Perkuliahan Bunda Sayang Batch #6 Institut Ibu Profesional

Setelah 1 bulan lebih libur dari kegiatan di Institut Ibu Profesional (IIP), akhirnya minggu ini saya pun mulai mengikuti perkuliahan Bunda Sayang Batch #6.

Perkuliahan Bunda Sayang ini katanya akan berlangsung selama sekitar 15 bulan. Waaa, lama sekaliii. Tantangan utamanya sepertinya ada di konsistensi karena setiap bulan bakal ada minimal 10 tugas yang mesti disetor. Doakan saya semoga bisa istiqomah ya, hehe.

Kalau dulu Matrikulasi Batch #8 berbeda sekali materinya dibanding batch terdahulu, di Bunda Sayang ini bagaimana? Sepertinya secara garis besar materinya masih sama, tapi delivery-nya saja yang berbeda.

Perkuliahan akan dilaksanakan di media Facebook Group, sementara tugas disetor di platform Kelasin. Perkuliahan di IIP juga sudah konsisten menggunakan gamification untuk delivery materi, dan di Bunda Sayang ini ceritanya kami berada di Pulau Bentang Petualang. Wilayah pulau ini dibagi menjadi 12 zona, dan di tiap zona bakal ada tantangan yang mesti kami taklukkan.

12 zona tersebut adalah sebagai berikut.

  • Zona 1 : Komunikasi Produktif
  • Zona 2 : Melatih Kemandirian Anak
  • Zona 3 : Cerdas Emosional dan Spiritual
  • Zona 4 : Gaya Belajar Anak
  • Zona 5 : Menstimulus Anak Suka Membaca
  • Zona 6 : Melatih Anak Suka Matematika
  • Zona 7 : Semua Anak Adalah Bintang
  • Zona 8 : Cerdas Finansial Sejak Dini
  • Zona 9 : Memicu Kreativitas Anak
  • Zona 10 : Membangun Karakter Anak Lewat Dongeng
  • Zona 11 : Mengenalkan Reproduksi Sehat
  • Zona 12 : Keluarga Multimedia

Halaman ini saya gunakan untuk merangkum materi, jadwal, dan tantangan yang diberikan di setiap zona (saya salin dari grup FB Pulau Bentang Petualang). Di-update secara berkala sesuai perjalanan perkuliahan ya.

Zona 1 : Komunikasi Produktif

Komunikasi Produktif di Dalam Keluarga

Baca: Materi Komunikasi Produktif

Tantangan Zona 1: Ngobrol Santai Ala Komunikasi Produktif

🚗 Yuk, kita mulai praktekkan komunikasi produktif ala kita sendiri.

👨‍👩‍👧‍👦 Sobatualang silahkan bikin forum ngobrol santai mandiri bersama kakak, adik, teman, saudara, ayah, ibu, pasangan, atau anak.

👩‍❤️‍👨 Durasi dan topik ngobrol santai BEBAS.

📞 Dalam masa tantangan, sobatualang bisa berganti lawan bicara atau tetap melatih komunikasi produktif dengan satu orang yang sama.

📝 Catat dan tulis hasil praktek komunikasi produktifmu dalam sebuah “temuan tantangan” (jurnal), silahkan tulis temuan tantanganmu di platform yang klik dengan hatimu (blog/FB/IG/Google Docs/atau platform lainnya). Dikerjakan dalam bentuk audio Podcast/video Youtube juga sangat boleh. Yang tidak boleh: TIDAK MENGERJAKAN APA-APA.

Zona 2 : Melatih Kemandirian Anak

Berproses dalam Melatih Kemandirian Anak

Baca: Materi Melatih Kemandirian Anak

Tantangan Zona 2: Melatih Kemandirian

🚴🏾‍♀️ Yuk, ah sekarang bareng-bareng kita mulai bertualang di zona melatih kemandirian. Sobatualang bisa pilih salah satu dari beberapa kategori di bawah ini 👇🏼

👪 Untuk Sobatualang yang sudah mempunyai putra/putri.

💑 Untuk Sobatualang yang ingin melatih kemandirian berdua dengan pasangan karena di rumah belum ada anak-anak.

🙋 Untuk Sobatualang yang masih single.

🤔 Bagaimana caranya?

📝 Buatlah list kemampuan kemandirian apa saja yang ingin Sobatulang latih. Boleh satu skill khusus selama periode masa tantangan, atau beberapa skill yang berbeda. BEBAS..!!

📸 Abadikan temuan selama periode masa tantangan, narasikan dalam bentuk tulisan disertai foto, audio, ataupun video.

🎞️ Temuan tantangan bisa di-posting setiap hari di sosial media, blog, Google Drive, Podcast, ataupun Youtube. Pastikan tampilan di-setting publicc.

Salam,

Reisha Humaira

Leave your comment