NZ Road Trip: Jalan Santai ke Blue Pools

Kadang saya merasa road trip kami di New Zealand itu terbilang jalan-jalan sehat, karena tiap road trip ada sesi hiking-nya, atau jalan kakinya lumayan banyak, hehe. Di road trip musim panas 2019 ini kami sebelumnya sudah hiking di Hooker Valley Track, Aoraki. Berikutnya kami masih jalan lagi ke Blue Pools, tapi ini rutenya lebih pendek dan santai banget sih, hehe.

Perjalanan dari Wanaka ke Blue Pools

Minggu, 15 Desember 2019

Hari sebelumnya, setelah puas menikmati Clay Cliffs, kami tetap melanjutkan perjalanan ke Wanaka. Di sana kami mampir sebentar ke Lake Wanaka.

Untuk tempat menginap hari itu, kami memutuskan ke DOC Cameron Flat Campsite yang terletak di daerah Makarora. Kami memilih di sana karena lokasinya dekat dari Blue Pools. Kami memang berencana untuk ke Blue Pools keesokan paginya.

Baca: Seri Campervan: Mencoba Berbagai Tipe Campground untuk Campervan di New Zealand

Dari Wanaka ke DOC Cameron Flat Campsite menghabiskan waktu sekitar satu jam. Tempat yang berkesan selama perjalanan satu jam ini yaitu The Neck. The Neck adalah daratan sempit yang memisahkan Lake Hawea dengan Lake Wanaka. Katanya dulu kedua danau ini menyatu, tapi sekarang terpisah oleh The Neck.

Dari The Neck ini kami berhenti dua kali untuk memotret pemandangan masing-masing danau. Di situ ada bukit juga, ada jalur hiking menuju Isthmus Peak. Tapi katanya rutenya agak berat. Kami tentu saja ga hiking ke sana, hehe.

lake hawea lookout new zealand
Lake Hawea Lookout
lake wanaka lookout new zealand
Lake Wanaka Lookout

Jalan Pagi ke Blue Pools

Senin, 16 Desember 2019

Blue Pools sebenarnya tidak pernah masuk radar browsing saya, namun pak suami tahu. Yo wes, mari ngikut ajah.

Jalur ke Blue Pools dari parkiran tidaklah jauh. Jaraknya hanya sekitar 3 km PP. Jalurnya pun ga sulit. Posisinya di dalam hutan. Segar sekali ya rasanya pagi-pagi jalan di antara pohon-pohon hijau.

Memulai perjalanan ke Blue Pools

Setelah melewati jalan tanah, kami ketemu dengan jalur berkayu. Tak lama kemudian kami bertemu jembatan. Berasa de javu dengan hiking di Hooker Valley Track karena sama-sama ada jembatannya, hehe.

perjalanan menuju blue pools
Masih semangat jalan-jalan
Jembatan menuju Blue Pools

Jembatan ini menyeberangi sungai yang airnya berwarna hijau pucat dan tampak tidak jernih. Saya udah suudzan duluan, seriusan Blue Pools-nya seperti ini? Emang lagi kotor gitu airnya? Ga menarik ya…

jembatan menuju blue pools
Jadi suudzon melihat warna sungainya
Makarora River new zealand
Ga sebiru yang dibayangkan

Sesampainya di seberang jembatan, barulah kami ketemu papan informasi. Keterangannya, Blue Pools: 2 min. Oh baiklah, belum sampai rupanya, jadi bukan itu Blue Pools-nya, wkwk.

perjalanan menuju blue pools
Track setelah jembatan

Kami lanjut jalan lagi. Tak lama kemudian kami melihat jembatan lagi. Di bawah jembatan ini barulah terlihat si Blue Pools yang kami cari. Masya Allah, warnanya biru banget dan jernih. Biru kehijauan tepatnya. Saya jadi teringat Blue Spring Putaruru di Waikato, North Island.

