Itinerary dan Biaya Road Trip di North Island NZ, Autumn 2019

Whoaaa akhirnya tiba juga gilirannya nulis ini, hehe. Saya mau cicil nulis cerita soal road trip yang udah pernah kami lakukan di New Zealand.

Road trip pertama kami dilakukan tanggal 17-22 April 2019. Kami menyewa mobil untuk jalan-jalan ke beberapa tempat di North Island. New Zealand terdiri dari dua pulau utama, yakni North Island dan South Island. Auckland berada di North Island, makanya kami pilih di pulau utara ini dulu aja. Pertama kali soalnya, masih blank soal road trip, hehe.

Cerita singkat road trip di North Island ini udah pernah saya posting di story akun Instagram saya. Udah saya simpen di highlight. Tapi di blog saya bakal tulis lebih detail. Kali ini saya mau jabarin itinerary dan biayanya dulu yaa. Detail cerita destinasi wisatanya nanti ditulis terpisah lagi.

Itinerary Road Trip 6 Hari 5 Malam di North Island

Saat pertama kali nyusun itinerary, rasanya pengen banget bisa jelajahi banyak tempat sekaligus. Awal-awal malah pengen sampai ke Wellington sekalian. Tapi setelah diperhatikan dengan seksama, terlalu ambisius deh, haha. Apalagi kondisinya kami road trip full dengan mobil dari Auckland hingga balik lagi ke Auckland. Plus bawa anak pula.

Baca: Persiapan dan Tips Untuk Road Trip di New Zealand

Akhirnya kami memutuskan untuk menjelajahi bagian tengah North Island dulu aja. Total driving sekitar 1.300an km. Berikut peta itinerary kami waktu itu.

Bingung baca petanya? Begini ceritanya, hehe.

Day 1: Auckland – Coromandel – Thornton

Kami baru memulai perjalanan dari rumah sekitar jam 12 siang. Telat sih dari rencana, huhu. Ga nyangka urusan ambil mobil yang disewa ternyata agak lama.

Hari pertama kami pergi ke Coromandel Peninsula. Rencana awal, kami mau mampir ke Cathedral Cove, Hot Water Beach, dan Shakespeare Cliff. Tampak maruk, haha. Tapi karena telat berangkat, kami cuma sempat ke Cathedral Cove.

cathedral cove
Ini diaaaa Cathedral Cove-nya

Kami meninggalkan Coromandel saat matahari sudah terbenam. Kami langsung menuju penginapan yang sudah kami booking di daerah Thornton. Sebenarnya lokasinya agak menjauh dari destinasi kami di hari kedua, tapi sengaja dipilih karena penginapannya tampak menarik, hehe. Hari itu driving harian terpanjang selama trip deh ini kayaknya.

Day 2: Thornton – Rotorua

Hari kedua, tujuan kami hanya ke Rotorua, jadi ga terlalu banyak menghabiskan waktu untuk driving. Di Rotorua sendiri sebenarnya ada banyak pilihan tempat untuk dikunjungi. Tapi akhirnya kami mengutamakan ke Skyline Rotorua dulu. Di sana kami naik gondola dan main luge. Dari atas bukitnya, kita bisa melihat pemandangan Lake Rotorua yang cantik.

skyline rotorua
Kombinasi gondola, kota, danau, bukit, dan langit cerah di Rotorua

Sebagian besar waktu kami habiskan di Skyline Rotorua. Berikutnya karena langit belum gelap, kami mampir ke Rotorua Museum. Malamnya kami menginap di penginapan AirBnB, masih di kawasan Rotorua ini.

Day 3: Rotorua – Tongariro – Turangi

Kami berencana untuk mengunjungi daerah Taupo dan Tongariro National Park dalam road trip kali ini. Kalau lihat peta, harusnya urutannya kami ke Taupo dulu, lalu menginap di hostel di Turangi. Berikutnya baru lanjut ke Tongariro National Park. Tapi berhubung cuaca di Tongariro National Park diperkirakan bakal hujan di hari ke-4, kami pilih ke sana duluan aja.

Dari penginapan di Rotorua, kami langsung menuju Tongariro National Park. Lumayan jauh juga jadinya driving-nya. Berikutnya kami hiking untuk melihat Mount Doom yang terkenal di The Lord of The Ring itu. Beres hiking sudah hampir malam, jadi kami langsung ke hostel di Turangi.

Tongariro Alpine Crossing
Menuju Soda Spring di Tongariro
Advertisement

Day 4: Turangi – Waiotapu – Taupo – Turangi

Kami menginap dua malam di hostel yang sama di Turangi. Hari ke-4 ini perjalanan kami bolak-balik jadinya. Tujuan pertama kami adalah ke Wai-o-tapu Thermal Wonderland. Lokasinya masih deket ke Rotorua.

Champagne Pool di Wai-o-tapu

Beres dari Wai-o-tapu kami balik arah lagi menuju Taupo. Sebelum ke Taupo, kami mampir ke Huka Falls.

waikato river huka falls
Masya Allah sungainya

Kami juga mampir ke Huka Honey Hive. Lokasinya tidak jauh dari Huka Falls.

Gerbang masuk Huka Honey Hive

Berikutnya barulah kami menuju pinggiran Lake Taupo. Matahari sudah hampir terbenam saat kami sampai di Taupo, sehingga kami pun memilih untuk tidak berlama-lama di sana. Beres dari Taupo, kami pun kembali ke hostel.

#LoveTaupo

Day 5: Turangi – Putaruru – Matamata – Ohaupo

Kalau sebelumnya kami ambil rute di sisi timur Lake Taupo, kali ini kami ambil sisi barat biar coba melewati daerah yang berbeda. Tujuan pertama kami adalah ke Blue Spring Putaruru. Tapi di tengah perjalanan, kami berhenti sejenak di Whakamaru Dam.

Blue Spring Putaruru

Dari Blue Spring Putaruru, kami langsung ke daerah Matamata karena akan mengikuti Hobbiton Movie Set Tour. Kami ikut tour dari Matamata i-SITE. Dari Matamata i-SITE ini kami naik bus dulu sekitar 20 menit untuk sampai ke Hobbiton-nya.

Bag End
Di depan Bag End, ga punya foto bertiga di sini, hiks

Beres dari tour, kami kembali naik bus ke Matamata i-SITE, lalu melanjutkan perjalanan ke penginapan AirBnB di daerah Ohaupo.

Day 6: Ohaupo – Auckland

Hari terakhir ini bisa dibilang tidak ada yang menarik lagi, haha. Kami harus mengembalikan mobil sebelum jam 4 sore. Waktu yang cukup sebenarnya untuk mampir ke satu tempat lagi. Tadinya kami mau main ke salah satu pantai di Auckland, tapi karena cuacanya udah ga bagus, banyak hujan, kami membatalkan rencana ke pantai.

Waktu masih panjang, mobil pun akhirnya kami gunakan untuk belanja groceries. Kulkas udah dikosongkan soalnya sebelum jalan-jalan, haha. Beres belanja, kami langsung pulang. Suami drop saya, Akas, serta barang-barang, lalu pergi sendirian untuk mengembalikan mobil. Dengan demikian berakhirlah road trip pertama kami ini.

Biaya Road Trip 6 Hari 5 Malam di North Island

Menurut catatan kami, road trip ini menghabiskan biaya total NZ$1563.38. Silakan dikonversi sendiri ke rupiah ya kalau mau tahu, hehe.

Biaya paling banyak dikeluarkan untuk transportasi. Sewa mobil sebenarnya murah, tapi karena pakai asuransi yang stress free, nambahnya lumayan juga. Lalu ditambah bensin, kami isi bensin 4x. Untuk parkir, kami hanya bayar parkir saat di Cathedral Cove. Sisanya parkir gratis terus.

