Diari Kehamilan Pertama: Kontrol Kandungan Ke-1 (Trimester 1, 5W4D)

Setelah mengetahui bahwa ternyata saya hamil dan tidak sempat nanya-nanya banyak ke dr. S, suami saya mengajak untuk konsultasi lagi ke dr. S langsung keesokan harinya, terutama untuk menanyakan soal antibiotik itu. Jadwal kontrol berikutnya sih mestinya masih 2 minggu lagi.

Baca juga: Diari Kehamilan Pertama: Ternyata Hamil

Kontrol Ke-1, 6 November 2014

Kali ini kami memilih ke Siloam Hospital saja karena lebih dekat dari rumah dibanding RS Pertamina, toh dr. S juga praktik di sana. Kami ke sana pagi, karena dulu waktu konsultasi soal haid juga pagi. Eh ternyata jadwal praktiknya udah ganti. Salah nih ga ngecek jadwal dulu. Akhirnya kami memilih dokter lain aja dan dokter perempuan yang ada saat itu adalah dr. N.

Baca juga: Kelanjutan Kisah Oligomenorrhea

Kepada dr. N, saya tanyakan soal antibiotik tersebut. Agak ribet juga jelasinnya ke dr. N karena mesti cerita dari awal gimana, rekam medisnya kan adanya di RS Pertamina. Trus saya ga hafal nama dan kandungan antibiotiknya. Ada fotonya di HP, tapi HP saya sempat mati segala -_-”. Untung akhirnya bisa nyala. Saya cerita dari pap smear, lalu hasilnya gimana. Kata dr. N saya cepet amat ambil pap smear (saat itu baru 8 bulan menikah). Ntah sih ya, namanya juga mumpung gratis :P.

Baca juga: Medical Check Up dan Pap Smear Pertama (2)

dr. N menyuruh USG dulu, dan dari USG yang terlihat juga masih kantong kehamilan. Kata dr. N, “Sekarang belum bisa ditentukan apakah obat tersebut berpengaruh ke janin atau tidak. Nanti dilihat saja perkembangan janinnya selama kehamilan. Ya mudah-mudahan ga kenapa-kenapa ya.”

Kami juga menanyakan beberapa hal lain ke dr. N.

Saya: Dok, kami ada rencana traveling dalam bulan ini, apakah saya boleh naik pesawat? (saat itu sudah ada rencana untuk ke Malaysia)
dr. N: Boleh kok, ga masalah. Pada dasarnya orang hamil itu orang sehat, jadi tetap boleh beraktivitas seperti biasa. Naik pesawat silakan, traveling silakan.

Baca juga: Trip Malaysia: Itinerary Plan dan Perjalanan ke Malaysia

Saya: Kalau pake sepeda boleh ga dok? (kebetulan suami baru banget beliin saya sepeda beberapa hari sebelumnya agar saya gampang ke mana-mana, soalnya saya ga bisa pake motor, tapi kalo sepeda bisa :P)
dr. N: Sepeda jangan dulu atuh. (dr. N sepertinya orang Sunda :P)

Saya: Kalau berhubungan gimana dok?
dr. N: Sebaiknya dihindari dulu, tidak aman sampai 12-14 minggu. Tapi kalaupun nanti pengen, jangan dikeluarin di dalam.

Kesan saya terhadap dr. N, dokternya baik dan sepertinya lebih suka ngomong dibanding dr. S, tapi rasanya seperti terburu-buru banget. Pas USG rasanya juga terburu-buru. Namun dr. N hari itu juga ngasih nomor HP-nya, boleh saya hubungi kalau ada apa-apa. Ini poin plus banget sebenernya dokter mau ngasih kontak pribadinya. Tapi entah kenapa saya kurang sreg aja.

Resume Kontrol Ke-1

image

Catatan kontrol dan USG:

  • Tanggal: 6 November 2014
  • Tempat: Siloam Hospital Balikpapan (dr. N)
  • Tensi Ibu: (lupa nyatet, masih normal)
  • Berat Ibu: 52 kg
  • Hasil USG
    GS (ukuran kantong kehamilan): 19.3mm, 5W4D ± 10D, 05-07-15
    AVE (perkiraan usia kehamilan): 5W4D, 05-07-15
  • Suplemen: Folda, untuk 14 hari (masih pakai yang dari dr. S)

Biaya pemeriksaan kehamilan:

  • Pendaftaran pasien lama: Rp15.000
    Prosedur USG dengan print: Rp190.000
    Konsultasi dokter spesialis: Rp125.000
  • Total = Rp330.000

Salam,

signature

Leave your comment