Oh ini rupanya Blue Pools-nya
Masya Allah

Walau namanya “kolam”, Blue Pools ini sebenarnya bagian dari Makarora River. Tapi di bagian itu aliran airnya lebih tenang, lebih dalam, warnanya biru, mungkin karena itu terlihat seperti kolam ya #sotoy.

Foto dulu, hehe

Dari seberang jembatan kedua ini masih ada lanjutan track lagi, tapi kami tidak meneruskan perjalanan karena memang ga berencana lama-lama di sana. Kami memilih turun ke pinggir sungai aja.

View dari seberang jembatan kedua

Tak jauh dari jembatan itu ada dataran yang lumayan luas. Di sana penuh dengan batu. Banyak batu-batu pipih di sana dan tampaknya cukup banyak pengunjung yang menumpuk batu-batu itu setinggi yang mereka bisa.

di sekitar blue pools
Penuh batu
Menara entah karya siapa

Akas pun mencoba menumpuk beberapa batu. Lumayanlah ya ada mainan, hehe.

main di sekitar blue pools
Mencoba bikin menara batu

Dari dataran itu kita bisa main di sungainya. Mungkin bisa juga berenang di sana, tapi kayaknya airnya dingin sih. Walau musim panas, waktu itu aja saya masih butuh jaket tipis ke sana, heuheu.

blue pools
View ke arah Blue Pools

Beres main dengan batu kami langsung berbalik dan kembali ke parkiran.

di sekitar blue pools
Balik lagi ke parkiran

Sekilas Tentang Toyota Kiwi Guardians

Di perjalanan santai ke Blue Pools ini saya melihat ada tiang kecil dengan tulisan. Kebiasaan saya kalau nemu tulisan di tempat wisata, saya memilih memotretnya aja ketimbang menghabiskan waktu untuk membacanya di sana. Bacanya belakangan aja dari foto, hihi.

toyota kiwi guardians
Maaf ya kodenya disensor, hehe

Seusai road trip, ketika melihat-lihat foto, saya baru ngeh tulisannya itu “To get your Kiwi Guardians medal, visit kiwiguardians.co.nz and enter the code”. Langsung deh saya coba buka website-nya.

Rupanya medali Kiwi Guardians ini adalah reward yang diberikan kepada anak-anak yang telah mengikuti aktivitas tertentu, atau sudah “berpetualang” ke tempat-tempat tertentu. Program ini mengajak anak-anak untuk belajar dan lebih dekat dengan alam.

Saya coba telusuri website-nya dan ketemulah dengan form untuk mengklaim Kiwi Guardians adventure medal. Medalinya berupa gantungan kunci. Saya coba isi formnya, iseng aja, soalnya kan ga tahu juga apakah programnya masih aktif atau tidak. Nothing to lose, toh ngisi form online doank.

Di form itu juga diminta kode yang ada di tiang yang saya foto itu. Ah, baru ngeh maksudnya kode itu untuk apa. Sepanjang road trip musim panas ini, saya menemukan tiang itu di Blue Pools dan Punakaiki Pancake Rocks. Saya isi deh formnya dua kali.

Dari form itu juga saya baru tahu ternyata pilihan lokasinya ada buanyak banget, tersebar di seluruh penjuru New Zealand. Di Aoraki rupanya juga ada, hanya saja kami ga melihat tiangnya waktu itu, heu. Jadi gemez.

Setelah beberapa waktu tiba-tiba ada kiriman di mailbox apartemen kami. Rupanya medalinya beneran dikirim. Waaah, berasa dapat hadiah. Medalinya sederhana aja sebenernya, tapi jadi berkesan karena memang ga expect apa-apa, hehe.

toyota kiwi guardians medal
Medali dari dua tempat

Hanya saja medali ini cuma bisa dikirimkan ke alamat di New Zealand. Jadi buat traveler dari luar New Zealand, paling opsinya nitip ke teman yang tinggal di New Zealand, hehe. Buat yang tinggal di New Zealand, coba dicek deh list tempat-tempatnya, jadi kalau jalan-jalan ke sana, sekalian deh cari tiang berisi kodenya, hehe.

Begitulah pengalaman kami ke Blue Pools, ga banyak yang bisa diceritakan memang, hehe. Tulisan ini juga saya ikutkan ke dalam Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan Februari ini.

Ada yang berminat ke Blue Pools?

Salam,

Reisha Humaira

12 komentar pada “NZ Road Trip: Jalan Santai ke Blue Pools

• 10 Februari 2022 pada 21:14
    Permalink

Viewnya keren, Kak. Warna airnya juga menarik. Akses ke sana bagaimana, Kak untuk transportasi?

• 11 Februari 2022 pada 00:39
      Permalink

Untuk road trip di New Zealand biasanya kami sewa mobil atau campervan. Ga ada opsi kendaraan umum deh kayaknya ke sana karena agak jauh dari kota.

• 21 Februari 2022 pada 23:48
    Permalink

Cantik banget deh Reisha, biru banget, tadi aku langsung google ternyata birunya karena refleksi cahaya ya, keren.

Aku suka deh sama Kiwi Guardian Medal itu, program yang bikin anak kecil semangat pastinya.

• 22 Februari 2022 pada 07:32
    Permalink

masyaallah … teh Reisha senangnya dapat medali, berapa saat aku pramuka kalo selesai tracking dapat medali hi3 …
    sekarang hobi lari juga banyak medalinya saat event ya …
    seneng liat foto-foto kerennya … dan pastinya suasana aslinya lebih indah.
    salam jalan-jalan

• 22 Februari 2022 pada 18:16
    Permalink

Indahnya…:) Tiga km PP lumayan tidak membuat lelah ya Teh Reisha, apalagi mengajak anak kecil, plus medannya pun sudah nyaman buat jalan kaki. Dan areanya pun ga crowded ya sepertinya, tidak ada foto pengunjung lain yang terlihat. Kebayang sejuk dan segerrrnya, oksigennya pun melimpah…hhhmmmm. 🙂

Suhunya berapa derajat saat itu, Teh Reisha? Foto-fotonya memuaskan untuk dinikmati, terutama buat saya yang belum pernah ke sana sekalipun ehehe. Makasiiiy ya Mamah Reisha 🙂

• 22 Februari 2022 pada 20:02
    Permalink

Ya ampun Teh bagus banget ya mupeng deh. Wishlist aku nih NZ semoga kapan-kapan bisa kesana.

• 22 Februari 2022 pada 21:48
    Permalink

Ya Allah kabita mau jalan-jalan ke sana, jadi teringat semalam mimpi pindah ke NZ bersama suami dan anak. Semoga bisa kesampaian di dunia nyata. Aamiin hihi

• 23 Februari 2022 pada 09:48
    Permalink

Cantik banget warna Blue Pools nya Teh anaknya umur berapa pas diajak tracking? Hebat bisa ikut tracking sejauh itu

• 23 Februari 2022 pada 19:44
    Permalink

Minat banget ke Blue Pools. Aku suka tu ide dapat medali gitu. Seru buat anak-anak. Eh Mama juga mau sih koleksi medali pencapaian traveling.

• 24 Februari 2022 pada 18:42
    Permalink

Kreatif ya kepikiran aja bikin medali gitu. Tapi blue pools nya kirain bisa buat berenang juga. Kalau airnya dingin di musim panas, musim dingin udah pasti dingin banget dong.

• 25 Februari 2022 pada 00:12
    Permalink

Masya Allah cantik sekali pemandangannya… sayang ga bisa berenang ya di situ
    Makasih sharingnya teh. Walaupun belum kesampaian ke NZ setidaknya bisa menikmati lewat tulisan teteh.

• 25 Februari 2022 pada 12:52
    Permalink

salam kenal teteh, bagus-bagus fotonya serasa ikut jalan-jalan kesana 🙂