Selanjutnya untuk penginapan, kami cari yang paling murah aja. Di wilayah yang kami kunjungi alhamdulillah masih nemu penginapan di bawah NZ$90/malam untuk kami bertiga. Sengaja memang ambil yang murah biar hemat, toh ga berharap banyak dengan fasilitas penginapan. Butuhnya utamanya buat tidur dan mandi aja, hehe. Tapi kalau beda musim mungkin beda lagi harganya.

Untuk tempat wisatanya lumayan juga keluar uangnya ternyata, gara-gara yang dikunjungi banyak yang berbayar, heuheu. Untuk makan, kami sempat 2x makan malam di luar, banyak keluar uang sekali makan di restoran itu, heuheu. Sisanya kami mengandalkan makanan kaleng serta makanan yang dimasak sendiri. Masak yang simpel aja sih, ngandalin microwave. Yang beneran masak cuma saat di hostel di Turangi, haha. Bahannya dibeli di supermarket setempat.

Rincian biayanya langsung saya embed dari Google Spreadsheet-nya aja ya, ribet ketik ulang di blog, hehe.

Oia kami juga keluar uang lumayan buat beli madu manuka, tapi karena bakal dipakai untuk kebutuhan di bulan-bulan berikutnya, jadi ga dianggap sebagai biaya jalan-jalan, hehe.

Sekian rincian itinerary dan biaya yang kami keluarkan saat road trip di North Island bulan April lalu. Ada yang mau mampir ke tempat-tempat yang kami kunjungi di atas? 😉

Salam,

Reisha Humaira

8 komentar pada “Itinerary dan Biaya Road Trip di North Island NZ, Autumn 2019

• 4 September 2019 pada 16:06
    Permalink

Wooogh, sewa mobilnya lumayan murah ya buu :O

• 4 September 2019 pada 20:50

Dibanding Jepang ya buu? 😀

• 5 September 2019 pada 08:46
        Permalink

Ho oh buu, di Jepang mobil yang standar buat 4 orang gitu sekitar 7-8 ribu per 24 jam. Damage-nya lumayan banget kalau road trip lama2

• 1 November 2019 pada 08:34
      Permalink

Reisha, ini saran ya 🙂 berhubung post satu ini penuh dengan nama-nama tempat yang aneh khas Selandia Baru yang jarang kedengeran familiar..
      Kalau setiap sebut nama tempat itu, sambil kasih foto. Nggak usah detail amat fotonya, tapi sekilas akan menginformasikan bahwa tempat yang satu itu berbeda dengan tempat lainnya. Kalau ada 10 tempat yang disebut, maka tampilkan 10 foto.

Sebab kalau cuma kasih gambar peta doang tanpa foto, maka kesimpulan akhirnya hanya pergi bermobil sejauh 1000 km, tapi keunikan perjalanan itu tidak tersampaikan dengan menarik. Itu sih yang saya rasakan 🙂

• 1 November 2019 pada 09:17
        Permalink

Halo mbaaa, terima kasih banyak atas sarannya. Iyah mba, postingan ini emang bakal diedit rencananya kalau saya udah beres nyicil nulis semua tempatnya satu per satu, hihi. Dulu karena masih ngejar nulis jadi fokus ke rute road tripnya dulu aja, foto-fotonya belum dipilih-pilih, hehe.

• 9 September 2019 pada 12:57
    Permalink

catet dulu ah aku belom pernah kalau road trip bareng keluarga mbak. Sepertinya menarik neh perjalanannya.

• 9 September 2019 pada 20:24
    Permalink

Catet dulu ah… siapa tahu ada kesempatan ke NZ. Saya nggak mau maruk kok, cuma pengin jalan di daerah Rotorua dan Hobbiton Movie Set.

• 7 Januari 2020 pada 14:49
    Permalink

Jejak dulu ah siapa tau nanti bisa ngikutin jejak kak Reisha di NZ aamiin