Cara Mengganti Struktur Permalink WordPress dengan Aman

Permalink (permanent link) atau tautan permanen pada blog adalah URL dari halaman-halaman yang ada di blog, baik itu halaman blog post ataupun halaman statis. Idealnya permalink ini tidak diubah-ubah. Namun ketika benar-benar diperlukan, bagaimana cara mengganti struktur permalink dengan aman supaya URL yang sudah dibagikan tidak jadi error 404 alias broken link?

Tulisan kali ini fokus membahas cara mengganti struktur permalink pada blog WordPress yang self-hosted. Untuk WordPress.com ga berlaku karena kita ga bisa mengganti struktur permalink, hanya bisa mengganti post name atau slug URL.

Baca: Perbandingan Lengkap Platform Blogger vs. WordPress.org vs. WordPress.com

Di dashboard WordPress, pengaturan struktur permalink bisa ditemukan pada menu Settings > Permalinks. Ketika baru di-install, WordPress biasanya akan menggunakan format plain untuk permalink-nya.

Pada format plain ini, angka yang berada pada URL itu (/?p=123) merupakan ID dari blog post tersebut di database. Hanya saja penggunaan format permalink seperti ini tidak SEO friendly dan tampak kurang profesional. Dari URL saja, orang ga akan memiliki bayangan isinya tulisannya tentang apa.

Oleh karena itu, ketika baru membuat blog WordPress, sebaiknya struktur permalink ini langsung diganti dengan format yang ada post name-nya. Tujuannya biar nanti ketika blog udah diisi dengan tulisan dan link-nya udah di-share ke mana-mana, kita ga perlu pusing dengan struktur permalink yang berubah.

Blog di WordPress.com biasanya menggunakan struktur permalink day and name. Jadi di dalam URL terdapat tahun, bulan, dan tanggal publish dari blog post tersebut. Di WordPress self-hosted kita tidak harus memilih format seperti itu karena ada beberapa pilihan lain. Yang jelas hindari memilih format plain atau numeric.

setting permalink wordpress

Untuk mengganti struktur permalink, caranya tinggal pilih format yang diinginkan, lalu klik tombol Save Changes.

Advertisement

Dulu ketika awal-awal men-set up blog reisha.net ini, saya menggunakan struktur permalink month and name. Dulu saya mikirnya cuma biar kelihatan tulisan itu di-publish kapan. Lumayan lama saya bertahan dengan struktur ini.

Seiring berjalannya waktu, baca-baca sekilas soal SEO dan permalink, dibilang bahwa struktur permalink dengan tahun, bulan, hingga tanggal publish blog post itu cocoknya untuk website seperti situs berita. Kenapa? Karena di berita kan penting banget ya buat tahu kejadiannya itu kapan. Masuk akal sih.

Sementara untuk tulisan-tulisan blog, kebanyakan isinya tidak spesifik untuk tanggal tertentu, bahkan evergreen atau timeless. Efek jeleknya kalau dikasih tanggal, tulisan-tulisan yang udah di-publish dari lama bisa jadi kurang diminati pembaca karena mereka menganggap itu tulisan jadul, padahal isinya masih relevan untuk saat sekarang.

Baca: 10 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mempublikasikan Tulisan di Blog

Yaa bener juga sih ya. Apalagi untuk saya yang tipenya blogger late post. Tulisan jalan-jalan kapan, ditulisnya baru 1-2 tahun kemudian, haha. Memang ga cocok banget kalau di permalink-nya dikasih tahun dan bulan. Saya jadi kepikiran deh untuk mengganti struktur permalink blog ini.

Saya pernah menemukan link blog post seseorang yang ketika saya klik, munculnya error 404 alias not found. Link tersebut ternyata sudah jadi broken link. Blognya masih aktif padahal. 

Setelah saya telusuri lagi, ternyata dia sudah mengganti struktur permalink-nya, dari yang awalnya pakai tanggal, sekarang ga pakai tanggal lagi. Mungkin dia juga udah baca hal yang saya bahas di atas, hehe.

Hal seperti itu tentu ga bagus ya. Masih mending kalau pembacanya lumayan kepo kayak saya, mau search ulang di blognya, hehe. Tapi kebanyakan orang kan menganggap tulisannya sudah dihapus atau blognya error. Kita jadi kehilangan pembaca deh.

Advertisement

Saya jelas ga mau hal yang sama terjadi pada blog saya. Ketika saya mau mengganti striktur permalink itu, tulisan saya udah banyak, udah di-share ke banyak tempat, dan di tiap tulisan juga ada internal link dengan format URL yang lama. Ga rela donk kalau blog saya jadi banyak broken link-nya.

Awalnya saya kepikiran untuk menggunakan plugin Redirection. Hanya saja, ternyata di plugin itu kita mesti input satu per satu link yang mau di-redirect. Yah kalau dikit sih ga apa-apa ya, kalau tulisan udah ada ratusan, cape deh.

Saya coba browsing apakah ada cara yang mudah dan aman untuk mengganti struktur permalink di WordPress. Dan ketemulah caranya di website Yoast, horeee.

Cara ini hanya digunakan untuk mengubah struktur permalink menjadi format post name. Prosesnya sebagai berikut.

  1. Ubah struktur permalink di halaman Settings > Permalinks di WordPress menjadi post name.
  2. Buka halaman tool Create Redirects milik Yoast ini. Isi formnya sesuai kondisi blog lalu klik tombol Generate Redirect.
form yoast create redirect
  1. Setelahnya di atas form akan muncul info kode yang mesti ditambahkan ke file .htaccess nanti, seperti berikut.
yoast redirect
  1. Login ke cPanel dari hosting blog, masuk ke halaman File Manager. Kalau bingung gimana caranya login ke cPanel, silakan tanya ke CS penyedia hosting masing-masing ya. 😄
  2. Di halaman File Manager, klik folder web root (bisa public_html atau www), temukan file .htaccess. Jika file-nya tidak terlihat, kemungkinan file-nya masih hidden. Silakan klik tombol Settings di kanan atas, akan muncul popup Preferences, lalu centang opsi Show Hidden Files (dotfiles).
setting file manager cpanel
  1. Sebelum mengubah isi file .htaccess, buatlah copy-an dari file tersebut sebagai backup. Soalnya kalau ada kesalahan pada file ini, blog jadi tidak bisa diakses.
  2. Selanjutnya klik file .htaccess tersebut lalu klik Edit. Tambahkan kode yang muncul setelah Generate Redirect tadi di baris pertama file. Klik tombol Save Changes untuk menyimpannya.

Selesai deh. Selanjutnya tinggal dicoba untuk mengakses URL yang lama, apakah benar-benar sudah dialihkan ke URL dengan struktur yang baru.

Begitulah cara mengganti struktur permalink WordPress dengan aman. Dengan cara ini, walau URL yang lama sudah menyebar, ketika ada yang membuka, URL-nya akan langsung dialihkan ke URL baru. Jadi ga akan error 404 deh.

Buat yang pernah mengganti struktur permalink tapi belum menambahkan kode di file .htaccess-nya, cobain deh sekarang juga. Kalau berhasil, share pengalamannya di komentar ya. šŸ˜‰

Salam,

Reisha Humaira

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: