Review 2018: Pencapaian dan Artikel Teratas di reisha.net

Entah kenapa beberapa hari belakangan ini saya jadi agak sering ikut-ikutan orang, padahal dulu paling ga suka untuk ikut-ikutan, heuheu.

Menuju 2019 beberapa saat lagi, banyak yang bikin review blogging-nya di 2018. Kebetulan Blogger Perempuan juga ngadain challenge 2018 Year in Review. Jadi saya tergoda juga untuk ikutan, mumpung masih stuck beresin draft yang lain. Baiklah langsung saja, saya cuma mau nulis dua topik aja di sini: pencapaian blogging di tahun 2018 dan artikel apa saja yang paling banyak dibaca di blog ini sepanjang tahun ini.

Pencapaian Blogging reisha.net di 2018

Saya ngeblog sejak tahun 2007, tapi baru tahun 2018 ini rasanya saya lebih serius ngeblog. Lebih serius dalam artian memastikan selalu ada tulisan baru setiap minggu, serta banyak baca hal-hal terkait blogging dan mencoba menerapkannya. Masih banyak dink yang belum diterapkan, tapi ga apa-apa deh, santai saja, hehe.

Udah ngapain aja di 2018?

  • Sepanjang 2018 ternyata sudah ada 132 tulisan yang published. 6 tulisan asalnya dari content placement dink, tapi masih saya edit dikit sih, nambahin barang 1-2 paragraf. Sisanya alias 126 lagi, tulisan sendiri tentunya. Kebanyakan tulisan yang saya tulis seputar keluarga atau parenting serta cerita jalan-jalan. Karena banyak nulis, yang baca juga jadi banyak, alhamdulillah. Senang banget karena pageview blog meningkat banget di akhir tahun dibanding awal tahun.
  • Dulu saya bikin resolusi blogging: minimal publish 2 post per minggu, tapi ini ga tercapai, hihi. Masih sering saya nulis cuma 1x seminggu, bahkan pernah juga selama 2 minggu ga nulis apa-apa, wkwk. Tapi kalau dilihat dari jumlah tulisan dan dirata-ratakan sih tercapai, karena saya sempat borongan nulis lebih dari 2x dalam seminggu bahkan pernah mencoba ODOP selama 17 hari di bulan Januari dan 30 hari di bulan November.

    Baca juga: #ODOPNovemberChallenge dan Pencapaian Publish Satu Tulisan Setiap Hari

  • Mayoritas tulisan saya tahun ini sifatnya masih throwback. Udah saya kebut waktu nyoba ODOP, masih belum kelar sebenarnya throwback-nya, wkwk. Tapi ga apa-apa deh ya, namanya juga masih berusaha rutin nulis dulu, mikirin topik baru urusan belakangan. Haha.
  • Tahun ini saya beberapa kali mencoba ikutan lomba blog, dan alhamdulillah sempat dapat hadiah 4x, hehe. Belum pernah jadi pemenang utama sih, paling banter juara 2, tapi untuk ukuran orang yang baru coba ikut lomba di tahun ini rasanya udah prestasi lah ya. Alhamdulillah.
  • Sepanjang tahun ini karena sudah full pakai hosting sendiri, saya jadi banyak belajar utak-atik WordPress. Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru yang terbaik, dan dari pengalaman utak-atik di tahun ini saya lumayan banyak belajar. Dan itu pengen saya share deh di tahun depan. Doakan semoga bisa rutin, colek aja ya kalau mau nagih, hehe.
  • Sejak serius mengelola blog ini sebenarnya saya sudah membuka peluang untuk kerja sama blog. Sejauh ini baru ada content placement aja sih. Pernah ditawari untuk nulis sponsored post tapi waktu itu saya tolak, duh berasa songong, wkwk. Waktu itu kebetulan saya lagi sibuk banget sih dan merasa ga bakal bisa maksimal nulisnya, jadi saya pikir mending saya tolak aja daripada ntar malah ngasih imej jelek karena nulis ala kadarnya. Semoga lain kali berjodoh lagi ya dengan peluang-peluang itu, aamiin.

Itu aja sih yang keingat saat ini, hehe.

7 Artikel yang Paling Banyak Dibaca di reisha.net di Tahun 2018

Nah kalau bagian ini terinspirasi dari baca 2018 Year in Review-nya blog mbak Carolina Ratri. Baru banget saya baca postingan terbarunya malam ini, trus saya jadi pengen bikin juga. Tadinya saya udah mau pasrah aja ga ikutan nulis review, tapi merasa dapat ilham dan pecutan semangat. Artikel-artikel ini saya list berdasarkan statistik di Google Analytics. Kalau lihat topiknya sih memang tema yang cukup banyak dicari orang-orang.

1. Kuliah S2 di Jepang dengan Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

Artikel ini sebenarnya cuma rangkuman perjalanan kuliah saya dulu, mulai dari pengalaman seleksi beasiswanya, masa-masa perkuliahan, hingga lulus. Cerita lengkapnya sendiri dulu saya tulis di blog reisha.wordpress.com. Hanya saja karena total ada beberapa artikel, kalau baca dari tengah-tengah itu kadang bingung juga ini awalnya gimana, urutannya gimana. Makanya saya rangkum aja.

Saya bisa mengerti kenapa banyak yang baca, karena saat saya mencari-cari beasiswa dulu, saya merasa butuh banget tahu pengalaman orang lain yang sudah lebih dahulu menjalani. Semoga bisa membantu yaa. Dan buat yang sedang berjuang untuk kuliah ke Jepang, ganbatte!

2. Biaya Masuk SD Swasta di Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020

Tulisan ini baru saya publish tanggal 17 November lalu, tapi total pageview artikel ini cuma beda sedikit dengan artikel beasiswa Monbukagakusho, luar biasa sekali. Bahkan pernah pageview blog saya tiba-tiba mencapai angka 2.000an dalam sehari karena banyak yang baca daftar biaya masuk SD ini, padahal biasanya dapet beberapa ratus pageview aja udah wow banget rasanya, hihi.

Mungkin karena infonya bermanfaat, yang di-list sekolahnya ada banyak, dan timing-nya pas saat ibu-ibu lagi cari sekolah buat anaknya, makanya jadi rame yang baca ya.

3. Perjalanan ASI Akas (2): Ikhtiar untuk Meningkatkan Produksi ASI

Saya terharu tulisan plus curhat ini banyak yang baca, karena berarti nyata adanya bahwa di luar sana banyak ibu-ibu yang punya masalah menyusui, yang ASI-nya kurang buat anaknya, tapi masih mau mengusahakan ASI buat bayinya. Menyusui itu memang ga mudah. I’ve been there, struggling, crying, and everything. Semangat ya untuk ibu-ibu pejuang ASI! Percayalah lelahnya kita insya Allah akan terbayar.

4. Akas dan Screening Anemia Defisiensi Besi (ADB)

Wah saya ga nyangka ternyata banyak juga yang mencari informasi seputar ADB. Memang sih buat ibu-ibu yang sudah melalui masa MPASI, ADB ini mungkin masuk salah satu topik yang dibahas. Saya coba search “tes ADB” atau “screening ADB” juga nemu tulisan ini sih di page one #bangga. Angka ADB di Indonesia memang masih tinggi, tapi kalau sudah kenal, insya Allah juga tahu gimana cara mencegah atau menghadapinya. Semoga anak-anak kita sehat selalu ya buibu. Aamiin.

5. Persiapan Pernikahan ala Evan♡Reisha

Artikel ini juga berupa rangkuman dari tulisan-tulisan saya seputar persiapan pernikahan. Ada 40 artikel deh kalau ga salah, wkwk. Pengantin zaman sekarang pasti pernah browsing lah ya saat menyiapkan pernikahan, jadi wajar aja banyak yang baca. Senang kalau bisa membantu para calon pengantin. Buat yang sedang mempersiapkan pernikahannya, semoga lancar dan dimudahkan yaa.

6. Pengalaman Klaim (Mengambil Alih) Username Twitter yang Tidak Aktif

Eh ini rupanya juga banyak yang baca. Berarti banyak juga ya yang mengincar username Twitter yang sudah dimiliki orang lain? Hehe. Beberapa kali ada yang japri juga buat nanya-nanya. Walau saya share kisah suksesnya, tapi saya ga bisa menjamin apa yang saya lakukan bisa berhasil juga buat orang lain. Jadi saya cuma bisa menyemangati dan mendoakan semoga berhasil juga.

7. Perjalanan ASI Akas (9): Seputar Memompa ASI Bagi Ibu Rumah Tangga

Topik ini memang sempat jadi kebingungan saya di awal-awal saya punya bayi, perlukah saya memompa ASI padahal saya full time mom? Pengalaman juga lah yang menjawab sehingga saya bisa menuliskan jawaban atas pertanyaan itu. Semoga bisa mencerahkan ibu-ibu yang sedang kebingungan juga yaa.

Sekian review 2018 yang ditulis mepet-mepet di pergantian tahun, hihi. Tahun depan tentu saya pengen lebih baik lagi. Semangat ya buat semua blogger. Mari kita berkarya menyebarkan konten positif di dunia maya yang makin keras ini.

Salam,

Reisha Humaira

16 thoughts on “Review 2018: Pencapaian dan Artikel Teratas di reisha.net

    • 17 Januari 2019 pada 10:22
      Permalink

      Huehe semangat semangat

      Balas
  • 1 Januari 2019 pada 00:01
    Permalink

    Aku envyyyyyy kakaaaaa .. tp ku seneng kenal sama org keren penuh semangat gini. Jd brasa tertular gitu cumungud nya. Ga papalah ku msh merangkak bersama bayi wkwkwk yg pnting maju terus yaks

    Ditunggu tulisan2 2019 nya meski ku akui ku bca ngacak tulisan2 mu alias sesuai kbutuhan hehehe dan ketersedianya waktu

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:22
      Permalink

      Dirimu memang random sekali ya, wkwk

      Balas
  • 1 Januari 2019 pada 07:20
    Permalink

    Woow, 4x dapat hadiah blog dan sempat juara 2 pula, kereeenn Mbak.

    Blognya Mbak Reisha emang bagus2 kontennya.
    Walaupun kebanyakan throwback tapi karena pengalaman sendiri dan kisah sukses gitu jadi emang banyak dicari ya Mbak.

    Gak sabar ini nunggu postingan2 kece dan cetarnya di tahun 2019 ini 😉

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:22
      Permalink

      Alhamdulillah, terima kasih mbak 🙂

      Balas
  • 1 Januari 2019 pada 17:54
    Permalink

    Keren mbak, satu tahun bisa 100an lebih. Semoga tambah sukses di tahun 2019 ya mbak.

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:23
      Permalink

      Aamiin, terima kasih mbak. Ayo kita semangat menulis.

      Balas
  • 1 Januari 2019 pada 18:12
    Permalink

    Pencapaiannya keren mbak, selamat semoga tetap konsisten dn lebih baik lagi di tahun 2019 ini.Aamiin

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:23
      Permalink

      Aamiin, terima kasih mbak. Konsisten ini yang cukup susah ternyata untuk dipertahankan, hihi.

      Balas
  • 2 Januari 2019 pada 02:48
    Permalink

    semoga tambah sukses ya

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:23
      Permalink

      Aamiin, terima kasih mbak. 🙂

      Balas
  • 3 Januari 2019 pada 11:59
    Permalink

    Keren mbak..
    Moga ketularan keren nya kelak

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:24
      Permalink

      Hehe, terima kasih mbak 🙂

      Balas
  • 4 Januari 2019 pada 22:44
    Permalink

    Keren banget sih mbaaaa, saya malah baru tahun ini fokus ngeblog.
    Ikut beberapa lomba blog sih, tapi dijamin belum pernah menang hahaha
    Saya mah agak terganggu faktor luck-nya, makanya saya fokus bikin hal lain yang bisa saya lakukan, semacam rajin update postingan dan hal-hal semacamnya yang jarang dilakukan orang.

    Saya salut banget ama teman-teman yang sering menang lomba, entah kapan saya bisa ikutan, semoga tahun 2019 ini bisa menang lomba blog, aamiin.
    Semangat terus yaa 🙂

    Balas
    • 17 Januari 2019 pada 10:24
      Permalink

      Saya juga salut sama dirimu mbaak, konsisten banget nulis dan temanya beragam. Adaaa aja idenya mau nulis apa. Semangat juga ya mbak, ditunggu tulisan2 cetarnya. 🙂

      Balas

Leave your comment

%d blogger menyukai ini: