Persiapan Pernikahan ala Evan♡Reisha

Dulu waktu akan menikah, saya rajin deh blogwalking ke blog orang-orang yang menceritakan seputar persiapan pernikahannya. Menarik dan seru, plus saya jadi banyak tau apa aja yang mesti disiapkan. Saya pun jadi terinspirasi menuliskan pengalaman saya juga, dan akhirnya semuanya ter-publish dalam … 40 tulisan, haha. Banyak ya 😀

Karena saya tipe blogger late post (apa coba 😀), semuanya baru saya tulis setelah saya menikah. Tapi jadinya lebih enak sih, karena ceritanya bisa jadi utuh untuk tiap topik.

Persiapan menuju pernikahan kami dimulai sejak saya kembali ke Indonesia setelah lulus S2 (2013). Kondisinya saat itu, (calon) suami tinggal di Balikpapan, saya tinggal di Bandung, keluarga (calon) suami di Padang, dan keluarga saya di Baso. Jauhan semua tapi akhirnya kedua keluarga bertemu juga. Pertemuan keluarga ini mayoritas membahas tanggal dan acara pernikahan serta persiapan secara umum. Resepsi akan diadakan 2x, yakni di kediaman keluarga saya di Baso, lalu di kediaman keluarga (calon) suami di Padang.

Karena acara pernikahan kami diadakan di kampung halaman sementara kami berdua sebagai mempelai pada merantau, maka persiapan pernikahan lebih banyak dibantu oleh keluarga besar kami. Namun demikian, saya tetap mencatat dan memantau apa saja yang disiapkan supaya tidak ada yang terlewat.

Persiapan pernikahan dimulai dengan apa? Saya juga udah lupa, hihi. Dibaca-baca lagi ternyata saya nulisnya juga ga berdasarkan urutan waktu. Saya coba kelompokkan yang setema dan berdasarkan urutan posting aja ya.

Kesehatan dan Perawatan

Kami sepakat untuk melakukan premarital check up alias pemeriksaan kesehatan pranikah. Check up kami lakukan di Santosa Hospital Bandung. Selain itu saya juga mengambil paket perawatan pranikah di salon.

Cincin Kawin dan Mahar

Dalam pernikahan secara Islam harus ada mahar, jadi ini mesti disiapkan. Kami sempat bingung apakah cincin kawin itu mau dimasukkan ke dalam mahar atau tidak, tapi akhirnya kami memutuskan cincin kawin terpisah dari mahar.

Administrasi KUA

Pernikahan harus tercatat di KUA, jadi ada beberapa hal yang mesti diurus ke KUA. Pengurusan administrasi saya lebih banyak dibantu oleh keluarga. Di KUA tempat saya mendaftarkan pernikahan, ada syarat imunisasi TT bagi calon pengantin wanita, sehingga harus saya ambil. Dan selanjutnya dari KUA bakal ada penasihatan pra-perkawinan (juga dikenal dengan berbagai istilah lain seperti screening, penataran pranikah, penyuluhan pranikah, kursus pranikah, atau kursus calon pengantin (suscatin)) untuk kedua calon mempelai.

Foto Prewedding

Kami memilih membuat foto prewedding dengan syarat posenya tidak bersentuhan, berpegangan, apalagi mesra-mesraan. Cukup foto yang bisa menunjukkan kami sebagai pengantin beserta latar belakang cerita kami. Karena itu kami berfoto di kampus ITB saja karena kami sama-sama kuliah di ITB, plus foto menarikan Tari Piring karena kami sama-sama penari piring dari UKM-ITB dan dari UKM-ITB lah kami bisa kenal.

Undangan

Untuk undangan, saya membuat 3 versi: cetak, website, Facebook. Undangan cetak saya desain sendiri, dibuat simpel tapi unik dari segi layout ataupun kalimat-kalimat yang digunakan. Undangan website dibuat sekalian untuk menyalurkan hobi. Undangan di Facebook (juga di beberapa messaging group dan media sosial lain) saya tujukan untuk mengundang dan mengabarkan pernikahan kami kepada teman/rekan yang lokasinya jauh menyebar ke berbagai penjuru nusantara dan dunia #halah yang tidak bisa kami kirimi undangan cetak.

Souvenir dan Buku Tamu

Resepsi kami 2x, dan tiap resepsi diurus oleh keluarga besar masing-masing. Untuk resepsi di keluarga saya, souvenir yang diberikan adalah jilbab paris, buku tamunya saya buat sendiri. Untuk resepsi di Padang, souvenirnya cermin kecil dan magnet kulkas, buku tamunya beli jadi.

Venue dan Dekorasi

Akad nikah kami diadakan di Masjid Darul Ihsan Baso, masjid terdekat dari rumah saya. Resepsi di Baso diadakan di gedung olahraga milik keluarga saya, sementara resepsi di Padang diadakan di rumah keluarga (calon) suami. Trus di Sumbar, di rumah mempelai perempuan juga penting untuk menyediakan dan menghias kamar pengantin sedemikian rupa.

Pakaian

Untuk pakaian, lumayan banyak juga yang mesti disiapkan. Suami berasal dari Pariaman, dan di Pariaman ada adat “bajapuik”. Pernah dengar ada yang bilang kalau di Minangkabau itu laki-laki dibeli? Ada penjelasannya kenapa sampai ada pemikiran seperti itu. Untuk pernikahan kami, kami tidak memakai uang untuk adat “bajapuik” ini. Dari kesepakatan kedua keluarga kami, intinya keluarga saya cukup menyiapkan pakaian untuk akad nikah dan pakaian seragam keluarga.

Untuk pakaian akad nikah, kami memilih menjahit sendiri. Pakaian akad nikah saya dijahit oleh mama saya. Sementara menyiapkan pakaian akad nikah suami adalah bagian paling riweuh dalam persiapan pernikahan saya, sempat failed sampai harus jahit ulang. Untuk resepsi, kami memilih pakaian pengantin khas Minangkabau model klasik/tradisional. Saya tidak memilih yg kreasi modern (terutama yang pakai kebaya ngepas badan) karena tidak suka dan merasa tidak cocok dengan falsafah adat Minangkabau.

Riasan dan Dokumentasi

Di hari pernikahan mau donk terlihat cantik dan nanti punya dokumentasi yang bagus, heuheu. Jadi dua hal ini menurut saya juga penting dipilih yang bagus dan sesuai.

Hiburan

Untuk resepsi di Baso, saya memilih meniadakan hiburan dari performer musik. Saya memilih memutar musik mp3 saja dan menampilkan slide show foto-foto Evan dan saya di layar besar. Jadi lagu/musiknya bisa saya pilih dari yang saya suka aja. Sementara resepsi di Padang menyediakan orgen tunggal.

Konsumsi

Di daerah saya yang memang bukan kota, mayoritas orang-orang masih mengandalkan memasak bersama untuk menyediakan makanan untuk berbagai acara syukuran, termasuk pernikahan. Kegiatan memasak ini mesti dimulai beberapa hari sebelum hari H. Untuk acara di Padang, (calon) suami memilih memakai katering saja agar tidak repot.

Post-wedding Plan

Bagian penting pernikahan justru setelah acara pernikahan itu sendiri. Bagaimana nanti menjalankan kehidupan setelah menikah, tinggal di mana, pengelolaan keuangan bagaimana, istri boleh bekerja atau tidak, anak gimana, dst. mestinya sudah dibahas sebelum menikah. Namun saya ga bahas ini, karena fokus utamanya sih ke persiapan acara pernikahannya.

Tapi boleh lah ya kita bahas rencana bulan madu, hihi. Kami geli juga sih nyebut-nyebut hanimun atau bulan madu, jadi sebut saja lah ini rencana traveling pertama kami setelah jadi suami istri.

Sekian rekapan cerita kali ini. Semoga bermanfaat ya. 🙂

Salam,

Reisha Humaira

19 tanggapan untuk “Persiapan Pernikahan ala Evan♡Reisha

  • 7 Februari 2018 pada 11:59
    Permalink

    SAMPURASUN..

    Untuk akang dan teteh calon pengantin, lagi cari gedung dan paket pernikahan di Bandung?
    Kini HIS Wedding Venue & Organizer BALAI SARTIKA CONVENTION HALL, telah menghadirkan konsep terbaru yaitu Gedung Full Carpet dan Lampu Kristal yang membuat suasana pernikahan semakin elegant dan exclusive.
    Special Booking di Bulan Februari 2018:

    BOOKING FEE ONLY Rp. 5.000.000 & HONEY MOON PACKAGE

    Untuk Informasi lainnya hubungi
    TIA TIARA
    Whatsapp 0853-5282-8252 (fast response)
    Office (022)73517149

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM: @his_balaisartika

    Balas
  • 6 Maret 2018 pada 07:00
    Permalink

    Waaaah… Lengkap banget ulasannya, Mbak. Makasih yaa.

    Saya belum ada bayangan sih mau nikah kapan. Tapi setidaknya jadi bisa ancang-ancang dari jauh-jauh tahun. Haha. Karena sepertinya nikahan dibuat simple pun, bakal tetep ribet ya?

    Balas
    • 7 Maret 2018 pada 16:05
      Permalink

      Sama-samaa, hehe. Semoga bermanfaat. Persiapan pernikahan biasanya dilakukan dr jauh-jauh hari, jadi ntar ga gitu kerasa kok ribetnya, hehe. Dan biasanya kan nyiapinnya ga berdua sama pasangan doank, pasti ada yang bantu 😀

      Balas
  • 15 Agustus 2018 pada 16:24
    Permalink

    Yes, persiapan nikah bisa 3-4 bulan sebelum hari H loh,
    ini biasa dilakukan calon pengantin supaya hari H menjadi hari paling spesial dan sempurna di semua mata keluarga dan tamu…
    Terima kasih atas artikelnya

    Yuk mampir ke website saya :
    Mengundangmu.id

    Balas
  • 28 September 2018 pada 09:35
    Permalink

    Hi para capeng, Paket pernikahan all in kami mulai harga 60 jutaan untuk 600 orang sudah termasuk venue daerah tangerang dan jakarta. yuk segera booking..

    hubungi :
    Telp / WA
    083805805182
    IG
    luthfi_catering

    Balas
  • 29 September 2018 pada 16:27
    Permalink

    bagus banget artikelnya

    Anaria Wedding – 0812 7537 5986
    anariasouvenir.com

    Balas
  • 24 Oktober 2018 pada 13:56
    Permalink

    Dear Calon Pengantin,
    Untuk yang sedang mencari tempat Pernikahan Mewah, Elegan dan Glamor di daerah sekitar Jakarta Barat, aku punya referensi Menarik untuk kalian yaitu HIS GRAND SLIPI. Tidak hanya menyediakan Venue yang sangat mewah dengan kapasitas besar, tetapi HIS juga menyediakan Paket Pernikahan Lengkap dengan detail dibawah:
    – Buffet & Pondokan Hotel Bintang 4
    – Dekorasi Pelaminan 15m dan Lainnya
    – Pakaian, Rias dan Hair Do untuk Pengantin dan keluarga
    – Photo & Videography juga Live Music
    – MC dan Jasa WO
    – Wedding Car
    – Jasa Wedding Consultant yang akan membantu dan memandu anda sejak tahap persiapan hingga Pernikahan terlaksana dengan baik
    Selain detail yang disebutkan dibawah, kamu juga bisa dapat hadiah langsung GRATIS TANPA UNDI (Pilihan Honeymoon ke Bali, Maldives, Thailand,Iphone XS MAX)
    Info lebih lanjut : WA atau Tlp : 085716942670 – FARA

    Balas
  • 26 Oktober 2018 pada 09:31
    Permalink

    Numpang Promo ya kakak,
    HIS GRAHA ELNUSA , THE EXCLUSIVE WEDDING PACKAGE
    Paket lengkap pernikahan , di daerah Jakarta Selatan , TB. Simatupang .. dengan lokasi yang strategis , parkiran yang luas , dan ballroom yang sudah berkarpet membuat Graha Elnusa menjadi salah satu gedung yang menjadi pertimbangan buat para calon pengantin untuk membuat acaranya di sini.
    Lokasi pernikahan di lantai dasar menjadi pertimbangan orang tua untuk menikahkan anaknya disini, karena tidak membuat repot keluarga yang sudah sepuh ataupun yang memakai kursi roda.
    Dapatkan BIG PROMO AKHIR TAHUN , FREE Honeymoon BALI 3D2N Kamandalu + Flight , Free Fotobooth 2 jam unlimited, Free pemberkasan KUA , dan Free Biaya akad Nikah .
    Cukup Booked Tanggalnya hanya IDR 5.000.000,- ( mengikat tgl ,harga dan promo yang berlaku ) .
    Dan Dapatkan SUPER SPECIAL PRICE untuk Pernikahan di 2018 , buruan booked tglnya ..
    Info lebih Lanjut : ENDY 0812 8777 6772 .

    Balas
  • 5 Desember 2018 pada 13:57
    Permalink

    Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi http://www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    Balas
  • 6 Desember 2018 pada 09:25
    Permalink

    Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www[dot]hisgrahaelnusa[dot]com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    Balas
  • 28 Desember 2018 pada 11:11
    Permalink

    Dear calon pengantin…mau melangsungkan pernikahan? tidak perlu ribet, sudah dapat paket liburan ke EROPA gratis
    Yuk gabung bersama kami Venue & Wedding Organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan ‘all in package’. apa aja sih?

    – Gedung
    – Dekorasi
    – Catering
    – Rias & Busana atau Bridal
    – Entertainment
    – Photography,
    – WO 8 orang
    – Mobil Pengantin (ALPHARD)

    FREE HONEYMOON 4D3N di EROPA+FLIGHT / IPHONE X / FINE GOLD & masih banyak lagi..
    Segera hubungi marketing HIS Venue & WO by HIS K LINK TOWER : telp 0857 5241 5266 / whatsapp 0815 5432 9946 AULIA

    Balas
  • 6 Januari 2019 pada 10:11
    Permalink

    Dear calon pengantin…mau melangsungkan pernikahan? tidak perlu ribet, sudah dapat paket liburan ke JEPANG selama 5D4N + Voucher flight.
    Yuk gabung bersama kami Venue & Wedding Organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan ‘all in package’. Apa aja sih?

    – Gedung
    – Dekorasi
    – Catering
    – Rias & Busana atau Bridal
    – Entertainment
    – Photography,
    – WO 8 orang
    – Mobil Pengantin (ALPHARD)

    Segera hubungi marketing HIS Venue & WO by HIS K LINK TOWER telp: 0857 5241 5266, wa: 0815 5432 9946 (Aulia)

    Balas
  • 6 Januari 2019 pada 13:47
    Permalink

    Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE (Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana atau Bridal, Entertainment, Photography, WO, Wedding Car). Pernikahan kalian akan bergaya elegant seJakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 10 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www•hisgrahaelnusa•com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    Balas
  • 11 Maret 2019 pada 11:46
    Permalink

    Lupa satu nih, dekorasi. Penting banget dicari dari sekarang dekorasi macam mana dan dimana mau cari dekorasinya.

    Balas
  • 13 Agustus 2019 pada 16:22
    Permalink

    pas liat-liat pos kak Reisha, eh ada foto dengan latar belakang yang ga asing buatku…astaga ternyata kita satu alumni kak!!! >.<
    suka banget sama struktur yang ada di blog kaka, tersusun rapi sekali!! Pengen kaya gitu tapi pasti butuh waktu ekstra buat ngatur-ngaturnya…apalagi aku ga bisa ngoding huhuu..jadi itu suatu hal yang bikin maleeeesss banget buatku.

    maap jadi melenceng dari isi posnya tapi kubaca juga kok, soalnya pas aku lagi nyiapin pernikahan juga hehehe

    Balas
  • 20 Agustus 2019 pada 16:45
    Permalink

    Dear Akang & Teteh Calon Pengantin..
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer hadir dengan konsep terbaru dan ekslusif di gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Full carpet
    AC Central + 14 Standing AC
    Ceiling tinggi 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Masjid Junudurrahmah untuk Akad Nikah
    Area parkir luas
    Free izin Keamanan, Kebersihan, Keramaian)
    Free Genset

    Untuk semakin mempermudah dalam menyiapkan hari pernikahan, Akang dan Teteh akan dibantu dengan fasilitas Wedding Consultant, Wedding Organizer dan Wedding Package (Dengan Pilihan Vendor Favorit di Bandung).
    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Kologdam di Jalan Aceh No 50, Merdeka, Bandung.

    Diantos Akang Teteh..

    Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: