8 Rahasia Blogging di Balik Para Blogger Sukses

Eiisss, gaya bener bahasan kali ini, wkwk. Walau udah punya blog dari tahun 2007, saya mah masih jauh dari kata sukses dalam dunia blogger, haha.

Eh, apa sih definisi blogger sukses? Tentu bisa beda-beda ya buat tiap orang. Mungkin ada yang menilai blogger sukses itu yang blognya ramai sekali pengunjungnya, udah berjuta-juta mungkin pageview-nya. Atau blogger sukses itu yang bisa dapat banyak uang dari blognya. Bisa juga blogger sukses itu yang terkenal ke mana-mana karena blognya, banyak follower-nya. Atau mungkin juga blogger yang udah dapat banyak penghargaan di mana-mana. 

Yah, bebas deh definisinya gimana, karena parameter sukses dalam hidup pun beda-beda kan buat tiap orang #tsaaah. Tapi dalam dunia blogging, sebenarnya poin-poin yang saya sebutkan di atas saling berkaitan sih, hehe. 

Lalu siapa saya kok bahas rahasia blogger sukses padahal sendirinya belum sukses? Haha. Yaa berhubung udah ngeblog agak lama, baca-baca pengalaman orang dari blogwalking, dan mengamati sendiri perjalanan beberapa blogger, jadi sedikit banyak saya tahu di balik layar dunia blogging itu seperti apa. Dan ternyata untuk mencapai level sukses itu tidak mudah, hihi.

Jadi, apa saja rahasia di balik dunia blogging yang mungkin jarang dibahas oleh mereka yang sudah jadi blogger sukses itu?

1. Blogging Itu Perjalanan yang Panjang

Beberapa waktu lalu di sebuah grup ada yang bertanya kira-kira begini: “Saya pemula, mau bikin blog dengan niche X biar dapat uang, bagusnya pakai platform apa ya? Trus jadi blogger dapat uang berapa ya rata-rata?”. Duh gemes, haha.

Baca juga: Perbandingan Lengkap Platform Blogger vs. WordPress.org vs. WordPress.com

Apakah semudah itu dapat uang dari blog? Oh tentu tidak. Kalau kamu lihat blogger yang udah pada level bisa dapat uang berjuta-juta dari blognya, jangan dikira itu bisa mereka capai dalam waktu singkat. Ngeblog itu perjalanan yang panjang. Butuh waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun mungkin hingga mereka dapat penghasilan dari blog. 

Kalau kamu bikin blog bulan ini dan berharap sudah dapat uang bulan depan, salah banget. Mending belajar jualan atau mengerjakan hal lain, huehe. Yaa kecuali kalau kamu sudah terkenal, atau tulisanmu tiba-tiba viral dalam satu malam, mungkin bisa. Tapi itu kasus khusus ya. Buat kita yang orang biasa mah, sekali lagi, butuh proses yang panjang.

Baca juga: 25 Pilihan Pekerjaan Non Full Time untuk Ibu Rumah Tangga Selain Berjualan

2. Blogger Itu Harus Rutin Publish Content

Sebelum mengharapkan uang atau pembaca yang banyak, yang jelas kita mesti konsisten dulu menulis dan mem-publish tulisan di blog. 

Tulisan yang disukai pembaca tentulah tulisan yang bagus, berkualitas, menarik, bermanfaat, menghibur, menyentuh, atau sesuai selera mereka. Untuk bisa membuat tulisan seperti itu, butuh jam terbang yang tinggi. Lagi-lagi, butuh waktu yang banyak juga.

Dan untuk blog, ga cukup dengan bisa membuat tulisan yang bagus saja. Blognya mesti rutin di-update, blogger-nya mesti konsisten dan rutin menulis. Dan percayalah untuk bisa konsisten menulis itu susah, hahaha. 

Baca juga: #ODOPNovemberChallenge dan Pencapaian Publish Satu Tulisan Setiap Hari

3. Blog Itu Butuh Marketing

Sudah bisa menulis dengan baik dan rutin juga nulisnya, ternyata itu masih belum cukup. Ibarat barang dagangan, blog itu juga butuh “dijual”. Dijual dalam artian di-share, dipublikasikan, diiklankan, you name it. Dan ini juga butuh strategi, bagaimana caranya agar makin banyak orang yang tahu blog kita dan mau membaca tulisan kita.

Memang ada yang namanya SEO, tapi kalau hanya mengandalkan SEO, percayalah ga akan cukup. Huehe.

Saya sih ga ahli urusan marketing blog ini, jadi jangan tanya saya, ahaha. Monggo kalau ada yang punya info atau tips seputar marketing blog, share di komen yaa.

4. Blogging Itu Butuh Banyak Skill Selain Menulis

Jangan dikira blogging itu hanya soal skill menulis. Blogging juga butuh banyak skill lain untuk menghasilkan blog yang menarik dan berkualitas.

Nih saya jembrengin ya skill yang bakal berguna sekali untuk blogging.

  1. Content Writing. Menulis memang skill yang utama. Untuk blog, lebih spesifik lagi ke penulisan content. Menulis content tentu berbeda dengan menulis diary, cerpen, novel, apalagi karya ilmiah.
  2. Blogging Platform. Apapun platform yang dipakai, sebaiknya kita tahu apa saja yang fitur yang tersedia di dashboard-nya dan bagaimana memaksimalkannya.
  3. Design. Ga perlu sampai pada level jago bikin desain atau ilustrasi juga sih, tapi minimal paham desain blog yang bagus itu seperti apa, pilihan kombinasi font untuk blog yang baik gimana, kombinasi warna yang enak dilihat itu kayak apa, dll.
  4. Photography. Zaman sekarang blog terasa hampa kalau ga ada fotonya. Tentu lebih baik kalau foto yang dipakai itu foto milik sendiri. Dan untuk bisa dapat foto yang keren juga butuh skill. Minimal tahu basic photography deh.
  5. Photo editing. Paling dasar sekali, minimal tahu cara crop dan resize ukuran foto. Kalau punya skill lebih tentu bisa dipakai untuk mengedit foto yang dipunya jadi lebih bagus lagi.
  6. Video and Audio. Saat ini orang-orang juga udah melirik video sebagai pelengkap konten blog.
  7. HTML dan CSS. Sebenarnya ngeblog itu bisa aja tanpa urusin coding sama sekali. Tapi kalau bisa coding dikit bakal sangat membantu. Minimal HTML dan CSS, karena dua hal itu basic banget dalam web development.
  8. Marketing. Seperti sudah dibahas di atas ya. Menarik banyak pembaca ke blog kita itu butuh strategi marketing.
  9. Social Media. Zaman sekarang blogger itu tampaknya kudu eksis juga di media sosial seperti Facebook pribadi, Facebook Page, Instagram, Twitter, dll. Online presence ini bisa digunakan untuk personal branding dan marketing. Kesannya mudah, main medsos doank. Tapi ternyata ga semudah itu lho.
  10. SEO. Sekarang orang apa-apa googling, jadi empunya website dan blog berlomba-lomba agar tulisannya muncul di page one Google. Di situlah SEO berperan penting.
  11. Networking. Membangun blog itu ga bisa sendirian. Kita butuh menjalin networking dengan blogger lain juga membangun interaksi yang baik dengan pembaca.

5. Blogger Itu Butuh Soft Skill Juga

Yang sudah saya sebutkan di atas sebagian besar tergolong hard skill ya. Dan ternyata tidak cuma hard skill, blogger profesional itu juga butuh soft skill yang bagus. Apa saja? 

  1. Self-motivation. Membangun blog sebagian besar dilakukan sendirian. Karena itu butuh motivasi yang kuat dari awal, apalagi saat blog baru dibuat, yang baca masih sedikit, perjalananmu masih panjang nak.
  2. Self-discipline. Rutin mem-publish tulisan di blog tidak akan tercapai tanpa disiplin yang kuat. Disiplin menulis, disiplin mencapai target tulisan.
  3. Patience. Sudah berulang-ulang kali ya ditulis di atas, haha, blogging is a long journey. Jadi bersabarlah. Ga perlu terburu-buru atau cari cara yang instan. Jalani aja prosesnya. Buah yang matang di pohon aja lebih enak kok daripada buah karbitan #eaaa.
  4. Confidence. Di luar sana pasti bakal selalu ada tulisan lain yang lebih baik daripada tulisan kita. Tapi jangan minder, tetaplah percaya diri dengan tulisan sendiri, sambil terus di-upgrade skill menulisnya.
  5. Learn from mistakes. Setiap manusia di dunia pasti punya kesalahan (ingat lagu Sherina, haha). Ga apa-apa, justru jadikan kesalahan itu sebagai pelajaran biar lebih baik lagi ke depannya. 

6. Blogging Itu Butuh Screen Time yang Banyak

Ada yang membatasi atau memang tidak suka menghabiskan banyak waktu di depan layar? Kalau ada, kemungkinan besar blogging bukan hal yang cocok untuk dijalankan.

Yang serius menekuni dunia blogging bakal menggunakan banyak waktunya untuk berhadapan dengan layar, entah itu laptop, tablet, ataupun smartphone. Screen time-nya itu tidak hanya digunakan untuk menulis content dan marketing, tapi juga untuk mempelajari skill yang sudah saya sebutkan di atas. Belajar autodidak bisa dari buku memang, tapi zaman sekarang mah orang lebih suka masuk Google University atau Youtube Institute, wkwk.

7. Blogging Itu Butuh Modal

Punya blog tanpa keluar uang sama sekali tentu saja bisa. Berbagai platform biasanya menyediakan layanan untuk membuat blog dengan gratis. Tapi ketika ingin jadi blogger profesional, ada baiknya punya blog dengan domain sendiri. Dan untuk beli domain itu jelas butuh keluar biaya tiap tahunnya. Buat yang memutuskan pakai WordPress self-hosted, nambah lagi deh biaya untuk hosting.

Oia sebelumnya jelas butuh modal waktu. Kita bakal menghabiskan waktu yang banyak untuk sampai pada level sukses. Menulis butuh waktu. Blogwalking juga makan waktu. Kita juga butuh modal waktu untuk menguasai berbagai skill yang dibutuhkan untuk jadi blogger profesional.

Baca juga: Perlukah Ikut List Blogwalking?

Ga bisa atau ga ada waktu untuk mempelajari banyak hal di atas? Ga apa-apa kok. Tapi artinya mesti sedia modal uang lebih banyak, haha. Kenapa? Pengen punya template blog yang keren tapi ga bisa utak-atik yang gratisan, ya belilah template premium atau hire orang lain untuk mengerjakannya. 

Bahkan, ga punya waktu untuk menulis pun ada solusinya kok: ghostwriter. Ga tahu ya kalau di Indonesia gimana, tapi di kalangan blogger luar negeri itu tuh biasa. 

8. Blogger Itu Mesti Punya Mental yang Kuat

Semakin banyak orang yang baca blog kita, artinya makin banyak juga karakter orang yang bakal kita temui. Yang jelas, ga mungkin 100% bakal suka dengan tulisan kita. 

Orang yang suka tulisan kita bakal ngasih komentar positif, ini sih biasanya ga masalah, justru bakal meningkatkan motivasi kita untuk ngeblog. Ada juga yang bakal memberikan kritik dan saran. Jangan sampai jadi anti kritik atau baper kalau dikritik yaa. 

Lalu bagaimana dengan orang yang ga suka? Siap-siap deh menghadapi komentar kasar, makian, dan bullying. Apalagi kalau tulisannya viral dan menimbulkan pro-kontra, makin rame deh itu. Tahu sendiri lah kejamnya jemari netijen di dunia maya. Bahaya kalau ga kuat mentalnya. Yakinlah menghadapi haters itu berat, heuheu.

Baca juga: Joker, Kesehatan Mental, dan Media Sosial

Sekian rahasia di balik para blogger sukses yang saya tahu, Udah bukan rahasia lagi berarti ya, ahaha.

Apakah itu berarti untuk jadi blogger kita mesti menguasai semua hal di atas? Well, balik lagi ke tujuan blogging-nya apa. Tiap orang pasti punya tujuan dan target yang berbeda-beda. Tidak ada yang salah, tidak ada yang lebih benar. 

Kalau blogging-nya hanya untuk menyalurkan hobi menulis dan ga expect apa-apa, berarti ga usah pusing dengan semua hal di atas. Tapi kalau memang mau jadi blogger terkenal dan ingin blognya jadi sumber penghasilan, semangat yaa menjalankan semua hal di atas. Nanti kalau udah terkenal berkat hal-hal yang ditulis di sini, jangan lupakan saya ya, ahaha.

Bagaimana perjalanan blogging-mu hingga saat ini? Share yuk!

Salam,

Reisha Humaira

14 tanggapan untuk “8 Rahasia Blogging di Balik Para Blogger Sukses

  • 3 November 2019 pada 21:31
    Permalink

    Setuju…

    Jadi blogger g semudah yg dilihat..

    Effortnya tinggi juga

    Balas
    • 4 November 2019 pada 20:57
      Permalink

      Bener banget tuh mbak, jaman sekarang jari netizen lebih kejam dari macan :”) sukses terus ya mbak tulisannya sangat membantu bagi blogger abal-abal cem saya

      Balas
  • 3 November 2019 pada 21:33
    Permalink

    Poin di atas dapet banget mbak. Yes, blog itu perjalanan panjang. Aku udah punya blog sejak 2011, pindah gratisan ke domain akhirnya sekarang operasiin dua blog krn beberapa alasan dan aku masih nyari “nyaman” ku nulis itu di mana. Awalnya pingin berpenghasilan dari blog, tp ya itulah blog adalah perjalanan panjang, jd sekarang aku lebih menikmati mengisi blog dan memperbaiki tulisan, sembari blogwalking agar selalu mendapat inspirasi dari sana hehe. Jadi panjang komennya.

    Balas
    • 5 November 2019 pada 13:35
      Permalink

      Blog itu memang harus rutin, punya marketing. Ibarat kata kita punya kantor berita sendiri. Harus promosi.

      Balas
  • 4 November 2019 pada 09:11
    Permalink

    8 PR klo mau serius jadi blogger
    Saya udah punya blog dari 10 tahun lalu waktu SMA, masih WP gratisan. Terus berani beli domain dari 2 tahun lalu, eeeh malah baru sedikit isinya. Apa lagi baru punya anak bayi, jadi waktunya klo ga ngurus bayi ya saya istirahat. Makanya, poin nomor 2 itu jlebbb banget buat saya, huhuhu…

    Balas
    • 5 November 2019 pada 18:07
      Permalink

      Nah soft skills nih yang saya belum punya, makasih sharingnya ya mba 🙂

      Balas
  • 4 November 2019 pada 09:31
    Permalink

    Ternyata demikian rahasianya. Beberapa sudah saya jalankan namun ada juga yang ilmu baru. Terima kasih sudah berbagi rahasia, Mbak. Akan saya pelajari dan saya praktekkan.

    Balas
  • 4 November 2019 pada 09:40
    Permalink

    Nah itu kriteria blogger sukses beda². Aku sih belum merasa sukses, krn belum menghasilkan berjuta-juta. Hehe…
    Tapi perlu modal bener banget…
    Harus rutin publish bener banget juga. Makanya ikut 1M1C deh…

    Balas
  • 4 November 2019 pada 12:15
    Permalink

    saya baru sampai tahap niat mau menjaga konsistensi menulis ehehe.. blog saya masih belum TLD, masih pakai gratisan.
    Terimakasih sudah berbagi semangatnyaa, mbak reisha

    Balas
  • Pingback:8 Blogging Secrets di Balik Para Blogger Sukses – Blogger Perempuan

  • 4 November 2019 pada 16:03
    Permalink

    waaah bener bgt kak, terlihat mudah padahal sulit juga wkwk

    Balas
    • 19 November 2019 pada 17:31
      Permalink

      Bener banget emang.. Paling susah sih konsistensi menulis ya karena walaupun udah kenal blog dari jaman SMA, tapi gak pernah bisa menjalankan ini. Baru satu bulan terakhir aja mulai mendisiplinkan diri. Udah beli blog yang self hosted, kan sayang kalo gak diisi. Padahal juga sebelumnya dianggurin. Hahaha…

      Balas
      • 20 November 2019 pada 19:10
        Permalink

        Intinya, pengin dapat uang ya jangan takut ngeluarin uang ya. Hehe…
        Noted.
        Salam kenal dari blogger newbie

        Balas
  • 5 November 2019 pada 04:04
    Permalink

    “Dan percayalah untuk bisa konsisten menulis itu susah” hahahha.. iyaa banget Sha.. Mood menulis naik turun, sekalinya naik tetep aja ga bisa publish banyak tulisan, apalagi pas mood lg turun..

    Balas

Leave your comment