember 2017 katanya dan akan sampai dalam 2-4 minggu. Setelah baca pemberitahuan ini artinya saya cuma bisa menunggu.

notifikasi google adsense
Tampilan jadul, sekarang mungkin beda

Lalu tanggal 9 Januari 2018 ada pak pos datang mengantar sebuah dokumen. Ada logo Google AdSense di situ. Berasa keren gitu dapat kiriman dari Google, haha. Dikirimnya dari Malaysia kayaknya.

Wuih, ini dia berarti PIN-nya. Saya udah ga ingat padahal, haha. Saya buka dokumennya dengan hati-hati, berasa barang berharga, haha #lebay. Di dalamnya tertera 6 digit PIN.

PIN google adsense
PIN dari Google AdSense untuk saya

Kemudian saya langsung membuka akun Google AdSense dan mengikuti instruksinya. Tinggal masukkan PIN yang tadi, beres deh.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait PIN untuk verifikasi alamat ini:

  • Verifikasi alamat diperlukan terkait keamanan akun Google AdSense kita. Pastikan alamat yang kita masukkan sudah benar ya biar PIN-nya nanti ga nyasar ke rumah orang lsin.
  • Kita diberi batas waktu maksimal 4 bulan dari tanggal PIN dibuat untuk memasukkan PIN tersebut ke akun kita. Jika lebih dari 4 bulan belum diverifikasi juga, akun kita ga bakal bisa nampilin iklan lagi.
  • PIN akan sampai kira-kira dalam waktu 2-4 minggu. Tergantung lokasi juga sih, karena kan dikirim ke alamat. Jadi sabar aja nunggu sampai 1 bulan sejak PIN dikirimkan (ada info tanggal pengirimannya kok di akun kita).
  • Jika sudah lebih dari 4 minggu dan PIN masih belum diterima, kita bisa minta PIN dikirim kembali. Tinggal klik Resend PIN di akun kita dan tunggu lagi. 
  • Pastikan PIN yang diketik sudah benar ya sebelum di-submit. Kalau salah masukin PIN sampai 3x, akun Google AdSense kita bakal di-suspend.
  • Jika PIN masih juga tidak diterima, ada opsi untuk melakukan verifikasi dengan mengirimkan scan KTP. Nanti bakal ada formnya, tinggal diisi.

Verifikasi Rekening Bank untuk Google AdSense

Untuk yang satu ini, agak lucu sih pengalaman saya, haha #ketawaduluan.

Jadi setelah melakukan verifikasi PIN, saya kira udah beres. Jadi saya tinggal nunggu balance saya naik, yang mana ternyata naiknya super lelet kayak siput, wkwk. Nomor rekening untuk pembayaran sudah saya masukkan. Dalam bayangan saya, saya tinggal nulis aja biar blog ke-update terus, lalu tunggu angka di akun sampai Rp1.300.000, trus bakal dapat notifikasi lah ya harusnya.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mempublikasikan Tulisan di Blog

Lalu suatu hari di awal bulan Agustus 2019 saya baca blognya Mbak Ewafebri soal verifikasi rekening bank. Saya ingat-ingat lagi, perasaan dulu saya ga ada deh melakukan verifikasi nomor rekening ini. Cuma verifikasi alamat dengan PIN itu.

Penasaran, saya cek deh akun Google AdSense saya di laptop. Eh ternyata memang ada keterangan bahwa saya belum menyelesaikan proses verifikasi untuk rekening bank saya, wkwk. Kacau.

Dulu saya memang ga banyak baca-baca soal Google AdSense, jadi saya ga tahu sama sekali soal tahapan periklanan hingga pembayarannya. Setelah verifikasi PIN itu pun saya jaraaang sekali buka akun Google AdSense di laptop. Saya install aplikasi Google AdSense di HP dan di sana ga ada notifikasi apa-apa. Saya pun ga pernah dapat email soal verifikasi rekening bank.

Langsung deh saya klik link Verify yang ada di notifikasi itu. Muncullah keterangan bahwa saya mesti memasukkan jumlah deposit di bawah Rp1.000 yang dikirim ke rekening saya sekitar 8 Januari 2018. Gileee, udah 1.5 tahun lebih, hahaha. Saya juga jarang cek mutasi rekening, cuma pantau saldo, makanya ga ngeh ada transferan dari Google. Toh jumlahnya juga cuma ratusan rupiah, ya mana saya hapal saldo saya nambah karena bunga bank atau transferan.

verifikasi deposit google adsense
Cari dah tuh mutasi rekening awal tahun 2018, wkwk

Saya langsung cek ke akun klikBCA saya, untunglah masih bisa download e-statement bulan Januari 2018. Dan bener aja, ada transferan dari LLG-CITIBANK GOOGLE ASIA PACIFIC tanggal 9 Januari 2018, hahaha. Langsung deh saya masukin ke form verifikasinya. Agak ribet masukin angkanya karena bentuknya dropdown dari 1 hingga 999, wew. Kalau dapat angka 900an kan lumayan juga scroll-nya. Setelah itu rekening bank saya pun berhasil diverifikasi. 

akun adsense sudah diverifikasi
Akhirnya beres jugaaa

Untunglah yaa masih bisa pakai kode yang dikirim dari zaman baheula. Kalau ga bisa kan mesti ngontak Google AdSense-nya lagi, males saya, hehe.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait verifikasi rekening bank ini:

  • Verifikasi rekening bank diperlukan sebagai tes oleh Google AdSense untuk memastikan bahwa rekening yang kita masukkan sudah benar. Jadi di saat kita nanti bisa menerima pembayaran, Google bisa mengirimkannya ke rekening yang tepat. Jadi pastikan rekening yang digunakan valid yaa.
  • Google akan mengirimkan deposit di bawah Rp1.000 (atau di bawah $1 jika menggunakan USD). Cek-cek aja di mutasi rekening yaa.
  • Jika masih belum menerima deposit lebih dari 10 hari kerja, pastikan lagi rekening banknya benar dan tidak bermasalah. Atau coba tambahkan opsi pembayaran lain dan jadikan sebagai primary payment method.
  • Pastikan angka deposit yang dipilih sudah benar ya sebelum di-submit. Kalau salah sampai 3x, kita ga bisa masukin angkanya lagi dan harus menghubungi CS Google AdSense untuk menyelesaikannya.

Demikian pengalaman saya melakukan verifikasi alamat dan rekening bank untuk Google AdSense. Pelajaran dari pengalaman saya, ingat-ingat ya bahwa kalau balance akun sudah melebihi Rp130.000, kita mesti verifikasi alamat DAN rekening bank, haha.

Ada yang udah verifikasi ginian juga? Share yuk.

Salam,

Reisha Humaira

Satu tanggapan untuk “Verifikasi Alamat dan Rekening Bank untuk Google AdSense

Leave your comment