Bucket List Jalan-Jalan di New Zealand Sebelum Kembali ke Indonesia

Dapat kesempatan tinggal di New Zealand, sayang sekali kalau tidak digunakan untuk jalan-jalan, berkeliling melihat dan mengagumi keindahan alam yang dikasih Allah ke negara ini. Jadi ketika dulu akan pindah ke Auckland, kami udah membayangkan bahwa kami akan mengagendakan road trip saat suami ada kesempatan libur. Kami menabung, berhemat, dan mencari pemasukan tambahan supaya road trip tidak mengurangi tabungan yang tidak boleh diganggu gugat.

Sudah satu tahun tinggal di Auckland, alhamdulillah kami udah dikasih kesempatan beberapa kali jalan-jalan di Auckland ataupun road trip di luar Auckland hingga South Island yang lebih indah itu. Banyak pengalaman baru dan kenangan manis selama jalan-jalan itu. Cuma belum kelar aja semuanya saya tulis di blog ini, huehe.

Tahun ini kalau tidak ada aral melintang, pertengahan Juli kami sudah harus kembali ke Indonesia. Masih ada beberapa tempat yang belum sempat kami kunjungi, dan kami sudah merencanakan kapan saja waktu yang bisa kami gunakan untuk jalan-jalan. Masih ada waktu saat suami mid-break semester (pertengahan April), sekitar Lebaran, dan sebelum pulang.

Tapi manusia memang cuma bisa berencana, Allah yang menentukan. Dengan adanya pandemi COVID-19 ini dan pemerintah New Zealand juga memutuskan untuk melakukan lockdown, otomatis tidak ada yang bisa jalan-jalan. Apalagi lockdown di New Zealand ini terbilang cukup ketat. Jalan-jalan ke luar kota baru diperbolehkan jika New Zealand sudah turun ke alert level 1. Sementara saat ini kondisinya masih di alert level 3.

Baca juga: Penerapan Physical Distancing Saat Pandemi COVID-19 di New Zealand

Namun ga ada salahnya donk ya nyimpan bucket list di sini, hehe. Yaa barangkali nanti masih ada rezekinya, semoga. Kalaupun tidak, berarti mesti mengikhlaskan, hehe.

Jadi, pengen ke mana aja nanti setelah bisa jalan-jalan dengan bebas lagi?

Beberapa Playground di Auckland

Mulai dari yang dekat dulu, hehe. Selama lockdown kami ga bisa main di playground, kangen juga ke playground bawa Akas main. Biasanya saya bakal cari playground yang bagus dan belum pernah kami datangi, jadi sekalian melihat daerah baru. Saya belum pernah browsing lagi sejak ada pandemi ini. Yang keinget sekarang itu mau ke Tui Glen Park di Henderson sama Marlborough Park Playground di Glenfield.

Naik Sky Tower

Sky Tower yang merupakan icon kota Auckland ini sebenarnya udah jadi pemandangan sehari-hari buat kami. Dari jalan di depan apartemen sih udah kelihatan si Sky Tower ini. Tapi kami belum pernah sama sekali naik ke observation deck-nya. Biasalah ya, kalau udah deket dari rumah itu ga berasa tempat wisata, jadi merasa ga perlu buru-buru ke sananya, hehe.

Tapi ini wajib sih rasanya, heuheu. Mesti dieksekusi nih kalau udah buka lagi nanti.

Road Trip Keliling Auckland Region

Wilayah Auckland ini luas banget euy, dan selama ini kami seringnya di wilayah Auckland Central aja. Dulu rencananya mau rental mobil untuk jalan-jalan ke luar Auckland Central, soalnya ga semua tempat bisa dijangkau dengan transportasi umum. Kalaupun bisa dengan kendaraan umum, bakal lama banaget perjalanannya. Jadi opsi terbaik memang rental mobil aja.

Baca juga: Auckland Itu Seperti Apa? Kenalan Yuk!

Mau ke mana aja? Yang kebayang saat ini mau ke daerah Waitakere Regional Park (sekalian hunting foto di golden frame di sana) hingga pantai di Piha. Sisanya, belum browsing lagi sih, huehe.

Hiking di Rangitoto Island

Ini masih di kawasan Auckland, nyeberang ke sana pakai ferry. Rangitoto Island ini pulau vulkanik termuda di Auckland, kalau ke sana kayaknya mesti cek banget kondisinya aman atau ga, hehe. Tapi temen udah ada sih yang pernah ke sana. Ga makan waktu lama juga di sananya mestinya.

Jalan-Jalan di Waiheke Island

Ini pulau wisata yang terkenal juga di Auckland. Bisa ngapain aja di sana? Kalau browsing sih Waiheke Island ini terkenal sekali dengan wine-nya, dan di sana bisa icip-icip wine di pabriknya. Tapi ya ga mungkin kami icip-icip wine, haha. Teman ada yang pernah ke sana dan katanya di sana olive oil-nya terkenal juga, bisa icip juga. Sisanya mungkin keliling pulau sama main di pantainya. Tapi ini perlu dipertimbangkan lagi sih, soalnya ongkos ferry ke sananya lumayan. Mending ke sana atau ke tempat lain gitu.

Jalan-Jalan di Wellington dan sekitarnya

Ibukotanya New Zealand ini belum pernah kami datangi, heuheu. Kami sudah berencana mau jalan-jalan di sana sekalian pas Lebaran nanti, udah beli tiket pesawat malah dari bulan Februari. Tapi penerbangan itu sudah dibatalkan oleh pihak maskapai karena pandemi ini, hiks. 

Saya berharap banget masih dikasih kesempatan ke Wellington ini nanti, kurang lengkap aja rasanya tinggal di New Zealand kalau belum mampir ke Wellington.

Road Trip di South Island

Ini tuh ekstra banget-banget sih, ga kesampaian juga ga masalah, hehe. Sebenarnya kami udah pernah 2x ke South Island. Ga nolak juga sih balik ke sana lagi, hihi. Keinginan utamanya adalah buat nyobain pakai campervan Wilderness. Campervan Wilderness ini cuma bisa disewa dari Auckland (di North Island) atau Christchurch (di South Island). Bisa aja sebenernya sewa dari Auckland, hanya saja menurut kami pemandangan road trip itu lebih bagus di South Island.

Baca juga: Seri Campervan: 15 Hal Yang Harus Diketahui Seputar Campervan di New Zealand

Kalau semua kesampaian, udah lengkap deh rasanya jalan-jalan selama di New Zealand ini. Bukan berarti semua wilayah sudah dijelajahi yaa, tapi fokus ke tempat yang buat kami menarik ajah, hehe.

Ah iya ada satu bucket list lagi sebenarnya, tapi bukan di New Zealand.

Dulu saya pernah berharap saat kembali ke Indonesia nanti, kami pengen ambil pesawat yang transit di Sydney, tapi pilih yang waktu transitnya rada lama. Saat transit pengen coba mampir ke Sydney Opera House, lihat-lihat kawasan sekitar situ. Segitu aja cukup, baru deh lanjut penerbangan ke Jakarta. Tapi seperti halnya South Island, ini ekstra banget juga.

Baca juga: Penerbangan Jakarta-Auckland Berdua dengan Akas

Akankah kesampaian? 

Salam,

Reisha Humaira

3 tanggapan untuk “Bucket List Jalan-Jalan di New Zealand Sebelum Kembali ke Indonesia

  • 3 Mei 2020 pada 18:03
    Permalink

    Wah udah mau balik aja? perkuliahan papanya Akas udah beres? semoga pandemi cepat berlalu ya, minimal rencana pulang gak terkendala

    Balas
    • 3 Mei 2020 pada 18:43
      Permalink

      Iyah ga kerasa mba >.< Kuliahnya sekarang semester terakhir, lagi ngerjain tesis. Sejujurnya kalau pandemi di Indonesia masih lama, berharap bisa lebih lama di sini, ahaha. Tapi mending doain pandemi segera berlalu deh daripada doain lebih lama di sini, hehe. Aamiin.

      Balas
  • 28 Juli 2020 pada 14:50
    Permalink

    Bucketlistku untuk NZ belum terealisasi Krn pandemi nih :(. Berharap kalo pandemi selesai, aku bisa segera book tiket kesana :). Auckland sih impianku bangettt utk sky diving pastinya. Krn di sana lumayan tinggi terjunnya. Juga muraaah, dibanding Ama Dubai yaaa 🙂

    Lalu ntr Rotorua pgn lakuin zorbing Ama suami dan anak2 :D.kita sekeluarga memang suka aktifitas ekstreme mba :D.

    Road trip di south island udh pasti. Tp tujuan utama ttp bungy jumping dan Giant swing di queenstown nevis bungy :). Ini yg bikin paliiiing ga sabar mau ke NZ

    Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: